Minggu, 25 Maret 2012

Toyota Avanza 1.5S 2007

Merk: Toyota
Model: Avanza 1.5S non minor change
Transmisi: M/T
Tahun Pembuatan: 2007-2009 (non minor change), 2009-2010 (minor change)
Harga Baru (waktu gw beli taun 2007 awal yg keluaran paling pertama): 131 jt
Harga Second (pada saat editing terakhir): 130-133 jt

Spesifikasi Kendaraan: 1500cc, RWD, PS, PW, ABS
konsumsi BBM (premium) : 1:8.5-10 dalkot, 1:13-14 lukot
pertamax : 1:9.5-10.5 dalkot, 1:14-15 lukot
sekolah kaki pertamax: 1:10-11 dalkot, 1:16-17 lukot
akselerasi 0-100 kpj : 12 detik (gw ada videonya),
top speed: kalo GW YANG BAWA, 170 kpj (on photos), 175 kpj dikunci limiter nyali, isi 7 orang plus barang full, kata temen gw c masuk 180 kpj, dan uda banyak yg majang foto.na di forum" kalo sepidonyah emang bs mentok.

Ulasan:Versi khusus dari Avanza (S Type) diluncurkan pada akhir 2004 dengan menggunakan mesin VVTi Toyota. Peluncuran versi ini juga ditujukan sebagai "Test Market" bagi rencana pengembangan All Avanza-Xenia VVTi dan Automatic Edition. Edisi khusus ini juga dilengkapi dengan transmisi otomatis. Hanya 200 unit Avanza (S Type) yang diproduksi.

Pada akhir tahun 2006, diluncurkan New Avanza-Xenia dengan perubahan tampilan, aksesoris, peningkatan performa serta mesin baru berteknologi VVTi yang melengkapi semua versi. Pada akhir tahun 2006 juga diluncurkan New S-Type (1.5 S VVTi) yang merupakan versi terlengkap dengan mesin berkapasitas 1500cc VVTi, Rear Parking Sensor, teknologi pengereman ABS serta Alloy 15" Velg Wheels. Mesin 1500cc VVTi yang digunakan oleh Toyota Avanza memiliki spesifikasi yang sama persis dengan Toyota Rush. New S-Type tersedia dalam dua pilihan transmisi, manual dan automatic.

Toyota Avanza juga dipasarkan di sejumlah negara Asia Pasifik seperti Malaysia (Versi 1.5G dilengkapi dengan Airbag), Thailand, dan Filipina, selain itu juga dipasarkan di Afrika Selatan dan Mexico. Sementara Daihatsu Xenia juga dijual di Republik Rakyat Cina dengan konfigurasi kapasitas mesin 4 silinder 1500cc seperti Avanza. Sayangnya spesifikasi seperti ini hanya MIMPI BELAKA jika ingin diterapkan di pasar lokal.

Baik Toyota Avanza maupun Daihatsu Xenia, keduanya menggunakan basis chassis dan body yang sama dan diproduksi oleh Astra Daihatsu dibawah supervisi Toyota Astra Motor. Untuk mesin 1300cc(K3-VE) Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia menggunakan mesin yang sama. Perbedaan keduanya terdapat pada kelengkapan tambahan, kualitas interior dan ragam asesoris. Toyota Avanza juga diekspor ke Malaysia dalam bentuk Completely Knock Down dan dirakit oleh pabrik Perodua Manufacturing Sdn. Bhd.

Saat ini Toyota Avanza mengkhususkan diri pada 2 jenis kapasitas mesin (4 silinder 1300cc, dan 4 silinder 1500cc), sedangkan model kembar dari Avanza yaitu Daihatsu Xenia menggunakan 2 jenis mesin yang berkapasitas lebih rendah (3 silinder 1000 cc, dan 4 silinder 1300 cc). Mesin K3-VE dan 3SZ-VE identik dengan mesin yang digunakan oleh Daihatsu GranMax.

