Ford Mustang GT V8 2010

Mobil ini merupakan facelift dari model sebelumnya. Perubahan ada pada lampu depan yg lebih argesif, interior dan Stability Control yang kini menjadi kelengkapan standard. Karakter American Muscle sangat kentara ketika kita ajak berlari, sentakan torque yg besar membuat mobil ini sangat mudah untuk kick down, tenaga sudah terasa di putaran bawah sehingga enak untuk touring.

Opel Blazer 2002-2005

Blazer generasi ketiga(2002-2005), diproduksi pertama kali tahun 2002. Generasi Ketiga 2002-2005 Chevrolet Blazer,Montera and Brazilian/Samba Produsen General Motors Indonesia. Masa dalam produksi 2002-2005.

Peugeot 206

Peugeot 206 masuk ke Indonesia tahun 2001 dengan model XR yang CBU. Nah untuk lebih lengkapnya sejarah Peugeot 206 di Indonesia adalah sbb: ane ambil dari milis 206 di Yahoo.

Mitsubishi Colt L300

GL300 merupakan kendaraan pick up yang dikategorikan sebagai light commercial truck. sejak pertama kali di keluarkan mobil ini sudah beberapa kali melakukan facelift hingga product terakhirnya yang dilengkapi dengan power steering yang bikin mudah untuk bermanuver.

Mercedes-Benz C Class W202

Mercedes W202 sebenarnya mobil yang enak untuk dipakai harian, di dalam kota, dan bahkan keluar kota. Versi yang C180 sayangnya, lebih enak untuk dipakai dalam kota, karena dengan transmisi matik, mobil ini useless dipakai keluar kota, apalagi dengan terrain Indonesia yang berbukit. Versi C200 jauh lebih enak ketimbang C180 dalam semua aspek.

Sabtu, 31 Maret 2012

Chevrolet Optra Estate 2009

Merk : Chevrolet (atau Holden atau Daewoo atau Buick atau Suzuki)
Model : Estate (SW) & Optra (saloon)
Transmisi : 5 speed manual & 4 speed auto
Tahun pembuatan : 2009
Harga baru : 180-195 jt (m/t), 190-210 jt (a/t)
Harga bekas : 90jt - 150jt

Spesifikasi
Mesin :
*1.8 GM D-TEC 16 valve DOHC, 120bhp (Optra)
*1.6 GM E-TEC 16 valve DOHC VGiS, 110bho (Optra Magnum & Estate)
Fitur : ABS, SRS airbags, digital climate control (LT trim only), immobilizer, tilt steering, 2 power outlet, illumination adjuster, seat height adjuster, in-dash audio system, electric folding mirror, etc.

Review
Duo Chevrolet Optra-Estate sebetulnya masuk ke dalam kelas medium berdasarkan ukurannya, karena seiring dengan waktu, posisinya di kelas midsize digantikan oleh Daewoo Lacetti 2nd Gen (Chevy Cruze). Merupakan midsize saloon / SW yang punya value yang paling baik, dengan fitur yang lengkap pula, dengan build quality & safety yang sangat amat baik sesuai standar GM. Karakter mesin yang smooth memang jadi karakter mobil2 keluaran GM, dimana tenaga mesin akan muncul secara sempurna pada putaran menengah ke atas, tapi putaran bawah dirasa cukup untuk pemakaian sehari2... Konsumsi BBM pun terbilang baik, di mana angka 1:10 dalkot & 1:14 lukot dapat dicapai dengan mudah dengan RON92. Yang paling dapat diacungi jempol dari mobil ini adalah space kabin yang amat sangat luas, serta kapasitas bagasi yang sangat luas, dengan dilengkapu dengan cargo net & tonneau cover pada Estate, serta banyaknya ruang penyimpanan di sekitar kabin. Kenyamanan berkendara juga menjadi poin plus pada mobil ini dimana suspensi independen di keempat roda dapat meredam guncangan dengan baik, ditambah kualitas plat body & peredaman yang patut diacungi jempol.

Pros :
*value for money
*maintenance & spareparts terjangkau
*irit BBM
*sangat nyaman & hening
*handling mantab
*fitur banyak
*build quality
*ekslusif
*kabin ekstra luas
*dll

Cons :
*depresiasi
*RON88 sangat ngelitik terutama di mesin 1.6 + VGiS
*parts aftermarket sedikit
*belum ada MID
*sudah stop produksi, tinggal abisin stock.

Subjektif :
Pendapat pribadi, inilah pilihan yang paling masuk akal untuk sebuah family car, dimana value bertemu dengan build quality & kenyamanan + keselamatan yang top. Beli baru apabila memang tipe orang yang setia pada 1 mobil dalam waktu lama, tetapi kalo cuma jangka pendek, lebih baik ambil second, walaupun bisa dikatakan barangnya sangat amat langka karena orang sayang ngelepas setelah ngerasain gimana nikmatnya pake mobil ini

Jumat, 30 Maret 2012

BMW E28 520i

Merk: BMW
Model: 520i (E28)
Transmisi: Manual 5 percepatan
Tahun Pembuatan: 1981-1988
Harga Baru: I dont know
Harga Second: 10-40jt

Spesifikasi Kendaraan:
6 Silinder Segaris, Injection, 129HP, 170NM, RWD, Independent Suspension, PW, PS

Ulasan:
Salah satu model BMW yang paling terbaik sepanjang masa. Dalam bahasa BMW model ini disebut E28, salah satu pencetus generasi modern BMW. Mobil ini mempunyai tampang agresif sejalan dengan konsep BMW yang populis dan sporti pada masanya. Platform mobil ini juga sama dengan seri 6 pada masanya, tetapi jangan dikira seri 5 ini lebih impoten dari saudaranya yang diperuntukkan untuk Grand Tourer yang juga salah satu maskot BMW pada saat itu. Di model E28 ini muncul pertama kali seri M5 dari M Division, divisi Motorsport BMW yang mengubah karakter mobil dari agak sangar menjadi sangat biadab.

Di Indonesia, populasi E28 di dominasi oleh seri 520i dan setelah tahun 1987 520is, perbedaan antara keduanya ada di sistem injeksi, bemper, dan beberapa pernak pernik interior. E28 ini adalah mobil yang sangat enak untuk dibawa jalan-jalan, mobil ini merupakan solusi BMW untuk bertarung dengan Mercedes-Benz Tiger, Toyota Cressida, Honda Accord, dan sekelasnya. Ini adalah salah satu mobil yang membawa harum nama BMW, walaupun di Indonesia mobil ini lebih basic dari kompetitornya dalam hal teknologi, E28 tetap membawa bendera BMW dalam hal kelihaian berkendara, di kelasnya mobil ini adalah mobil yang paling enak untuk disetir sendiri.

Positif:
- Sistem mesin & suspensi simpel
- Tenaga lebih dari cukup
- Spare part terjangkau
- Bodi Rigid
- Interior Lega

Negatif:
- Pasar seken susah mencari kondisi yang bagus
- Bensin agak boros

Ringkasan:
Mobil ini adalah salah satu seri 5 terbaik yang pernah dibuat, dengan harga seken murah dan interior lega mobil ini cocok untuk anak muda yang baru pertama kali punya mobil ataupun yang ingin menambah/menukar mobil. Untuk harian mobil ini enak dipakai, tapi suspensi khas BMW yang memang sengaja lebih keras dari Mercedes bukan untuk yang suka berleha-leha atau menikmati kenyamanan mobil sampai titik darah penghabisan. Mobil ini diperuntukan untuk mereka yang ingin mengemudi sendiri. Konsumsi bensin mobil ini rata-rata antara 1:6-1:8.

Pendapat pribadi (subjective):
Jika saya bilang mobil ini adalah untuk mereka yang ingin mengemudi sendiri, saya tidak bohong. Coba saja buktikan dan tes drive, hati-hati bisa lupa waktu. Untuk mobil klasik, ini adalah salah satu mobil yang saya sarankan, jika dibandingkan dari harga, mobil ini memang murah bahkan lebih murah dari beberapa mobil Jepang yang lebih kecil bodinya. tetapi walaupun spare-partnya terjangkau, populasi spare part di toko-toko mulai sedikit susah dicari terutama dalam hal aksesoris dan pernak-pernik. tetapi untungnya beberapa sparepart ada yang sama dengan Seri 3 E30 M40 saran saya jika ada yang mau cari mobil ini, cari yang 520IS, karena mesinnya sudah Injeksi dengan ECU Motronic, dan bisa di modifikasi dengan hanya mengeluarkan duit sedikit saja (Ganti rumah Air Flow Meter) untuk menambah tenaganya.

Kamis, 29 Maret 2012

Volvo S90 1998

Merk: Volvo
Model: S90
Transmisi: Otomatis
Tahun Pembuatan: 1998
Harga Baru (pada saat punya/tes): Beli bekas di tahun 2008 seharga 72 jt
Harga Second (pada saat penulisan ulasan): Dijual 2010 seharga 65 jt

Spesifikasi Kendaraan:
- Mesin bensin 2922 CC 6 silinder
- Tenaga maksimum 204 HP/6000 RPM
- Torsi maksimum 27,2 KGM/4300 RPM
- Transmisi otomatis 4 speed
- Kapasitas tangki BBM 80 liter

Ulasan:
Volvo, sebuah merk yang identik dengan mobil menteri di masa orde baru dan lekat dengan kesan aman. Saya rasa bukan sebuah kesalahan untuk memilih mobil merk ini, terutama tipe S90 nya. Kenapa? Yang pasti jok nya ENAK dan NYAMAN! Hingga saat ini saya belum menemukan mobil lain yang punya jok senyaman Volvo. Balutan kulit aslinya yang lembut juga bikin punggung adem selama perjalanan. Untuk suspensi boleh saya katakan masuk kategori nyaman walau tidak empuk seperti Toyota Crown. Tingkat keheningan kabin sangat baik, suara mesin nyaris tidak terdengar, sekilas di kecepatan 120 km/h yang terdengar cuma suara ban dan sedikit suara angin. Audio bawaan mobil dengan 8 buah speaker kalau untuk kelas standar sudah sangat baik menurut saya. Konsumsi BBM (pertamax) untuk dalam kota ada di kisaran 1:5 - 1:6, sementara luar kota bisa tembus 1:9,8. Cukup bagus untuk mesin sebesar ini. Fitur keamanan seperti ABS dan Airbag serta Side Airbag sudah tersedia.

Positif:
Interior mewah, kabin hening, mesin bertenaga, posisi duduk SANGAT NYAMAN dan citra sebagai mobil mewah tidak luntur walau sudah berumur.

Negatif:
Onderdil genuine mahal, khususnya seperti selang-selang radiator, satunya bisa mencapai 600 rb. Tapi onderdil sangat mudah didapat, mulai dari bengkel resmi sampai ke sentra sentra onderdil. Rata-rata jok kulit sudah retak dan robek. Untuk parts detail interior sudah susah dicari, jadi pastikan cari unit yang masih lengkap dan baik.

Ringkasan:
Untuk yang ingin sedan eropa nyaman di kelas Mercedes Benz seri E dan BMW seri 5, mobil ini bisa jadi pilihan.

Pendapat pribadi (subjective):
Secara kebetulan, unit yang pernah saya miliki adalah eks petinggi Indomobil jadi kondisi mesin, interior dan eksterior masih mendekati sempurna. Untuk pemakaian selama 2 tahun tidak pernah ada kendala berarti, hanya sekali mogok karena fuel pump mati, itupun karena sudah uzur memang. Bahkan sudah 3 kali bolak balik Jakarta - Wonogiri - Jakarta.

Minggu, 25 Maret 2012

Toyota Avanza 1.5S 2007

Merk: Toyota
Model: Avanza 1.5S non minor change
Transmisi: M/T
Tahun Pembuatan: 2007-2009 (non minor change), 2009-2010 (minor change)
Harga Baru (waktu gw beli taun 2007 awal yg keluaran paling pertama): 131 jt
Harga Second (pada saat editing terakhir): 130-133 jt

Spesifikasi Kendaraan: 1500cc, RWD, PS, PW, ABS
konsumsi BBM (premium) : 1:8.5-10 dalkot, 1:13-14 lukot
pertamax : 1:9.5-10.5 dalkot, 1:14-15 lukot
sekolah kaki pertamax: 1:10-11 dalkot, 1:16-17 lukot
akselerasi 0-100 kpj : 12 detik (gw ada videonya),
top speed: kalo GW YANG BAWA, 170 kpj (on photos), 175 kpj dikunci limiter nyali, isi 7 orang plus barang full, kata temen gw c masuk 180 kpj, dan uda banyak yg majang foto.na di forum" kalo sepidonyah emang bs mentok.

