Jumat, 30 Maret 2012

BMW E28 520i

Merk: BMW
Model: 520i (E28)
Transmisi: Manual 5 percepatan
Tahun Pembuatan: 1981-1988
Harga Baru: I dont know
Harga Second: 10-40jt

Spesifikasi Kendaraan:
6 Silinder Segaris, Injection, 129HP, 170NM, RWD, Independent Suspension, PW, PS

Ulasan:
Salah satu model BMW yang paling terbaik sepanjang masa. Dalam bahasa BMW model ini disebut E28, salah satu pencetus generasi modern BMW. Mobil ini mempunyai tampang agresif sejalan dengan konsep BMW yang populis dan sporti pada masanya. Platform mobil ini juga sama dengan seri 6 pada masanya, tetapi jangan dikira seri 5 ini lebih impoten dari saudaranya yang diperuntukkan untuk Grand Tourer yang juga salah satu maskot BMW pada saat itu. Di model E28 ini muncul pertama kali seri M5 dari M Division, divisi Motorsport BMW yang mengubah karakter mobil dari agak sangar menjadi sangat biadab.

Di Indonesia, populasi E28 di dominasi oleh seri 520i dan setelah tahun 1987 520is, perbedaan antara keduanya ada di sistem injeksi, bemper, dan beberapa pernak pernik interior. E28 ini adalah mobil yang sangat enak untuk dibawa jalan-jalan, mobil ini merupakan solusi BMW untuk bertarung dengan Mercedes-Benz Tiger, Toyota Cressida, Honda Accord, dan sekelasnya. Ini adalah salah satu mobil yang membawa harum nama BMW, walaupun di Indonesia mobil ini lebih basic dari kompetitornya dalam hal teknologi, E28 tetap membawa bendera BMW dalam hal kelihaian berkendara, di kelasnya mobil ini adalah mobil yang paling enak untuk disetir sendiri.

Positif:
- Sistem mesin & suspensi simpel
- Tenaga lebih dari cukup
- Spare part terjangkau
- Bodi Rigid
- Interior Lega

Negatif:
- Pasar seken susah mencari kondisi yang bagus
- Bensin agak boros

Ringkasan:
Mobil ini adalah salah satu seri 5 terbaik yang pernah dibuat, dengan harga seken murah dan interior lega mobil ini cocok untuk anak muda yang baru pertama kali punya mobil ataupun yang ingin menambah/menukar mobil. Untuk harian mobil ini enak dipakai, tapi suspensi khas BMW yang memang sengaja lebih keras dari Mercedes bukan untuk yang suka berleha-leha atau menikmati kenyamanan mobil sampai titik darah penghabisan. Mobil ini diperuntukan untuk mereka yang ingin mengemudi sendiri. Konsumsi bensin mobil ini rata-rata antara 1:6-1:8.

Pendapat pribadi (subjective):
Jika saya bilang mobil ini adalah untuk mereka yang ingin mengemudi sendiri, saya tidak bohong. Coba saja buktikan dan tes drive, hati-hati bisa lupa waktu. Untuk mobil klasik, ini adalah salah satu mobil yang saya sarankan, jika dibandingkan dari harga, mobil ini memang murah bahkan lebih murah dari beberapa mobil Jepang yang lebih kecil bodinya. tetapi walaupun spare-partnya terjangkau, populasi spare part di toko-toko mulai sedikit susah dicari terutama dalam hal aksesoris dan pernak-pernik. tetapi untungnya beberapa sparepart ada yang sama dengan Seri 3 E30 M40 saran saya jika ada yang mau cari mobil ini, cari yang 520IS, karena mesinnya sudah Injeksi dengan ECU Motronic, dan bisa di modifikasi dengan hanya mengeluarkan duit sedikit saja (Ganti rumah Air Flow Meter) untuk menambah tenaganya.

0 komentar:

Posting Komentar