Sabtu, 10 Maret 2012

Chevrolet Cruze 2010

Merk : Chevrolet/Daewoo
Model : Cruze/Lacetti
Transmisi : 5MT/6AT
Tahun Pembuatan : 2010
Harga Baru (pada saat punya/tes) : 300(M/T)-340juta(A/T)
Harga Second (Pada saat penulisan ulasan) : N/A

Spesifikasi Kendaraan :
1.796cc DOHC DCVCP, 141bhp, FF, Airbags, ABS-EBD-BA,audio steering switch.

Ulasan :
Chevrolet Cruze merupakan sedan yang diposisikan oleh GM untuk menghadapi Honda Civic, Mitsubishi Lancer, Ford Focus, dan Toyota Corolla.

Dari eksterior, desainnya benar-benar menarik, terkesan agresif dengan guratan garis tajam di beberapa bagian. Sekilas tampilannya mirip dengan Honda Accord. Dan paling menarik, tentu atapnya yang landai seperti coupe.

Interiornya banyak mengundang decak kagum orang-orang yang melihatnya. Desain dual cockpit dengan perpaduan warna merah-hitam(A/T) dan biru-hitam(M/T) terlihat serasi dengan aksen cincin krom di panel speedometer. Sementara itu tampilan speedometernya terkesan futuristis.

Kabinnya memang tidak terlalu lega, tetapi posisi duduknya cukup nyaman untuk orang tinggi seperti saya. Sementara itu bagasinya boleh dibilang cukup, tidak terlalu luas, tidak terlalu sempit.

Menyoal performa, gearbox 6-speednya tidak bicara banyak. Performanya biasa saja, tidak terlalu kencang, tapi juga tidak terlalu lambat. Ini akibat perbandingan rasio gigi otomatik yang kurang pas, dan power-to-weight ratio yang kurang baik. Namun performa pengeremannya boleh dibilang cukup baik.

Berbeda dengan performanya, handlingnya benar-benar diluar dugaan. Berkat racikan suspensi yang pas dan bodi yang berat, mobil ini cukup stabil, bahkan sesekali saya mencoba berbelok dengan menginjak pedal gas agak dalam, hasilnya, stabil, tidak ada gejala body roll atau melayang-layang, atau buritan bergeser.

Kenyamanannya, so-so. Tidak kelewat nyaman seperti corolla, tetapi juga tidak terlalu keras. Overall, bantingannya mirip-mirip dengan civic, moderat.

Positif :
- Handling mantap
- Stabil
- Safety
- Desain interior
- Kabin senyap
- Nyaman
- Audio steering switch
- Value for money

Negatif :
- Performa di putaran rendah
- Power-to-weight ratio

Kesimpulan :
Almost perfect! satu-satunya kekurangan hanya di sektor performa, jika anda tidak terlalu berurusan dengan performa, mobil ini patut dipertimbangkan.

Pendapat Pribadi (Subjective) :
Predikat Best Buy for Sedan 300-400juta patut diberikan kepada mobil ini. Dibanding rival-rivalnya yang sudah melampaui 350juta, ia mampu memberikan segelintir fitur canggih tanpa harus mengorbannkan sisi value-for-money. Jika anda menginginkan handling bagus, Cruze merupakan pilihan terbaik. Sedangkan jika performa merupakan tujuan utama anda, maka pilihan terbaik ada di kubu H dengan Civicnya.

0 komentar:

Posting Komentar