Ulasan:Versi khusus dari Avanza (S Type) diluncurkan pada akhir 2004 dengan menggunakan mesin VVTi Toyota. Peluncuran versi ini juga ditujukan sebagai "Test Market" bagi rencana pengembangan All Avanza-Xenia VVTi dan Automatic Edition. Edisi khusus ini juga dilengkapi dengan transmisi otomatis. Hanya 200 unit Avanza (S Type) yang diproduksi.

Pada akhir tahun 2006, diluncurkan New Avanza-Xenia dengan perubahan tampilan, aksesoris, peningkatan performa serta mesin baru berteknologi VVTi yang melengkapi semua versi. Pada akhir tahun 2006 juga diluncurkan New S-Type (1.5 S VVTi) yang merupakan versi terlengkap dengan mesin berkapasitas 1500cc VVTi, Rear Parking Sensor, teknologi pengereman ABS serta Alloy 15" Velg Wheels. Mesin 1500cc VVTi yang digunakan oleh Toyota Avanza memiliki spesifikasi yang sama persis dengan Toyota Rush. New S-Type tersedia dalam dua pilihan transmisi, manual dan automatic.

Toyota Avanza juga dipasarkan di sejumlah negara Asia Pasifik seperti Malaysia (Versi 1.5G dilengkapi dengan Airbag), Thailand, dan Filipina, selain itu juga dipasarkan di Afrika Selatan dan Mexico. Sementara Daihatsu Xenia juga dijual di Republik Rakyat Cina dengan konfigurasi kapasitas mesin 4 silinder 1500cc seperti Avanza. Sayangnya spesifikasi seperti ini hanya MIMPI BELAKA jika ingin diterapkan di pasar lokal.

Baik Toyota Avanza maupun Daihatsu Xenia, keduanya menggunakan basis chassis dan body yang sama dan diproduksi oleh Astra Daihatsu dibawah supervisi Toyota Astra Motor. Untuk mesin 1300cc(K3-VE) Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia menggunakan mesin yang sama. Perbedaan keduanya terdapat pada kelengkapan tambahan, kualitas interior dan ragam asesoris. Toyota Avanza juga diekspor ke Malaysia dalam bentuk Completely Knock Down dan dirakit oleh pabrik Perodua Manufacturing Sdn. Bhd.

Saat ini Toyota Avanza mengkhususkan diri pada 2 jenis kapasitas mesin (4 silinder 1300cc, dan 4 silinder 1500cc), sedangkan model kembar dari Avanza yaitu Daihatsu Xenia menggunakan 2 jenis mesin yang berkapasitas lebih rendah (3 silinder 1000 cc, dan 4 silinder 1300 cc). Mesin K3-VE dan 3SZ-VE identik dengan mesin yang digunakan oleh Daihatsu GranMax.

Tipe Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia dibawah ini merupakan varian resmi yang dijual untuk pasar di Indonesia. Varian, performa, asesoris dan kelengkapan dapat berbeda di setiap negara.

Tambahan, buat Avanza 1.5S minor change (2009-now), peredaman kabin telah ditingkatkan dan ada pembenahan lagi terhadap suspensinya.

Model 1500cc

Fitur yang tertera di bawah ini merupakan kelengkapan yang hanya terdapat pada versi dan model Avanza yang berkapasitas mesin 1500cc VVTi (Avanza S-Type) yang diproduksi mulai akhir tahun 2006 hingga saat ini.

* 15" wheels (1500cc models)
* Chromed Front Grille With 2 Row Ornament, door handles, backdoor garnish, shift bang
* Anti Lock Braking System (ABS) [1]
* Digital Tripmeter
* Digital Clock
* Silver Paint Instrument Panel
* Rear Parking Sensors
* Outer Side Electric Mirror with turning signal
* Rear Window Defogger
* Built-in Front Side Double Stereo Tweeter
* 2 Din Head Unit CD-Cassete Player With MP3 Playback
* Indiglow Speedometer with Gear Shift Indicator (In Automatic Transmission Only)
* Genuine Toyota Side Visor
* All Seat Head Rest
* All Seat Safety Belt
* Front and rear bumper spoiler
* Side Skirting


Positif:
-Harga baru murah (waktu gw beli gen awal )
-Harga seken tinggi BANGET
-Perawatan gampang
-Lebih hemat BBM dari yang kapasitas mesinnya lebi kecil
-Tampang ganteng krn uda pake body kit dari sananya
-gejala ndut ndutan dan limbung plus bantingan suspensi keras uda lumayan berkurang dari Avanza gen 1
-ada rem ABS
-ketangguhan kaki kaki
-tenaga OKE, ga kurang, ga terlalu berlebih

Negatif:
-Suspensi acak adut, masi acak adut.
-Gear ratio kurang alus, 85 kpj gear 5 uda 3000 rpm
-Incaran maling
-kualitas pelat body
-material interior
-gak ada nyaman nyamannya
-safety feature cuma ABS doang

Ringkasan:
Kalau melihat harga baru pada saat itu mobil ini sangat menggiurkan.
Apalagi kalo anda tipe orang yang sangat mementingkan resale value. Lihat aja harga baru 2007 dan harga bekas sekarang, harganya tinggian sekarang, padahal usia udah 3 tahun.
Secara teknis mobil ini banyak kekurangannya :
Comfort kurang, tenaga kurang, safety kurang.
Intinya Avanza bukan mobil untuk anda yang suka mobil, atau anda yang suka menyetir.
Tapi khusus Avanza tipe teratas ini, anda akan mendapatkan sesuati yang 'lebih' dari sebuah kaleng kerupuk beroda.

Pendapat pribadi (subjective):
gw pake ni mobil dari taun 2007 ampe sekarang, biasanya c nyokap yg pake dari rumah ke opis yg cuma 4-5 km dr rumah gw. tapi kalo gw yang pake yaa jadi mobil buat nguli.

jujur aje ni mobil kagak ada nyaman nyamannya, bantingan keras, lari 100 kpj melayang, material body ancur"an. kualitas finishing interior juga kagak bagus, dipake 3 taon uda keluar bunyi bunyian dari mana mana, huahahahah, ampun dah gw pake ni mobil. meningan Kijang LGX gw yang dulu kalo masalah kenyamanan.

tapi emang gw beli ni mobil BUAT DIPAKE, BUAT NGULI, n BUAT DIBAWA KERJA, bukan buat nyaman nyamanan ato enak dikendarai. nilai minus dr ni mobil ketutup semua ama nilai plus.na, mulai dari BBM yang CUKUP irit, muat 7 penumpang, tenaga yang OKE buat membopong ni kaleng berjalan walaupun diisi fully loaded, spare part banyak melimpah, resale value oke, perawatan mudah dan murah kalo lw tau dimana ngerawatnya, tampang luar kagak jelek jelek amat, mudah ditingkatkan performanya, ketangguhan kaki kaki yang uda bener bener gw uji buat bawa beban berat n dipake melibas jalan rusak, plus bonus rem anti ngesot a.k.a ABS.

Sabtu, 24 Maret 2012

Suzuki Escudo Gen 1

Merk:SUZUKI

Model:Escudo JLX , Nomade

Transmisi:5 percepatan manual

Tahun Pembuatan:1995-2000

Harga Baru (pada saat punya/tes): brapa ya ?

Harga Second (pada saat penulisan ulasan): 65 - 90 Jt

Spesifikasi Kendaraan:
Mesin G16A fuel Injection di Japan nya , di Indonesia di spec down jadi karburator 4 silinder 1600cc 8 valve 97HP ..
suspensi depan Macpherson Struts
suspensi belakang rigid axle 3 link


Ulasan:
Ane pribadi adalah pengguna mobil ini sejak tahun 2007 . Menurut kesan pribadi , mobil ini mempunyai keunggulan dari suspensi nya , whellbase yang lebar sangat memberikan kenyaman saat bermanuever , serta bantingan yang aduhai. Untuk masalah handling mobil tuir satu ini masih bsa bersaing dengan mobil-mobil baru sekarang.

Sejatinya mobil ini masih menggunakan teknologi konvensional , jadi perawatan nya lumayan gampang ( bengkel tepi jalan juga bisa benerin ni mobil )..

Dikarenakan masih karburator , tidak heran mobil ini boros bahan bakar , serta tarikan yang belum bisa di banggakan :maho

Namun suspensi yang baik, tampang yang lumayan ganteng ,serta interior dengan model dan kualitas bagus, bisa dijadikan pertimbangan untuk memiliki salah satu pelopor SUV di Indonesia ini. CMIIW


Positif:
-Suspensi Mantab Jaya
-Body bukan kaleng kerupuk
-Interior
-Model long lasting
-Perawatan gampang
-Banyak pilihan kalo mw modif
-Harga stabil ( buat mobil angkatan 90an )
-Suara mesin khas
-Durability

Negatif:
-Boros Mampus
Dalkot / Lukot : 1 / 7 // 1 / 10 ( sekolah kaki kanan )
Dalkot / Lukot : 1 / 6.5 // 1 / 9 ( main pol )
"Itu kalo Eskuda ane , mobil karburator tergantung setelan spuyer , klep , dll"

-Ac kaga dingin
-Temperature mesin gampang naik kalo lg macet ( maklum , belum kipas otomatis )
-Bukan 4wd kayak vitara
-Tenaga masih kurang
-Kopling Sensitif

Ringkasan:
Pada tahun 1998 mobil ini facelift dengan nama Escudo Nomade , dengan penambahan side moulding , serta perubahan pada dashboard nya. Mobil ini pantas dimiliki untuk jalanan medan berat karena mempunyai GC yang cukup tinggi. Untuk kelengkapan fitur , mobil ini sudah dilengkapi PS ,PW , tilt steering , electric mirror , dll ( memiliki standar sedan pada SUV pertengahan 90an ).

Pendapat Pribadi :
Semenjak memakai mobil ini belum ada kerusakan berarti , namun masalah yang saya alami adalah kabel kopling yang rentan aus ( pernah diskusi ama mekanik bahwa penyakit escudo adalah kopling nya ) .
Masalah temp. gampang naik kalo pake AC di kala macet emang udah takdir mobil yang belum kipas otomatis , karena putaran kipas sesuai dengan putaran mesin.
Kalo buat balapan sih masih lumyan lah tp g banter2 amat , namun masih bisa ngeladenin kijang k*p**l atw a*a**a di jalan berkontur perbukitan dan tikungan.

Jumat, 23 Maret 2012

Peugeot 306

Merk:Peugeot
Model: 306
Transmisi: Manual 5 speed / Matik 4 speed
Tahun Pembuatan: 1996 - 2003
Harga Baru (pada saat punya/tes) : 68 jt (1996)
Harga Second (pada saat penulisan ulasan): 40 - 80 jt

Spesifikasi Kendaraan:

Bodi: 4-door sedan
Layout : Front engine Front wheel drive
Mesin :XU7JP dan XU7JP4
Konfigurasi : SOHC 8-valve (XU7JP) & DOHC 16-valve (XU7JP4)
Power : 108 HP (XU7JP) dan 116 HP (XU7JP4)
Kompresi : 1:8 (XU7JP) & 1:9.25 (XU7JP4)

Wheelbase : 2581 mm
Length : 4192 mm
Width : 1692 mm
Height : 1379 mm
Ground clearance : 203 mm
Kerb weight : 1200 kg
Fuel capacity : 60 litres
Suspension front : Independent.MacPherson Strut .Coil Spring.Anti Roll Bar.
Suspension rear : Independent.Trailing Arm.Torsion Beam.
Brakes F/R : Ventilated Disc / Drum

Ulasan:

Memperluas kelasnya di pasaran, Peugeot mengeluarkan tipe 306 pada 1996. Dimensinya lebih kecil dari 405 yang lebih dulu ada. Menurut tahun keluarnya, 306 terbagi 3 versi : N3, N5 dan MY2000 dengan varian ST dan LeMans pada N3 dan N5 sedangkan MY2000 cuma 1 trim saja yaitu manual Full Option

Salah satu keunggulan 306 adalah kemampuan ban belakang bertoleransi sebanyak 5 derajat (toe) saat menikung dengan kecepatan tinggi secara elektris

KEY HISTORY :
1996-1997 :
- Tipe Bodi N3
- Mesin XU7JP 1.8L 8 valve low compress
- Tidak ada Catalytic Converter
- varian ST dan LeMans => bedanya klo LeMans dilengkapi velg alloy, jok kulit, fog lamp, side skirt, setir 3 spoke
- design bumper masih agak "jadul"
- Tidak ada tempat foglamp (ST)
- Foglamp kotak
- bentuk lampu belakang mengikuti 405 (merah melengkung di atas/abu2 di bawah)

1997-2000 :
- tipe bodi : N5
- varian ST dan LeMans
- Mesin XU7J4P 1.8L 16 valve high compress
- Grill tanpa kisi2 dengan logo singa yg lebih besar
- desain bumper lebih modern
- ada tempat foglamp depan (ST)
- foglamp lebih membulat
- Lampu belakang sudah mengikuti design lampu belakang 406 (merah dibawah/abu2 di atas)

2000-2004 awal :
-sebutan : MY2000
-varian cuma manual tapi full option
- bedanya dengan generasi sebelumnya : lampu depan kristal sipit, foglamp bulat, design bumper depan, lampu belakang ada garnish chrome di tengah, dual airbag, rain sensor

Positif:
- Top Speed
- Utk ukuran 1.8 cukup irit (dalkot 1:10)
- Canggih
- Stabil mirip 406
- Lebih lincah dari 406
- Nyaman

Negatif:
-Bushing arm rada ringkih
-Design ketinggalan jaman (N3/N5)
-Ruang fender sempit (gak bisa pake velg gede)
-Jarang ada N3 yg masih seger

Ringkasan: Kenapa ya di Indo koq mobil nyaman + canggih justru ga laku?

Pendapat pribadi (subjective):
Mau dpt Mobil eropa yg murah meriah, irit, nyaman sekaligus canggih? 306 lah

Kamis, 22 Maret 2012

Nissan 350Z Gran Turismo 4 Limited Edition 2006

Pendahuluan:

Nama Lengkap:
> 350Z Gran Turismo 4 Limited Edition 2006 (Z33) (diperkenalkan pada 2005)
Produksi:
> 700 unit limted productions (dari 2005 sampai (?) sekarang (kah?))
Harga:
> 29.500 poundsterling = 385jta~400 (hayoo tertarik dengan harganya ??)
Masuk sini sih ngga segitu, soalnya waktu itu kena 700an deh, udah termasuk pajak dll tetek bengeknya + ongkos kirim


Spec:

Engine:
> 3498cc VQ35DE RevUp V6 24Valves (V6 DOHC)
Fuel feed:
> Sequential Multi Point Injection
Bore x stroke:
> 95.5 mm bore x 81.4 mm stroke
Aspiration:
> Naturally Aspirated
Kompresi:
> 10.4 : 1 (mau di isi premium gan??)
Bahan Mesin:
> Alumunium block and head cylinder
Power Output:
> 295 Hp @6400 rpm, with redline @ 7000rpm
> 351.81 Nm @4800 rpm
Data Capure on Track (tested ny Japan_Tuning)
> 0-400m : 14.045 @145km/h
> 0-1000m : 25.475 @215km/h
> 0-100km/h @ 3rd gear : 5.9 detik an… ( klo official sih 5.8 detik)
Top speed
> 283km/h (speed limiter off) tested @tol gresik.. hhe
> 60 km/h (mundur @R) hhe, (masih kalah ma si FQ 400)

Dimensi:
> 4310x1815x1315 mm
Berat Bersih (non oli dan segala macam minyak + air):
> 1440 kg

Drivetrain Layout:
> FR
Chasis:
> unitary steel.

Gearbox:
> 6 speed manual

Suspensi depan dan belakang:
> alumunium multi link + anti roll bar
Brakes:
> brembo pots (lupa berapa piston ..) ABS
> di data spec manual tulisannya full ventilated disc tapi ane liat kok g ada bolong2nya tuh cakram ya??? ngga ngerti deh kok gini.. -.-a /swt
Rims:
> 5 spoke 18” alumunium alloy type : turing
Tires:
> Front: 18”x8” 225/45 R18 offset +30
> Rear: 18”x8.5” 245/45 R18 offset +33

Color:
> sunshine yellow (ultra yellow) sebanyak 76 unit pada tahun 2005
> black (metallic black mungkin) sebanyak 100 unit

total produksi pada 2005 = 176 unit
total produksi sampai saat ini = 700 unit

Waktu ntu kk sepupu ane beli yang black..

> Beli ini 1, dapet deh PS2 + game GT4 pack

Audio
> BOSE 240watt 7 speakers
> in dash 6 cd changer

> ESP stability program
> Xenon head lamp ready
> dual srs air bag + side air bag
> hanya beredar di EROPA, launch pertama pada 2005 di Inggris gan, jadi setir kanan loohh

ini gambarnya gan, maaf mobil aslinya ngga ada yak, soalnya udah sold..
laku 1.1 M (bayangin untungnya... )
maaf g pake spoiler, tapi ngga BWK kok
ini yang yellow gan:




ini yang black gan:


mari saya bahas dlu ya gan...

++:
> murah meriah klo bisa ngurus sendiri dari Dealer Inggris sono :d hhe
> style image yang tak lekang oleh waktu
> ada delaer si Nissan di Indonesia, jadi bisa pesen parts dari situ (tapi tidak semua dealer nissan mau menangani loh)
> tenaga, dan torsi udah lebih dari cukup
> suara V6 nya gaannn, ngga nahan dah
> cupe sporty gan, masih jarang di Indonesia = ngga pasaran
> tarikan enak
> stabil di high speed
> kabin sunyi
> bisa buat drifting looh (matiin aja ESPnya)
> rem pakem
> buat jalan jauh juga enak, soalnya nyaman sekali handling mobil ini (jogja-sby ngga masalah)
> parts sudah banyak n bejibun (JDM)
> high output dari si 350Z biasa
> limited edition dengan ID number
> menurut ane lebih keren 350Z modelnya dari pada 370Z
> udah ada navigasi GPS
> radiator udah lebih gede dari si 350Z

--:
> perawatan susah (mau dimasukin bengkel Nissan mana coba ??)
> parts masih mahal
> aksesoris ngga banyak di Indonesia
> BOROS LUAR BIASA
> cuma bisa 2 penumpang
> bagasi terbilang biasa saja untuk ukuran cupe
> sudah ganti model ma 370Z
> eksterior g beda ma 350Z taon 2004 (beda di pelek doang)
> tenaga kalah 5hp dari 350Z taon 2006 ~ 2008
> lampu belakang udah ngga zaman (yang 350Z baru udah ganti model pake led)
> pajak mahal
> audio susah diganti (indash soalnya)
> bantingan super keras (mati gara2 jalan yang merusak mobil di Indonesia dan ngga ber SNI)
> ngga ada pedal shift (ituloh yang ganti gigi di F1, lancer Evo x, jazz RS)

pembahasan:

ini boil punya kk sepupu ane,
beli taun 2006 pertengahan, warna Black..

handling:
> kalo dilihat sekilas ni boil g bisa nandingin si RX 8, RX 8 punya handling tipikal AGILE (lincah banget), tapi waktu saya pake sih lumyan lincah loh dengan ESP dihidupka (lupa pengaturan ESPnya apa)
> pake ESP aja oversteer dikit, bagaimana non ESP ?? iya, bagus, malah ngajakin drifting ni boil, nyobanya di sirkuit slalom non permanen (di GOR SEMPAJA SAMARINDA) alhasil bisa bikin donat dah.. ( gerakan muter 360 derajat )
> untuk dipake jarak jauh cukup menyenangkan kok, dipake jogja sby PP ngga bikin pegel banget kaya Lambo Gallardo Superleggera LP 560-4 yang baru (lambo itu ngeselin dipake jalan jauh jkt-malang, mana harus buka pintu buat bayar tol, jadi kelihatan kaya orang bego deh gan bwt bayar karcis di pintu tol, soalnya ngga nyampe)
> radius putar bsa dikatakan medium..
> untuk kecepatan 160 ++ mobil ini lebih enak dari Lancer Evo VII standar dan RX 8, stabil kok sampe top speed 280nya
> joknya keras gan, sangat tidak direkomendasikan buat ngelewatin jalan rusak

Performa:
> suara ngga perlu dipertanyakan gan, merdu deh N/A V6 nissan ini
> tarikan enak dan ringan klo pake ESP, bejek gas lebih dalam ? liar gan, saya saranin klo mau gila2an silahkan nyalakan ESP dlu ya, wong kering aja liar, gimana klo hujan coba ? mau ngedrift di jalan raya ente??
> top speed 250km, lepas aja limiternya, jadi 280..
> cukup buat ngasapin si RX 8.. hhe, coba aja ma si EVO n Impreza, ya mungkin seimbang gan
> ane lupa tuh full tanknya berapa ni boil, tapi minumnya pertamax dah klo d luar jawa, klo di jawa dikasi minum shell super extra dong. hhe, ya pertamax plus dah, cepet abis ni boil super kehausan apa ya?

menurut ane dengan 700jtan, ni boil boleh ente beli buat speedlover
sporty, elegan, minimalis keren dan kenceng..
parts JDM bejibun, tampang udah keren, kurang apa lagi ?
tapi tidak begitu bagi yang suka dengan mobil kenceng but masih bisa untuk ngangkut banyak orang,

nae kasih rating:
350Z GT4 Ltd Edt
performa: **** (4)
handling: **** (4)
kenyamanan: ***** (5)
value for money: *** (3)
pemakaian sehari2: *** (3)
perawatan: *** (3)
safety: *****1/2 (4.5)
total= 26.5

sama si EVO X FQ 400 (standar) yang kemaren:
performa: ***** (5)
handling: **** (4)
kenyamanan: ***1/2 (3.5)
value for money: *** (3)
pemakaian sehari2: **** (4)
perawatan: *** (3)
safety: **** (4)
total= 26.5

Rabu, 21 Maret 2012

Mitsubishi Galant Hiu

Merk:Mitsubishi
Model:Galant ST Ea5
Transmisi:5MT/4at with invecs
Tahun Pembuatan:1998-2005
Harga Baru (1998-2005) sekitar 350 jt
Harga Second (2011) :94 jt

Spesifikasi Kendaraan:
2498 cc
Bore — 81.0 mm
Stroke — 80.8 mm
V6 24 valve
Compression ratio — 9.0, 9.5:1
Fuel system — ECI multi
Peak power — 120–129 kW (163–175 PS; 161–173 hp) at 5750 rpm
Peak torque — 223–230 N·m (164–170 lb·ft) at 4500 rpm
(dari wikipedia)

Ulasan:
galant ST ini lebih tenar dengan nama galant HIU..ya karena bentuk depan nya yang menyerupai ikan hiu...sipit dan lebar....di produksi pada tahun 1998 hingga 2005 ..untuk menggantikan galant LELE...(ko semua pake nama ikan yak) menggunakan mesin baru keluaran mitsubishi yaitu V6 6a13 2500cc SOHC 24 valve bisa menyemburkan tenaga hingga 167 hp(menurut brosur) saya juga tidak tahu knapa di model terbaru ini malah menggunakan
SOHC padahal di model pendahulu nya menggunakan DOHC... mungkin karena saat itu sedang krisis moneter ya... tapi kelemahan itu di tutupi dengan membengkak nya kapasitas nya dari 2000cc ke 2500cc... pada zaman nya mobil ini tergolong kencang... ... dan lmayan canggih sudah ada ABS dan Airbag.. walopun hanya untuk pengemudi.Ac digital,rectable mirror dan juga mobil ini sangat kencang.. lawan nya yaitu sengan accord cielo dan mazda cronos.. soal tenaga tidak usah di tanya saya baru punya mobil ini 1 tahun...dan memang luar biasa... sudah berumur 10 tahun tapi aksel nya masi brani adu dengan mesin keluaran sekarang...memang untuk dalam kota ato putaran rendah.si hiu ini tidak enak ga bertenaga... tapi begitu RPM melewati 4000RPM anda bisa merasakn nyanyian v6 nya yg merdu.. yg tidak bisa di rasakan di mobil lain yg in line, untuk mesin anda tidak usah khawatir 6a13 sangat handall ...(asal rajin merawat) saya hanya service maintenence saja.... dan harga spare part pun tidak mahal seperti yg di khawatirkan orang orang...untuk brand mitsubishi...dan menemukan nya juga mudah... untuk handling...mobil di bwa 200 pun masi tenang (kembali ke perawatan ya ,,soal nya punya gwa ini bener bener di rawat,,dan di jaga kalo yg udah potong per sana sini sie ya ga tau deh)...namun suspensi nya aga keras...tidak seperti accord ataw camry....yang nyaman... namun... tidak ada yg sempurna... power yg besar harus di bayar dengan konsumsi bensin yg "LUMAYAN" lalu juga karena ini mobil bongsor tidak bisa gesit di perkotaan di tambah power mesin yg boyo di bawah...tapi sayang nya galant harus brenti produksi nya.. di tahun 2005...mungkin karena tidak sepopuler accord ato camry...sayang sekali masterpiece dari mitsubishi harus brenti produksi
Positif:
-kenceng
-stabil
-putaran atas..ga ada habis nya
-suara khas mesin V
-model yg sangat sporti
-kabin dan bagasi yg lega
-ac digital pada era nya
-kualitas mesin mitsubishi

Negatif:
-boros
-tenaga putaran bawah

Ringkasan:
untuk anda yg berjiwa muda...dan ingin mobil kencang,model yang sangat sporty, bisa mempertimbangkan mitsubishi galant...tapi kalo hendak berburu harus sabar... karena biasanya ini mobil...suka di uprek uprek... so cari lah yg se orisinil mungkin

Pendapat pribadi (subjective):
overall gwa puas ama nie mobil apa lagi ama mesin dan bodi nya... mesin V emang enak banget,,,apalagi yg doyan kebut...sip bangett

Minggu, 18 Maret 2012

Mercedes-Benz C Class 230K W202

Merk : Mercedes Benz
Model : C 230 Kompressor (W202)
Transmisi : 5MT or 5AT
Tahun Pembuatan : 1998
Harga Baru (pada saat punya/tes) : gak tau
Harga Bekas (pada saat penulisan ulasan) : 140-150jt

Spesifikasi kendaraan :
M111 2.398cc w/ supercharger, 193 bhp FR, PS, PW, ABS, Cruise Control

Ulasan :
C230K merupakan salah 1 spesies W202 yang populasinya cukup jarang, dan merupakan salah 1 top of the line C class pada jamannya, sebelum akhirnya digantikan oleh C240 (W202) bermesin 6 silinder pada tahun 2000an.

Aura kemewahan yang sudah melekat dan menjadi trademark Mercedes Benz merupakan salah 1 nilai jual dari mobil ini. Termasuk desain eksterior yang mencuatkan kesan mewah dan berkelas, hingga saat ini.

Mesin 2.398cc dengan supercharger, atau disebut kompressor, memberikan tambahan torsi pada putaran bawah yang cukup besar, terbukti, kecepatan 60 kph dengan mudah diraih di dalam kota, meskipun anda tidak bisa berharap banyak pada handlingnya, karena memang mobil ini didesain untuk kenyamanan. Buktinya, bantingan suspensi terasa lembut ketika melewati jalanan rusak, kabinnya pun cukup senyap, pada kecepatan 100 kph, suara angin dan ban teredam dengan sempurna. Konsumsi BBM? Maaf, untuk yang 1 ini anda jangan ngarep irit, 1 liter hanya untuk 6 KM di dalam kota, dan 10 KM di luar kota.

Bagaimana dengan kabinnya? Jujur saja, baris kedua agak sempit, legroomnya terbatas, bahkan kalah lapang dibanding Honda Civic generasi ke-8(FD). Namun kekurangan ini terobati dengan posisi duduk yang cukup nyaman, baik untuk driver maupun passenger. Bagasinya? Cukup besar untuk sedan sekelasnya.

Positif :
- Tenaga cukup besar
- Nyaman
- Kabin senyap
- Safety lengkap
- Prestige, citra Mercedes Benz
- Harga bekas tinggi, banyak peminat terutama kolektor

Negatif :
- Kurang lincah
- Boros
- Legroom kurang lapang
- Posisi pedal gas

Ringkasan :

Mobil yang bagus, hanya saja jangan harap handlingnya selincah BMW 323i E36. Cocok untuk weekend car dan menghadiri acara resmi.

Pendapat Pribadi (Subjective) :

Jika anda berminat, sebaiknya sediakan biaya untuk perbaikan, karena mobil ini sudah cukup berumur dan sensitif terhadap perawatan. Paling penting, perhatikan bagian kaki - kaki, ini bagian paling sensitif, apalagi kalau mobil ini jarang digunakan oleh pemilik sebelumnya.

Sabtu, 17 Maret 2012

Mazda 323 Interplay 1990

Merk : Mazda
Type : 323 Interplay
Transmisi : Manual
Th Pembuatan : 1990
Harga second : 30-35 juta rupiah
(local domestic market)

Seri Mazda 323 adalah seri yang di keluarkan oleh pabrikan mazda untuk segmen small sedan. yang mengutamakan kenyamanan dan kemewahan teratas di banding dengan merk lain selain mazda yang berada di segmen ini pada jamannya. Mazda 323 di indonesia di produksi akhir tahun 1989 hingga tahun 1994. setelah tahun 1994 mazda interplay hanya di jual utk perusahaan taksi.

Dengan bermesin type B6 1600cc sohc inline, dengan 16 katup (bahasa inggris nya :valve), Karburator. Mazda 323 Interplay adalah sedan dengan kelengkapan termewah dan tercanggih pada jamannya bahkan jika di bandingkan dengan sedan2 pada level di atasnya. Sudah mengadopsi panel instrumen dashboard Full Digital, baik speedometer, penunjuk RPM, suhu mesin, bensin (Fuel meter), trip meter dan jg odometer yang semuanya sudah digital, dimana sedan2 mewah buatan eropa pun pada jamannya belum menggunakan teknologi seperti itu.

Dari sisi driving atau riding, mazda 323 interplay bisa di bilang cukup baik di kelasnya (waktu itu memang bukan yang nomer 1 tapi nomer 2 setelah honda grand civic, hal ini berdasarkan pilihan para QC supervisor di indomobil), saya sendiri sebagai penulis sewaktu mobil ini di lansir pernah ikut mencoba dengan perbandingan semua jenis sedan small di kelas nya pada pabrik perakitan mazda yang dulu masih berada di bawah naungan PT. Indomobil Indonesia. Pengendalian yang cukup stabil, suspensi yang sangat baik terhadap semua jenis medan, dan yang paling penting adalah sisi pengeremannya, dimana mazda interplay sudah mengadopsi rem cakram pada keempat rodanya, yang pada semua jenis sedan small di kelasnya bahkan belum sempat berpikir ke arah sana. Kendaraan ini juga dapat dengan baik ber manuver yang cukup ekstrim pada waktu itu, tentunya jika sekarang maka perlu diperhatikan sisi safety dan fit atau tidaknya kendaraan ini karena mengingat umur kendaraan yang sudah tidak muda lagi.

Dari sisi mesin, mazda 323 interplay mampu menyembur kan 86 hp menurut data statistiknya. dengan mesin seperti ini belum bisa di bilang memiliki power mesin yang bertenaga. Untuk konsumsi BBM, bisa di bilang irit, bisa 1:12,5 dalam kota, dan 1:14 utk luar kota (dengan kondisi mesin yang fit), untuk pendinginan mesin cukup baik selama kondisi mesin fit, utk pendingin ruangan kabin (AC) mazda Interplay bsa di bilang cukup baik, sangat dingin. cocok untuk jakarta dan indonesia pada umumnya.

Interior,

untuk mazda interplay bisa di bilang cukup mewah, bangku supir yg bisa di setel ketinggiannya, semua kaca jendela dengan power window, electric miror utk spionnya. Bentuk door trim dan dashboard yang cukup mewah dan berkelas pada jamannya. juga kabin yg spacy atau luas utk ukuran sedan small, ketika duduk di keempat posisi nya tidak berkurang kenyamanan kita.

Positif :
1. Mobil ini cukup layak utk dimiliki dengan rentang budget 30 - 45 juta rupiah
2. Spare part mesin dan suspensi cukup banyak
3. Fun to drive, sudut pandang cukup baik.
4. Interior cukup luas
5. Pengereman yang sangat baik
Negatif :
1. Perlu sedikit modifikasi untuk menambah power mesinnya
2. Body part dan interior sudah sulit utk di dapat apabila ingin melakukan penggantian
3. Karena banyaknya instrumen yg menggunakan digital maka di karenakan mobil yg sudah berumur akan membutuhkan perhatian khusus.
4. Harga purna jual terbilang rendah di banding kendaraan sekelas.

Pendapat Pribadi :
Very Nice car to owned...the best value in Indonesia...

Demikian sedikit ulasan dari saya, mohon maaf karena tulisan ini sy buat jam 8 pagi di kantor dengan sedikit terburu-buru(mao briefing pagi) dengan tambahan dukungan moral dan materi dr rekan saya ridhadhiutama, semoga tulisan sy dapat menjadi manfaat bagi semua orang yang membacanya.

Jumat, 16 Maret 2012

Lexus LX470 2000

Merk: Lexus
Model: LX470
Transmisi: Otomatis 4 Percepatan
Tahun Pembuatan: 2000
Harga Baru: ???
Harga Second: ???

Spesifikasi Kendaraan:
4700cc V8, 4WD (with shift lock), ABS, EBD, BA, Stability Control, Sunroof, Self-Levelling Suspension, hi-lo gearbox, Satnav, TV, MID
230hp & 420Nm

Ulasan:
Menurut survey yang dilakukan JD Powers, Lexus LX 470 merupakan SUV terbaik di dunia pada tahun 2000, 2002, dan 2004. Ini bukan hal aneh, sebab hampir semua jajaran Lexus memenangkan survey pengguna pada suatu waktu tertentu.

Mobil ini dilengkapi hampir semua hal yang anda bisa temukan di sedan kelas teratas, tetapi dengan kemampuan off-road, menerjang badai, banjir, panas, dingin, beku, sungai, bahkan bisa menginjak mobil lain. Dan semuanya dapat dilakukan tanpa kesulitan ataupun keringat dari pengemudinya, karena mobil ini dilengkapi AC yang dingin, jok elektrik, TV, GPS, dan klakson yang besar.
Secara psikis, jika anda melihat mobil ini hal yang pertama keluar dari mulut anda kemungkinan adalah kata-kata “Foxtrot Uniform Charlie Kilo! besar banget mobilnya!!”. Anda kemungkinan akan menyuruh supir atau teman anda yang sering fitness untuk mengendarainya, karena anda berpikir betapa berat dan capeknya menyetir mobil ini.

Tetapi sebenarnya tidak, setir mobil ini sangat teramat enteng, dan mengendarainya tidak melelahkan. Bahkan anda dapat ketawa atau senyum kecil sendiri pada saat mobil anda di jalur cepat mendekati mobil lain yang otomatis pindah jalur dengan sendirinya (saya kira karena terintimidasi betapa besarnya besi berjalan di belakangnya). Setelah sampai di tujuan-jarak dan medan tidak berpengaruh-anda akan merasa tetap seperti saat anda masuk ke mobil, tidak capek, segar, dan anehnya, lebih tenang. Karena Lexus LX470, bukan mobil biasa.

Positif:
- Besar
- Tenaga putaran bawah membuat anda merasa sangat berkuasa
- Kelengkapan standar yang maksimal
- Interior besar dan enak dipandang
- Kemampuan off-road yang bukan main-main
- Durabilitas

Negatif:
- Besar
- Loading bay pintu belakang terkesan ringkih
- Beberapa material interior sepertinya murahan
- Bukan yang terkencang diantara SUV

Ringkasan:
Kemampuan off-road LX470 menjadi nilai jual utama selain kemewahan yang diberikannya. Inilah mobil pertama yang memberikan kemewahan kelas istana dan pengalaman berlumpur pada saat bersamaan. Dan tidak seperti beberapa lawannya, mobil ini memang benar-benar bisa off-road.

Pendapat pribadi (subjective):
Saya mempunyai kesempatan untuk mempunyai mobil ini selama sekitar 3 tahun, selain Range Rover, inilah SUV yang saya rekomendasikan. Jika anda ingin mengambil mobil ini, pastikan bahwa sistem suspensi hidroliknya pada kondisi prima, karena sebenarnya disinilah letak kelemahan utamanya.

Borosnya konsumsi bensin dan mahalnya harga sparepart tidak saya jadikan patokan dalam review mobil ini, karena biaya hal-hal itu JAUH dibawah pengalaman dan benefit yang anda bisa dapatkan dengan mobil ini.

Kamis, 15 Maret 2012

Kia All New Picanto 2011

Merk: KIA All New Picanto
Model: Small City Car
Transmisi: Manual 5 Percepatan dan Automatik 4 Percepatan
Tahun Pembuatan: 2011
Harga Baru: MT Rp.125.000.000 dan AT Rp.139.000.000
Harga Second: -

Spesifikasi Kendaraan:
Kapasitas Mesin : 1.248cc DOHC Dual CVVT Front Engine Front Drive (FF)
Daya Maksimum : 87/6.000 (ps/rpm)
Momen Puntir Maksimum : 12.3/4.000 (kg-m/rpm)
Transmisi : Manual 5 Percepatan dan Automatik Gate Type 4 Percepatan

Ulasan:
KIA All New Picanto merupakan produk terbaru dari merek mobil korea KIA.
KIA Picanto sudah ada di indonesia sejak tahun 2004 sampai sekarang dan telah berubah nama menjadi KIA All New Picanto.

KIA All New Picanto merupakan produk penyempurnaan dari mobil KIA Picanto yang sudah ada di Indonesia.Di katakan penyempurna produk karena KIA All New Picanto mengalami perubahan penuh (Totally Change) baik dari segi model hingga ke bagian dapur pacunya.

Dari segi model dan desain KIA All New Picanto berubah lebih futuristik tidak seperti mobil buatan asia lainnya yang lebih monoton.KIA All New Picanto di desain oleh mantan Cheff Designer Audy yaitu Peter Schreyer sehingga klo dilihat sekilah semua produk ciptaan KIA gak jauh beda dengan mobil asal negeri eropa Jerman "Audy"

Dari segi dapur pacu KIA All New Picanto memakai mesin teknologi terbaru dari KIA yaitu Dual CVVT sehingga performa yang di hasilkan oleh mesin ini sangat baik dan tetap irit serta ramah lingkungan. Dengan model dan mesin terbaru ini KIA All New Picanto di harapkan bisa mengambil alih pangsa pasar mobil Small City Car di Indonesia.

Positif:
- Kualitas Produk Yang Terbukti Baik
- Kabin Lebih Roomy
- Harga Yang Sangat Terjangkau
- Teknologi Yang Terdepan
- Model Yang Futuristik
- Garansi Produk Terlama Sampai 5 th/150.000 km

Negatif:
- Brand Image Masih Kurang di Indonesia
- Bengkel Service Kurang Banyak

Ringkasan:
Secara keseluruhan KIA All New Picanto dari segi kualitas produk tidak kalah bersaing dengan merek lain seperti Nissan March, Suzuki Splash, Chevrolet Spark, Proton Savvy, Daihatsu Sirion
Semua pilihan di kembalikan pada kebutuhan masing-masing calon pembeli mobilnya.

Pendapat pribadi (subjective):
Klo untuk saya pribadi KIA All New Picanto pantas di jadikan pilihan salah satu dari mobil yang ingin kita beli.Meskipun saya bekerja sebagai marketing mobil KIA andaikan saya ada uang lebih saya berani beli KIA All New Picanto karena saya sudah mencoba KIA All New Picanto, Nissan March, Suzuki Splash, Daihatsu Sirion, Chevrolet Spark. Dari masing-masing mobil itu harga yang paling murah yah KIA All New Picanto namun kualitas gak murahan.

Ane dulu juga pernah kerja jadi Mekanik di merek mobil jepang dan eropa oleh karena itu ane berani ambil keputusan buat pilih KIA All New Picanto karna ane melihat dari beberapa aspek teknikalnya baik dari segi performa mesin maupun perawatannya.

Rabu, 14 Maret 2012

Isuzu Panther LS 2006

Merk: Isuzu
Model: panther LS
Transmisi: m/t
Tahun Pembuatan: 2006
Harga Baru (pada saat punya/tes):180 jt (sekarang thn 2010 250 jt)
Harga Second (pada saat penulisan ulasan): 150jt -+


Mesin
Model / Tipe 4JA1-L
Sistem injeksi bahan bakar direct injection
Isi silinder cc 2.449
Tenaga maksimum PS/rpm 80 / 3500
Torsi maksimum Kgm/rpm 19.5 / 1800
Garis tengah x langkah Kgm/rpm 93 x 32
Kapasitas Tangki Liter 55


Ban & Velg
Ukuran Ban 205/65/R15
Bahan J Alloy 6 Spokes 6.5

Fitur Standard
Air Conditioning Single Blower
Radio CD+MP3 Std
Power Steering Std
Power Window Std
Glass Mounted Antenna Std

Ulasan:
panther telah di buat sejak isuzu masih di pegang oleh pantja motor sejak tahun 1980an-2008/9 setelah itu isuzu beganti saham menjadi milik astra 70% astra 30% isuzu corp jpn

Positif:
-tenaga mesin kuli mantab dan tahan banting
-stabil pada kecepatan tinggi
-irit dalkot 1:10-12 lukot 1:14 max pernah test sampe 1:16
-muat banyak
-plat body tebal terutama bagian bemper depan
-jok empuk
-ac ga pernah bermasalah dingin banget
-lincah dalam maupun luar kota
-perawatan murah
- kaki kaki sangat mantab tahan banting
-suspensi depan empuk karena memakai torsi

Negatif:
-kualitas material sangat buruk
-kualitas perakitan yang kurang
-body cenderung ringkih
-tenaga pas pasan
-sering terjadi kerusakan pelipat jok baris ke dua
-bentuk kaku
-not fun to drive
-kualitas mobil menurun drastis setelah 3thn pemakaian
-harga dengan kualitas tidak worthed


Ringkasan:
pada dasarnya panther adalah mobil keluarga yang tidak akan anda ekspektasikan mobil ini sangat tidak nyaman untuk perjalanan jauh tetapi jika soal jalanan extrim menajak terjal dan bensin tetap irit dan kuat ini lah mobil yang anda cari

jika mobil yang anda cari untuk kenyamanan itu jauh dari mobil ini terlalu kasar untuk keluarga

Pendapat pribadi (subjective):

ya saya pribadi pengguna isuzu panther kualitas pabrikan tidak bagus jka anda akan membeli anda harus teliti dan cermat terutama di body kalo mesin tiu ga ada yang perlu di permasalahkan sudah top markotop

Selasa, 13 Maret 2012

Hyundai Getz 2002

Merk: Hyundai
Model: Getz 5-door Hatchback GL 1.4 L
Transmisi: Otomatis 4 percepatan
Tahun Pembuatan: 2002
Harga Baru: N/A
Harga Second: 85 juta







Quote:
Spesifikasi Kendaraan:
1.4 L PS PW AC Petrol Engine DOHC Compression ratio 10.1 ABS EBD ESP Airbag
Bore x Stroke (75.5 x 78.1) mm Power 95 bhp Torque 117 Nm
Suspensi (Depan) MacPherson strut with oil shock absorber
Suspensi (Belakang) Coupled torsion beam axle with gas shock absorber
Rem (Depan) Disc
Rem (Belakang) Drum
Ulasan:
Hyundai Getz ialah mobil sport hatchback rilisan pabrikan korea Hyundai. Hyundai Getz dibekali mesin 1.4 L DOHC dengan kapasitas tangki sekitar +/- 45 Liter. Getz tersedia dalam dua transmisi baik manual 5-perceptana maupun otmomatis 4-percepatan. Desain eksterior bernuansa sporty menjadi daya tarik bagi calon pembelinya, tetapi begitu masuk ke interior/dalam kabin, bahan plastik ringan melekat pada interior Dashboard, terlihat sangat ringkih. Desain panel instrument sangat mudah untuk dikenali. Sparepart yang melimpah, tersebar dihampir seluruh dealer resmi Hyundai. Konsumsi BBM Hyundai Getz kisaran 10.5 KM/L sampai 13 km/ L. Dilengkapi dengan fitur ABS, EBD, ESP, Aribag serta seat belt pre-tensioners.

Positif:
- BBM irit
- BBM minimal Pertamax(Its Up To You)
- Gear Shift yang lembut
- AC dingin
- Cornering
- Responsif pada RPM bawah (0-40 kpj)
- Visibilitas

Negatif:
- Power
- Desain
- Torsi kurang memuaskan
- Akselerasi
- 2-row seat sempit

Ringkasan:
Sebuah Sport hatchback yang diciptakan untuk kebutuhan dalam kota. konsumsi BBM yang terbilang irit 1:11-12(penggunaan dalam kota), 1:14(penggunaan luar kota). Namun di sisi lain Hatchback sporty ini memiliki kualitas interior yang kurang memuaskan, kelapangan kabin belakang juga sangat terganggu. Getz sangat baik saat cornering, di lain sisi pada trek lurus akselerasi Getz terbilang kurang baik, 0-100 kpj Getz membutuhkan waktu setidaknya 14 detik untuk transmisi otomatis 4-percepatannya.

Pendapat pribadi (subjective):

Sport Hatchback yang sangat memenuhi kebutuhan perjalanan dalam kota, dengan body yang mungil, Getz bisa melewati celah2 gang yang sempit. Getz sangat irit menyoal konsumsi BBM, dengan rasio BBM:KM sebesar 1:11-12 untuk penggunaan dalam kota, rasanya Getz sangat Getz menjawab tuntutan akan pengiritan BBM, tapi sayangnya BBM yang mesti diisikan minimal BBM Pertamax(rasio kompresi 10,1), sudah pernah coba mengisi dengan premium, gas terasa kurang responsif, terasa belet. Getz kurang cocok untuk penggunaan luar kota, karena pertimbangan body mungil Getz yang ringan. Menyoal fitur keamanan Hyundai Getz dilengkapi dengan fitur-fitur keamanan sepeti ABS, EBD, ESP, Seat Belt Pre-tensioners serta dilengkapi juga dengan fitur Airbag. Getz sangat baik dalam hal coernering(melakukan manuver berkelok-kelok) mungkin karena body-nya yang mungil, tetapi menyoal trek lurus Getz kurang responsif, bayangkan saja akselerasi dari 0 sampai 100 kpj Getz setidaknya membutuhkan waktu hingga 14-15 detik untuk transmisi otomatis 4-percepatannya, pun gejala limbung sangat terasa ketika Getz mencapai 80kpj. Mengendarai Hyundai Getz seolah-olah mengendarai Karting dengan body lebih besar.

Dari sisi Interior, desainnya sangat membosankan, terlihat ringkih dengan bahan plastiknya, namun desain panel-panel instrument sangat mudah dikenali. Untuk posisi duduk pengendara serta penumpang kabin depan terasa cukup nyaman untuk penggunaan dalam kota dengan kemacetan lalu lintasnya visibiliatas pengendara sangat baik, namun untuk kabin belakang terasa sempit, kurang nyaman. AC cukup dingin meski hanya single blower. Dari segi audio saya rasa Getz butuh penyegaran(upgrading), Hyundai Getz bawaan pabrik hanya dibekali sebuah Radio Tape.

Dari sisi eksterior desain lampu depan terlihat soft, di lain sisi desain stop lampnya terlihar kurang atraktif, terlalu biasa. Desain lekuk body terbilang aerodinamis, namun terlalu ringkih, di sisi lain body mungilnya sangat membantu kita untuk meliuk-liuk melibas kemacetan lalu lintas.

Senin, 12 Maret 2012

Honda Accord VTI 2005

Merk: Honda
Model: Accord Vti
Transmisi: 5-Speed M/T
Tahun Pembuatan: 2005
Harga Baru : 305jt
Harga Second : 180 - 200jt

Spesifikasi Kendaraan:
Engine : 2400cc I4 DOHC I-Vtec (K24)
Power : 160 hp
Torque : 218 nm
Fitur : PS, PW, Dual Airbag, tilt, ABS+EBD+BA, independent suspension

Performance
Akselerasi 0 - 100 : 7.9 detik
Top speed : 220 kpj

Ulasan:
Mobil ini merupakan pengganti Accord generasi keenam yang bermesin 2300cc. Bisa dibilang perubahan dari generasi keenam ke generasi ketujuh ini merupakan salah satu yg paling revolusioner dalam sejarah Accord, karena hampir semua aspek mengalami peningkatan. mulai dari konsep desain, ukuran yg membesar, interior yang sangat ergonomis, penambahan fitur seperti Airbag, EBD, BA dll sampai penggunaan mesin yg ditengarai sbg salah satu mesin Honda terbaik sepanjang masa, K24 DOHC I-Vtec.

Dari segi pengendaraan, mobil ini sangat fun to drive, posisi mengemudi, letak tombol, steering dll sangat mudah bagi pengemudi, sehingga walaupun bodynya bongsor dan panjangnya hampir 4.9 meter, mengendarai mobil ini serasa mengendarai mobil yg lebih kecil.

Dari segi performa, mesin 4 silinder 2400cc DOHC I-Vtec tak usah diragukan kemampuannya. Figur akselerasi di angka 8 detik bisa dijadikan acuan. Memikul berat hampir 1.5 ton mobil ini mampu berakselerasi dengan baik, terbukti dari klaim beberapa majalah otomotif seperti Autobild (8.9 detik) dan Top Gear (8.04 detik). Seperti sedan2 Sport Honda, mesinnya berkarakter putaran atas, setelah jarum Rpm melewati 4500rpm dorongan tenaga sangat terasa disertai raungan merdu yg mulai terdengar.

Karakter suspensi mobil ini tergolong keras untuk ukuran mobil sekelas, jalanan sedikit bergelombang sangat terasa di mobil ini. Banyak keluhan dari eksekutif yg biasa duduk di bangku belakang akan hal ini, terutama mereka yg biasa duduk di bankgu rivalnya, Camry. Tapi kerasnya suspensi ini justru sangat berperan dalam kestabilan dan handling, di kecepatan 200kpj gejala melayang tidak terasa sama sekali dan masih bisa diajak bermanuver.

Positif:
- Eksterior sangat Agresif sekaligus berkelas
- Mesinnya sangat responsif di putaran tinggi
- Stabil di kecepatan tinggi, jauh lebih stabil dibandingkan rivalnya
- Interior sangat lapang
- Kualitas audio standar yg sangat baik
- Konsumsi BBM yg tergolong irit untuk mobil bermesin 2400cc dan berbobot hampir 1.5 ton. Dalkot = 1:8, Highway = 1:13
- Kualitas material interior sangat baik, lebih baik dari penerusnya, All New Accord 2008 (Fullsize).
- Kabin senyap

Negatif:
- Bantingan suspensi yg tergolong keras untuk sedan yg biasa dipakai kalangan eksekutif.
- Mesinnya kurang responsif di putaran bawah, itulah banyak yg bilang mobil ini kurang enak tarikannya (terutama para Driver)
- Slow moving parts mahal


Ringkasan:
Overall, mobil ini sangat baik dan worthed untuk dimiliki. Kombinasi pengendaraan, pengendalian, tenaga dan kesenyapan dan kelapangan kabin yang pas, membuat mobil ini bisa mengakomodir semua segmen, Eksekutif muda yg gamar menyetir sendiri dan Eksekutif mapan yg memakai jasa Driver. Tapi bila memiliki mobil ini, rasanya sayang klo tidak dibawa sendiri.


Pendapat pribadi (subjective):
Impression gwe, sangat puas memakai mobil ini. Tampilan tidak termakan usia walaupun sudah ada model penggantinya dan berkelas, sering bgt gw dikasih parkir khusus sama petugas parkir. Tenaganya besar untuk sekelasnya, putaran atasnya yahud, enak buat highspeed di Tol. Mobil ini sangat stabil untuk sekelasnya, pada saat top speedpun tidak melayang, dan masih bisa diajak sedikit manuver di kecepatan 200kpj (Lihat Real Test gwe dibawah). Kekurangannya cuma tarikan dibawah 4500Rpm terasa agak berat, yah itu kompensasi karakter mesinnya sih.


Real Test
Real test ini untuk membuktikan bahwa Riview gwe diatas bukan cuma bualan belaka. Video ini adalah asli rekaman gwe sendiri. Jadi anda bisa melihat sendiri klo mobil ini bisa berakselerasi 0-100 kpj dalam 7.9 detik dan masih mampu diajak manuver diatas 200 kpj, dengan kondisi satu tangan gw memegang camera.

Minggu, 11 Maret 2012

Daihatsu Charmant 1985

Merk: Daihatsu
Model: Charmant
Transmisi: Manual 5 percepatan
Tahun Pembuatan: 1985
Harga Baru: 16Jt (1985)
Harga Second: 12-30Jt

Spesifikasi Kendaraan:
Indonesian Spec (IDM): 1600CC, 78HP, RWD, Power Steering, Central Lock, Drink Refrigerator, AC

Ulasan:
Daihatsu Charmant 1985 atau kadang dikenal dengan Charmant A55 adalah mobil tarikan belakang sekelas dengan Toyota Corolla DX pada masanya. yang membedakan Charmant dengan saudaranya DX adalah pada tingkat kemewahannya dan fitur yang dihadirkan oleh Daihatsu.

Charmant memiliki interior yang lebih mewah daripada DX dengan dibekali jok dan doortrim berbalut beludru dan kulit serta warna krem. Mobil ini juga dilengkapi dengan pendingin minuman di dashboardnya yang dapat diisi oleh 1 kaleng coca cola kecil atau 1 kotak ultra milk.

Mobil ini dilengkapi dengan power steering yang sangat enteng sekali dan pada dapur pacu mobil ini (di Indonesia) memiliki mesin Toyota 1600cc berkode 4A dengan 78HP (Karburator) yang sanggup membawa mobil ini hingga 180km/h.

Daihatsu Charmant bisa dibilang merupakan contoh kolaborasi Toyota-Daihatsu terbaik yang pernah ada karena menggunakan barang-barang yang tidak main-main. Mobil ini merupakan mobil sedan terakhir Daihatsu yang masuk dalam kelas Family Sedan dan juga sedan terakhir tarikan belakang perusahaan tersebut.

Sayangnya meskipun lebih mewah dan bertenaga, mobil ini tidak banyak dikenal oleh kalangan masyarakat karena popularitasnya dibayang-bayangi oleh saudaranya yang sangat popular: Toyota Corolla DX. Ini terjadi karena nama Daihatsu yang kurang terkenal dan juga harga yang lebih mahal pada mobil ini diluncurkan dibandingkan DX.

Karena alasan itu pula populasi Daihatsu Charmant makin berkurang dan mobil ini punya masalah utama yaitu Karat.

Positif:
- Irit bahan bakar
- Mesin cukup bertenaga
- Pengendaraan yang enak
- Interior yang mewah dan nyaman
- Praktis
- Sparepart mekanis murah dan melimpah (sama dengan DX)

Negatif:
- Aksesoris susah didapat
- Pada kecepatan tinggi limbung
- Susah mendapat yang kondisi bagus


Ringkasan:
Sebagai mobil retro ini adalah satu mobil yang paling masuk akal, mobil ini sangat praktis dengan jok belakang yang bisa dilipat sampai rata dan bisa membuat ruang bagasi menjadi luas ke ruang tengah mobil. disamping itu Daihatsu Charmant juga salah satu mobil yang bertenaga pada kelasnya pada masanya, membuat kondisi stop n go traffic tidak pusing.


Pendapat pribadi (subjective):
Sampai pada penulisan ulasan ini, Daihatsu Charmant merupakan mobil harian saya dan sudah pernah saya pakai dalam segala situasi yang bisa didapati di kota Jakarta, mulai dari macet total sampai banjir setinggi bawahnya bemper semua sukses dilewati tanpa masalah apapun dan tanpa bocor sedikitpun.

Pada pertama kali saya beli mobil ini, saya mempunyai ekspektasi terhadap kendaraan ini. Saya tidak bisa mengira bahwa mobil ini dapat memberikan lebih dari ekspektasi saya, terutama dalam hal pengendaraan dan performance.

Power Steering Daihatsu Charmant adalah salah satu sistem terbaik yang pernah saya kemudikan. Saya bisa bilang dalam kondisi sama-sama standar, ringannya kemudi Charmant sama dengan ringannya BMW 735Li (E65) 2003, dan saya kira power steering 735Li itu yang paling enteng. saya tidak bercanda dalam hal ini.


**NOTE** Mobil ini menyimpan rahasia yang besar!
Platform, Transmisi, Mesin, Sistem Suspensi depan dan belakang sama dengan Toyota Corolla AE86 DX dan SR5. (hanya beda gardan dengan yang GT-S)

Artinya mobil ini sangat menerima salah satu mesin legenda Toyota 4AGE 16V tanpa ubahan apapun (kecuali kalau donornya dari Corolla GT yang pakai 4AGE untuk FWD, berarti ada sedikit parts yang harus diganti)

Sabtu, 10 Maret 2012

Chevrolet Cruze 2010

Merk : Chevrolet/Daewoo
Model : Cruze/Lacetti
Transmisi : 5MT/6AT
Tahun Pembuatan : 2010
Harga Baru (pada saat punya/tes) : 300(M/T)-340juta(A/T)
Harga Second (Pada saat penulisan ulasan) : N/A

Spesifikasi Kendaraan :
1.796cc DOHC DCVCP, 141bhp, FF, Airbags, ABS-EBD-BA,audio steering switch.

Ulasan :
Chevrolet Cruze merupakan sedan yang diposisikan oleh GM untuk menghadapi Honda Civic, Mitsubishi Lancer, Ford Focus, dan Toyota Corolla.

Dari eksterior, desainnya benar-benar menarik, terkesan agresif dengan guratan garis tajam di beberapa bagian. Sekilas tampilannya mirip dengan Honda Accord. Dan paling menarik, tentu atapnya yang landai seperti coupe.

Interiornya banyak mengundang decak kagum orang-orang yang melihatnya. Desain dual cockpit dengan perpaduan warna merah-hitam(A/T) dan biru-hitam(M/T) terlihat serasi dengan aksen cincin krom di panel speedometer. Sementara itu tampilan speedometernya terkesan futuristis.

Kabinnya memang tidak terlalu lega, tetapi posisi duduknya cukup nyaman untuk orang tinggi seperti saya. Sementara itu bagasinya boleh dibilang cukup, tidak terlalu luas, tidak terlalu sempit.

Menyoal performa, gearbox 6-speednya tidak bicara banyak. Performanya biasa saja, tidak terlalu kencang, tapi juga tidak terlalu lambat. Ini akibat perbandingan rasio gigi otomatik yang kurang pas, dan power-to-weight ratio yang kurang baik. Namun performa pengeremannya boleh dibilang cukup baik.

Berbeda dengan performanya, handlingnya benar-benar diluar dugaan. Berkat racikan suspensi yang pas dan bodi yang berat, mobil ini cukup stabil, bahkan sesekali saya mencoba berbelok dengan menginjak pedal gas agak dalam, hasilnya, stabil, tidak ada gejala body roll atau melayang-layang, atau buritan bergeser.

Kenyamanannya, so-so. Tidak kelewat nyaman seperti corolla, tetapi juga tidak terlalu keras. Overall, bantingannya mirip-mirip dengan civic, moderat.

Positif :
- Handling mantap
- Stabil
- Safety
- Desain interior
- Kabin senyap
- Nyaman
- Audio steering switch
- Value for money

Negatif :
- Performa di putaran rendah
- Power-to-weight ratio

Kesimpulan :
Almost perfect! satu-satunya kekurangan hanya di sektor performa, jika anda tidak terlalu berurusan dengan performa, mobil ini patut dipertimbangkan.

Pendapat Pribadi (Subjective) :
Predikat Best Buy for Sedan 300-400juta patut diberikan kepada mobil ini. Dibanding rival-rivalnya yang sudah melampaui 350juta, ia mampu memberikan segelintir fitur canggih tanpa harus mengorbannkan sisi value-for-money. Jika anda menginginkan handling bagus, Cruze merupakan pilihan terbaik. Sedangkan jika performa merupakan tujuan utama anda, maka pilihan terbaik ada di kubu H dengan Civicnya.

Jumat, 09 Maret 2012

BMW E36 318i, 320i, 323i

Merk: BMW
Model: Seri 3 E36 (318i,320i,323i)
Transmisi: Manual 5 percepatan & Otomatis 5 percepatan
Tahun Pembuatan: 1992-1999
Harga Baru: lupa banget
Harga Second: 50-83jt (tergantung mesin)

Spesifikasi Kendaraan:
RWD, ABS, EBD, Airbag, ASC (323i only), VANOS (6 Cylinders Only)
1800cc = 115hp & 165Nm, 4 Silinder
2000cc = 150hp & 190Nm, 6 Silinder
2500cc = 170hp & 256Nm, 6 Silinder

Ulasan:

BMW E36. Tidak ada kata-kata lain yang bias saya katakan selain “The Ultimate Driving Machine”, mobil ini adalah wujud nyata keseriusan BMW dalam membuat mobil pengendara (driver’s car).

Sama dengan bapaknya-BMW E30-BMW E36 ini adalah penyempurnaan dari teknologi dan hasil sebelumnya. Semua pengamatan dan feedback pengguna BMW E30 ditampung dan dijadikan nyata dalam membuat BMW E36 ini.

Hasil yang didapatkan bukan main-main, dengan bobot distribusi 50-50 dengan mesin apapun, mobil ini mempunyai handling yang lebih dari spektakular. Mobil ini terbukti ketangguhannya dalam balap-balap professional maupun pemula.

Tidak hanya itu, mobil ini dapat dibilang sebagai Seri 3 pertama yang benar-benar nyaman bagi penumpangnya. Dengan ruang kaki belakang yang cukup dan bagasi yang luas membuatnya benar-benar praktis. Namun mobil ini bukan tanpa kelemahan, model tahun awal (1992-1994) mempunyai masalah kualitas interior dengan bunyinya dashboard (bahkan dari pabrik sekalipun).

BMW E36 adalah salah satu sedan yang aerodinamis pada masanya, jika dilihat dari samping terlihat garis bodi dan silhouette yang seperti angin apalagi jika diperhatikan desain bagasi yang agak mencuat kebelakang seperti tersapu angin.

Positif:
- Bentuk bodi yang atraktif
- Mesin 6 silinder bertenaga
- Suspensi pas
- Handling yang tidak bisa dikatakan dengan tulisan atau kata-kata
- Praktis
- Interior sunyi

Negatif:
- Kokpit terkesan sempit
- Kualitas interior tidak konsisten

Ringkasan:
Ultimate Driving Machine.

Pendapat pribadi (subjective):
Jika anda senang mengemudi, inilah mobil untuk anda. Sebelum mencari mobil lain, saya rekomendasikan untuk mencoba test drive mobil ini dulu.

Saya mempunyai kesempatan untuk pernah memiliki dan mengetes 318i, 320i, dan 323i. Saya SANGAT sarankan untuk mengambil minimal 320i. Karena tenaga dengan bobot yang ditawarkan sangat pas, sebab mesin 1800cc di 318i terlalu kecil dan kurang hidup untuk mobil ini. Saya juga menyarankan transmisi manual jika ingin merasakan semua potensial dari E36.

Jika ingin mobil ini coba cari yang diatas tahun 95 atau 320i yang tahun 92/93 yang belum VANOS, rasakan bedanya dan hentakannya.

Saya tidak bisa mengatakan seperti apa rasanya mengendarakan mobil ini. Inilah mobil terenak dan terapih handlingnya dari semua mobil yang pernah saya kendarai. Dan sampai saat ini predikatnya masih dipegang oleh mobil ini. (saya akan edit postingan ini kalau ada yang bisa membuat saya berbeda).

Kamis, 08 Maret 2012

VW Polo 2003

Merk: VW
Model: Polo 2 Pintu
Transmisi: Manual 5 percepatan
Tahun Pembuatan: 2003
Harga Baru: 200jt (2003)
Harga Second: 110-135jt

Spesifikasi Kendaraan:
1400cc, FWD, FF, ABS, EBD, PS, PW, four wheel disc brake.
75hp dan 126Nm

Ulasan:
VW Polo tahun 2003 dengan kode internal 9N adalah mobil city car yang menipu. Menipu dalam hal packaging yang sangat pintar dikemas, dimensi mobil luarnya boleh kecil, tetapi dalamnya sangat luas dan lega. Mobil ini saya pakai selama 2 tahun tanpa masalah berarti. Untuk city car, mesin yang dipakai walaupun tenaganya kecil dibanding saingannya (Renault Clio dan Honda Jazz) cukup responsif dan irit bahan bakar. Saya berhasil menempuh jarak Jakarta-Bandung melalui Cipularang dengan konsumsi rata-rata 1:12 dengan AC.

Kelengkapan mobil ini juga tidak bisa dibilang minim, bahkan dalam beberapa hal mengalahkan mobil-mobil premium dengan harga 2-3 kali lipat. Dalam kondisi standar Polo 9N mempunyai rain sensor, dual airbag, bahkan spion tengah yang otomatis menggelap jika kena sinar dari belakang.

Dari segi praktis, mobil ini mempunyai banyak sekali tempat penyimpanan, selain glovebox, ada under-dashboard tray, dan laci di bawah setiap kursi depan. Walaupun kapasitas bagasi tidak seluas Honda Jazz.

Positif:
- Dipenuhi dengan fitur-fitur canggih
- Kualitas pembuatan yang istimewa
- Handling yang mengesankan
- Irit bahan bakar.

Negatif:
- BBM minimal Pertamax
- mesin kurang tenaga
- Interior membosankan
- Harga baru mahal
- Tipe facelift jadi korban spec-down habis (rem belakang sudah tidak disc lagi)

Ringkasan:
Mobil ini dalam kondisi baru memang agak tidak kompetitif, namun sebagai mobil second hand patut dicoba. Selain irit, fitur-fiturnya dapat membuat pengalaman berkendara lebih gampang dan aman (plus bisa sombong sama mobil yang lebih mahal). Jika ingin ambil VW Polo saya saranin yang belum facelift (< 2006), selain masih pakai disc brake di keempat rodanya, harganya lebih murah.

Pendapat pribadi (subjective):
Versi 2 pintu lebih segar dilihat dari 4 pintu. Transmisi otomatis di VW Polo membuat mobilnya menderita polio, saya tidak saranin yang otomatis. Kalau mau yang versi ultimatenya ambil Polo GTI, mobilnya lebih kencang dari banyak mobil dijalanan sekarang ini karena pakai mesin 1800cc Turbo dari VW Golf Mk IV.

Rabu, 07 Maret 2012

Volvo P1800E

Model: P1800E
Transmisi: Manual 4 Speed Overdrive
Tahun Pembuatan: 1971
Harga Baru (pada saat punya/tes): N/A
Harga Second (pada saat penulisan ulasan): N/A

Spesifikasi Kendaraan: Mobil berjenis Coupe 2 pintu Mesin B20E dengan Fuel Injection Berkapasitas 1986cc, 4 Disbrake ABS, & Overdirve.

Ulasan: Project Volvo dimulai pada th 1957, dimana Volvo menginginkan sebuah mobil Coupe pada lineup mereka. Awalnya mereka mengembangkan seri 1900, tapi tidak terlalu sukses (hanya terjual 68 unit) Prototype pertama dibuat oleh Helmer Petterson pada tahun 1957, terdapat beberapa varian, diantaranya:
- P1800: Dengan mesin B18 berkapasitas 1778cc dan mengkasilkan tenaga 100hp. Pada perkembanganya mobil ini dilengkapi feature overdirve
- P1800S: "S" berarti Swedish, memilki spesifikasi yang masih sama dengan P1800, dan dalam perkembanganya mesin B18, diganti dengan B20 (Mesin yg sama dengan Volvo 240)
- P1800E: Merupakan varian P1800 seri coupe yang dilengkapi feature modern, diantaranya Fuel Injection & 4 Disc Brake. Mobil ini memiliki tenaga 135hp dan mampu berlari lebih dari 190Km/h
- P1800ES: Merupakan varian terakhir P1800, tidak lagi mengusung Coupe dan beralih ke Station Wagoon.

P1800 ini pernah populer di Film "The Saint" yang dibintangi Rooger Moore.

Positif:
- Injection (1971)
- 4 Disc Brake ABS
- Overdrive
- Mesin B20 membuat sparepart dapur pacu cukup mudah di dapat

Negatif:
- Belum Powersteering
- Sparepart Interior & Injector cukup sulit di dapat. (Indent ke Swedia )

Ringkasan: Overall merupakan mobil yang cukup canggih pada Zamanya, dimana mobil Jepang belum mengenal Injection & ABS

Pendapat pribadi (subjective): Di Indonesia ada 1 unti mobil jenis ini & kebetulan kenal sama yg punya, varian P1800E, masih bisa ladenin C200 di tol Simatupang

Selasa, 06 Maret 2012

Toyota Avanza

Merk: Toyota
Model: Avanza G (first generation)
Transmisi: MT
Tahun Pembuatan: 2004-2006
Harga Baru (pada saat punya/tes): 99.500.000
Harga Second (pada saat penulisan ulasan): 105.000.000

Spesifikasi Kendaraan: 1300cc, RWD, PS, PW

Ulasan:
Tahun 2004 Toyota & Daihatsu bikin kejutan dengan menciptakan Avanza, waktu itu banyak yang bilang ini "baby Kijang". Karena diposisikan untuk merebut pasar di bawah Kijang, ukurannya juga sedikit lebih kecil dari Kijang dan harganya yang murah (cuma sedikit lebih mahal dari citycar macam Karimun). Gak lama setelah launching penjualannya langsung membludak sampe sekarang.
Fitur boleh dibilang seadanya tapi cukup untuk mobil keluarga kelas entry level. Power steering, A/C, power window, wiper belakang, dan alarm sudah ada. Kapasitas 7 penumpang walaupun kalau mau dipaksain 10 orang juga masuk.
Penampilan menarik & modern cukup enak dilihat mata walaupun kualitas buatannya rendah terutama plat body yg tipis sehingga "dianugerahi" julukan kaleng sama Kaskuser FO. Kekurangan terbesar pada Avanza generasi pertama ini adalah suspensinya yang sangat tidak nyaman untuk perjalanan bumpy apalagi bila hanya diisi 1-2 orang.
Secara overall Avanza mobil yang cukup ekonomis sebagai people carrier di dalam kota karena konsumsi BBM cukup hemat & perawatan murah, apalagi sekarang sudah banyak spare parts untuknya di bengkel2 umum.

Positif:
-Harga baru murah (dulu)
-Harga seken tinggi
-Perawatan gampang
-Lumayan hemat BBM
-Tampang lumayan ganteng

Negatif:
-Suspensi acak adut
-Tenaga mesin pas2an
-Gear ratio kependekan (80km/h di gigi 5 suaranya udah gaenak)
-Incaran maling

Ringkasan:
Kalau melihat harga baru pada saat itu mobil ini sangat menggiurkan.
Apalagi kalo anda tipe orang yang sangat mementingkan resale value. Lihat aja harga baru 2004 dan harga bekas sekarang, harganya tinggian sekarang, padahal usia udah 6 tahun.
Secara teknis mobil ini banyak kekurangannya :
Comfort kurang, tenaga kurang, safety kurang.
Intinya Avanza bukan mobil untuk anda yang suka mobil, atau anda yang suka menyetir.

Pendapat pribadi (subjective):
Dulu pake nih mobil kebanyakan sendirian untuk pulang pergi sekolah & kuliah, gw personally kagak tahan sama bantingannya yg kagak enak kalo diisi sendiri doang..klo diisi orang di belakang jadi agak lumayan sih..
Made quality sih nggak jadi masalah buat gw, cuma karena mencari yg lebih nyaman akhirnya gw minta bokap tuker sama sedan lawas (next review)

Senin, 05 Maret 2012

Timor S515i

Merk: TimorModel: S515i
Transmisi: Manual
Tahun Pembuatan: 1998
Harga Baru (pada saat punya/tes): 36 jutaan
Harga Second (pada saat penulisan ulasan): 45jt

Spesifikasi Kendaraan:
1500 CC DOHC
PS, electric mirror, Hydrolic coupling
Front suspension: Mac Pherson Strut
Rear Suspension: Independent

Ulasan:
Merupakan re-badge dari pabrikan Korea, KIA Sephia. Merupakan hal yang lucu kalau mendengar para SPG memasarkan mobil ini dulu.

"Silahkan, Pak, mobil asli buatan Indonesia, Timor S515i, merupakan generasi Timor ke-5, 1500 cc, injection"

(Nah lo, seri 1 ampe 4 nya mana? )

Harganya yg 36 juta membuat banyak orang mencibir, Kijang saja sudah di angka 60jt an, 36 juta dapat sedan?

Harga murah bukan karena kualitas yang jelek, tapi karena ada "diskon spesial" untuk pajak masuknya. Meskipun secara kualitas tidak bisa dibandingkan dengan pendahulu2nya dari Eropa atau Jepang, Timor cukup baik secara kualitas.

Positif:

DOHC.. tarikan bawahnya ngeri bo... enak untuk stop and go
Murah. sebagai mobil "bahan", klo mo jadiin mobil ini mobil balap or mobil demo... ya nothing to loose kan?
Nyaman (sedan), dan aman (ada double side impact beam)
Relatif irit
Lincah


Negatif:

Kualitas interior bagus di awal2 tahun, menginjak tahun ketiga... bunyi semuanya...
Posisi duduk membuat relatif lebih cepat lelah dibanding pendahulu2nya dari Jepang, apalagi Eropa..
part palsu yang diakui asli banyak... hati2 bro klo belanja...


Ringkasan:

Timor ga bisa ngerem, dan Timor tu bobrok.

Well, untuk yang pertama, bener, tapi saya baru mengalami itu di 160 km/jam.
Sampai 140 km/jam, rem Timor biasa2 aja, kemampuan manuvernya juga lumayan. Memang kalau 160 km/jam, di rem ampe berdiri juga susah berhentinya... tapi siapa sih yg tiap hari 160 km/jam sore hari di tol dalam kota?

Timor bobrok? ga juga ah. entah saya yang beruntung atau rekan-rekan yang sial, angkatan saya beli tahun 1998 dulu, hanya punya saya yang dashboardnya mulus2 aja, doortrim ga patah2, pokoknya normal deh. memang setelah 3 tahun saya pake, mulai bunyi2 semua tuh interior.

Sampai terjual di 2005, hampir ga ada masalah berarti ma mobil ini. kebanyakan masalah malah timbul akibat pemakaian part imitasi (yg gw beli dengan harga asli )

Pendapat pribadi (subjective):
Kalau hanya untuk berkendara dalam kota, sekali-kali luar kota, pemakaian normal, harga bersahabat, Timor merupakan jawaban. Usahakan jangan bekas taxy, oh iya, klo ketemu Timor yg ga enak disetir, apalagi yg velg nya masih baja (kaleng), ganti aja ama yang alumunium, waktu itu sih gw ganti ma velg jazz iDsi, kenyamanan jauh meningkat. ama atu lagi, ati2 shockbreaker palsu, beda harga ma yg asli ga jauh, tapi soal kenyamanan ma handling... jaoooohhhhhhhhh

Minggu, 04 Maret 2012

Suzuki APV Arena

- Merk: Suzuki
- Model: APV Type II (Arena, trim GL) ~ GC415V
- Opsi Transmisi: 5 speed M/T (GE, GL, GX, SGX, SGX+) & 4 speed A/T (GX, SGX, SGX+)
- Tahun Pembuatan: November 2007 (rilis resmi Type II bulan Desember 2007)
- Harga Baru (pada saat punya/tes): Rp. 115.000.000,- OTR JaBoDeTaBek
- Harga Second (pada saat penulisan ulasan): Rp. 125.000.000,-

Spesifikasi Kendaraan: http://suzuki.co.id/
domestik : GC415V ~ 1500cc EPI, MR, 7 & 8 passenger,
ekspor : GC416V ~ 1600cc EPI, MR, 7 & 8 passenger, dual-airbag, ABS

Ulasan:

pengembangan dari APV Type I, meliputi upgrade mesin, perubahan rasio transmisi, perubahan eksterior & interior.

Positif:
+ 8 passenger (GL, GX) & 7 passenger capacity (SGX, SGX+)

+ perubahan rasio transmisi merubah top speed yang dicapai,

+ perubahan per belakang menggunakan per keong, berimbas pada naiknya tingkat kenyamanan dalam kabin,

+ pengembangan mesin ber-efek pada konsumsi BBM yang lebih optimal,

+ penyegaran interior & eksterior, termasuk opsi captain seat untuk trim SGX,

+ mesin G15A yang badak & spare part yang melimpah (fast moving) dengan harga yang terjangkau,

+ image suzuki lebih punya daya tawar dibanding pesaing, terlebih di ekspor ke beberapa negara ASEAN, timur-tengah, Australia & beberapa negara di afrika.

Negatif:
- perubahan rasio transmisi membuat akselerasi lebih lambat,

- gardan belakang yang lebih bising dikarenakan ukuran rasio transmisi yang berubah

- untuk beberapa orang, penggunaan per keong di gardan belakang terlalu empuk

- perlu spooring ulang secepatnya ketika mobil masih baru, dikarenakan ban depan bagian dalam lebih cepat terkikis (camber minus),

- susah untuk perawatan blower AC belakang, (musti bongkar-pasang plafon)

- upgrade blower AC belakang belum banyak komponen universal (tim model GL),

- belum ada pintu geser.

- belum ada fitur keamanan pasif tambahan semisal dual airbag & ABS + EBD untuk model domestik

- karet steering column berisik (bahan pembuatan menggunakan karet yang keras)

Ringkasan:

dengan adanya sedikit perubahan eksterior - interior, minivan ini terkesan lebih segar terlebih adanya opsi trim baru yaitu SGX & SGX+ (Luxury) yang nilai jualnya ada pada captain seat di kursi baris ke-2 & opsi pelek 17" (SGX+).

di beberapa bagian masih ada kelemahan dari segi interior dan sisi teknis tapi tidak terlalu mengganggu, sayangnya fitur keamanan pasif tambahan belum ada pada produk domestik, berbeda dengan produk ekspor yang dilengkapi dual-airbag & ABS

Opini & Keterangan Tambahan :

* mobil ini masuk kelas minivan ~ bukan MPV, fungsi & tujuan utama kendaraan jenis ini sebagai people carrier (8 penumpang maksimal pada trim GL / GX) tapi untuk mengangkut barang juga bisa diandalkan.

* urusan performa mesin dirasa cukup tapi untuk lebih mengoptimalkan kinerja mesin dari setelan pabrikan juga mudah, cukup dengan mengganti busi, filter udara & oli (mesin + transmisi + gardan). selain itu konsumsi BBM & performa mesin terbaik didapat bila menggunakan BBM oktan 92 keatas.


* jikalau bujet berlebih untuk membeli APV Arena, lebih baik ambil trim GX dikarenakan kapasitas 8 penumpang & fasilitas mobil yang lengkap (AC dobel blower, seat-belt di 3 baris kursi, fog lamp, electric side mirror, HU 2DIN, pelek 15")

* bujet rada cekak, lebih baik hunting APV tipe 1 trim GX produksi 2006-2007, kisaran harga Rp 110 - 125 juta. lebih baik lagi kalo ketemu tipe I GX A/T dengan kondisi mulus & terawat, karena kualitas buatan lebih baik dibanding tipe I GX M/T tapi hunting Arena GX seken juga gak masalah asalkan isi dompet mendukung

* mau iseng ?! naik kapasitas mesin ke 1.6 atau tinggal hunting gardan depan bikin APV 4x4 atau pasang turbo-intercooler / supercharger buat drag race atau.... engine swap make mesin 4G63 atau FIAT Multijet 1.6 DDiS Diesel (kalo ada yang jual)

bingung mau pilih APV trim GA*, GE*, GL, GX, SGX atau SGX+ ? tergantung selera & kebutuhan....
- mau pake captain seat doang pilih trim SGX,
- mau ada opsi pelek 17" & bodykit a'la alphard tinggal pilih trim SGX+,
- mau yang simpel, muat 8 penumpang & cukup dengan transmisi A/T tinggal pilih trim GX.
- mau lebih simpel lagi karena cuma buat angkut penumpang tapi masih nyaman buat ukuran mobil armada kantor tinggal pilih trim GL
- mau lebih simpel lagi kerena cuma buat angkut barang, pilih trim GA atau GE

*note : model trim GA & GE masih dijual dengan basis bodi APV type I juga masih menggunakan per daun untuk roda belakang.

Kamis, 01 Maret 2012

Renault Clio 2004

Merk: Renault
Model: Clio MK II
Transmisi: Manual 5 transmisi
Tahun Pembuatan: 2004
Harga Baru (pada saat punya/tes): - (beli second)
Harga Second (pada saat penulisan ulasan): 74.000.000

Spesifikasi Kendaraan:
ENGINE
DOHC 1.4L (1390), 16 V
Bore x stroke : 79.5 x 70.0
Compretion ratio : 10.0 : 1
Daya maksimum / engine max output (ps/rpm) : 100/6000
Torsi maksimum / engine max torque (kgm/rpm) : 16.0/3750
Fuel system : Injection
Kapasitas tangki bahan bakar (liter) : 50
Distribusi bahan bakar : Turbocharged direct-injection

RANGKA
Sistem kemudi / steering : Power assisted steering
Rem depan / front brakes : Ventilated discs
Rem bekalakang / rear brakes : Drums
Suspensi depan / front suspension : MacPherson struts, Coil springs, Telescopic hydraulic shock absorbers and anti-roll bar
Suspensi belakang / rear suspension : Trailing arms, Torsion beam, Anti-roll bar

SAFETY
4 Airbag (2 depan. 2 samping). ABS+BAS plus ESP. 5 pretensioner seatbelts. Anti-slip. Immobiliser. Alarm. Central lock


Ulasan:

Design
Di antara mobil-mobil hatchback yang setara, sosok Clio terlihat lebih kompak. Tidak lain karena kontur bodi yang serba bulat, gembung, dan padat. Bagian belakang bodinya juga cenderung membulat. Bahkan, bentuk lampu-lampu depan maupun belakang juga serba bulat. Para perancang Renault memakai sentuhan bulat untuk Clio agar memperoleh penampilan besar dari sebuah dimensi yang berukuran kompak. Dan, memang pendekatan mereka terbukti cukup baik.

Interior
Sederhana adalah kata yang tepat untuk mewakili nuansa interior Clio. Tampaknya, itu upaya mereka untuk memaksimalkan ruang yang ada. Dengan sentuhan sederhana, diharapkan interior tidak terasa sempit. Dasbornya juga simpel-simpel saja dengan berbagai pernik interior yang dipadatkan sesuai kontur kabin yang kompak. Jok semi bucket cukup 'nyaman' walau bagian pinggul kurang mantap memegang tubuh. Anda yang suka kelegaan mungkin kurang cocok dengan jok depan Clio yang berhimpitan seperti city car sehingga hanya menyisakan tuas rem tangan. Demikian pula legroom penumpang belakang hanya tersisa sedikit saja. Selain itu--mirip 206-atap belakangnya menurun sehingga mengurangi jatah ruang kepala.

Performa
Secara umum, sistem DOHC dan 16 katup membuat mesin Clio dapat bernafas lebih baik dan cepat. Pasca uji coba, terlihat karakter mesin jenis putaran tinggi yang juga punya tingkat efisiensi tinggi. Output mesin berupa tenaga dan torsi menjadikan Clio the best in its class. Hal itu juga tercermin dari uji performanya; 0-100km/jam dengan 12,35detik dan 0-400m yang mencapai 18,47detik@124,80km/jam. Sentakan torsi mesin terasa ketika jarum tachometer bermain di angka 3.000rpm. Ditambah lagi gear ratio yang cukup rapat sehingga tidak ada gejala kosong setiap kali pindah gigi. Wajar kalau konsumsi BBM Clio lebih boros dengan 8,3km/liter. Hal lain yang pantas diacungi jempol adalah kelengkapan fasilitas ABS + BAS plus ESP, sehingga aman menjelajah dalam berbagai kondisi pengendaraan.

Handling
Kinerja suspensinya tergolong hebat karena dapat meminimalkan gejala bounching, pitching, dan body roll. Pengemudi dan penumpang tetap nyaman kendati berkendara di jalan penuh tikungan dan keriting bergelombang. Karakter peredaman suspensinya tergolong medium, tapi masih nyaman. Pengendaliannya balance sepanjang Anda mengendarai mobil itu dalam kondisi normal. Lewat dari batas tersebut, sistem ESP akan beraksi dengan memainkan rem.

Positif:
- CC kecil tapi larinya ngacir bgt gan. pernah coba sampe 198km/h di tol dan nempel bgt dijalan.
- Ngga pasaran
- Handling mantap
- Speed oke
- Nyaman
- Safety lengkap

Negatif:
- Bengkel resmi terbatas
- BBM minimal RON 95 (pertamax jg gpp)
- Interior sangat2 simpel
- Jendela belakang msh engkol (khas mbl eropa (prancis))
- Velg kaleng
- Kabin belakang sempit

Ringkasan:
Renault merupakan pabrikan yang populer dieropa mobil-mobilnya laris tiap tahun dengan feedback yang cukup positif. sayangnya pabrikan ini di indonesia masih dipandang sebelah mata. renault kalah populer dengan teman senegaranya, peugeot.

Buktinya Clio di indonesia hanya ada kurang dari 300 unit. bahkan populasi Clio bertransmisi automatic kurang dari 20 unit. Padahal fitur-fitur yang ditawarkan sangatlah berlimpah untuk mobil berstatus city car ini. Performance sangat baik bahkan unggul dari VW Polo. Stabilitas yang tinggi. Safety yang lengkap dengan 4 airbag dan sistem pengereman yang canggih.

Pendapat pribadi (subjective):
Nih mobil saya bilang sangat worthed dari segi harga second yg dibawah 100jt karena dengan harga yg tergolong murah sudah dapet fitur-fitur yang komplit dan safety yang memadai. Biaya service masih terbilang cukup mahal dikarenakan sparepart yg terbatas (beberapa yg long-moving part hrs indent) dan tidak ada bengkel umum yang bisa service nih mobil jd mau ga mau harus ke bengkel resmi. sehingga jasa perbaikannya tergolong mahal. namun biaya sparepart hampir sama dengan sparepart mobil jepang yang ori bukan imitasi atau kw1/kw2 dll.

Power boleh kalah sama all new jazz tp liat tahun produksinya. karena clio MK 3 ga masuk di indonesia jd ga bs bandingin. pembakarannya termasuk baik karena di tiap busi terpasang 1 coil tepat diatasnya. jd total ada 4 coil diatas 4 busi. saya akuin gigi 1 dan 2 clio sangatlah lemot, tapi gigi 3 - 5 napasnya panjang. gigi 3 pernah sampe 120km/jam baru oper ke gigi 4. di 150km/jam baru oper ke 5. dan terakhir liat speedometer diangkat 190an km/jam. pas cek gps ternyata diangka 198km/jam.

oiya semuanya didapet dalam kondisi standart ngga ada modif2an di mesin penambahan piggybank dan tetekbengek lainnya.

sumber :
http://bit.ly/9eB6ru
http://bit.ly/blY9p4