Tipe Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia dibawah ini merupakan varian resmi yang dijual untuk pasar di Indonesia. Varian, performa, asesoris dan kelengkapan dapat berbeda di setiap negara.

Tambahan, buat Avanza 1.5S minor change (2009-now), peredaman kabin telah ditingkatkan dan ada pembenahan lagi terhadap suspensinya.

Model 1500cc

Fitur yang tertera di bawah ini merupakan kelengkapan yang hanya terdapat pada versi dan model Avanza yang berkapasitas mesin 1500cc VVTi (Avanza S-Type) yang diproduksi mulai akhir tahun 2006 hingga saat ini.

* 15" wheels (1500cc models)
* Chromed Front Grille With 2 Row Ornament, door handles, backdoor garnish, shift bang
* Anti Lock Braking System (ABS) [1]
* Digital Tripmeter
* Digital Clock
* Silver Paint Instrument Panel
* Rear Parking Sensors
* Outer Side Electric Mirror with turning signal
* Rear Window Defogger
* Built-in Front Side Double Stereo Tweeter
* 2 Din Head Unit CD-Cassete Player With MP3 Playback
* Indiglow Speedometer with Gear Shift Indicator (In Automatic Transmission Only)
* Genuine Toyota Side Visor
* All Seat Head Rest
* All Seat Safety Belt
* Front and rear bumper spoiler
* Side Skirting


Positif:
-Harga baru murah (waktu gw beli gen awal )
-Harga seken tinggi BANGET
-Perawatan gampang
-Lebih hemat BBM dari yang kapasitas mesinnya lebi kecil
-Tampang ganteng krn uda pake body kit dari sananya
-gejala ndut ndutan dan limbung plus bantingan suspensi keras uda lumayan berkurang dari Avanza gen 1
-ada rem ABS
-ketangguhan kaki kaki
-tenaga OKE, ga kurang, ga terlalu berlebih

Negatif:
-Suspensi acak adut, masi acak adut.
-Gear ratio kurang alus, 85 kpj gear 5 uda 3000 rpm
-Incaran maling
-kualitas pelat body
-material interior
-gak ada nyaman nyamannya
-safety feature cuma ABS doang

Ringkasan:
Kalau melihat harga baru pada saat itu mobil ini sangat menggiurkan.
Apalagi kalo anda tipe orang yang sangat mementingkan resale value. Lihat aja harga baru 2007 dan harga bekas sekarang, harganya tinggian sekarang, padahal usia udah 3 tahun.
Secara teknis mobil ini banyak kekurangannya :
Comfort kurang, tenaga kurang, safety kurang.
Intinya Avanza bukan mobil untuk anda yang suka mobil, atau anda yang suka menyetir.
Tapi khusus Avanza tipe teratas ini, anda akan mendapatkan sesuati yang 'lebih' dari sebuah kaleng kerupuk beroda.

Pendapat pribadi (subjective):
gw pake ni mobil dari taun 2007 ampe sekarang, biasanya c nyokap yg pake dari rumah ke opis yg cuma 4-5 km dr rumah gw. tapi kalo gw yang pake yaa jadi mobil buat nguli.

jujur aje ni mobil kagak ada nyaman nyamannya, bantingan keras, lari 100 kpj melayang, material body ancur"an. kualitas finishing interior juga kagak bagus, dipake 3 taon uda keluar bunyi bunyian dari mana mana, huahahahah, ampun dah gw pake ni mobil. meningan Kijang LGX gw yang dulu kalo masalah kenyamanan.

tapi emang gw beli ni mobil BUAT DIPAKE, BUAT NGULI, n BUAT DIBAWA KERJA, bukan buat nyaman nyamanan ato enak dikendarai. nilai minus dr ni mobil ketutup semua ama nilai plus.na, mulai dari BBM yang CUKUP irit, muat 7 penumpang, tenaga yang OKE buat membopong ni kaleng berjalan walaupun diisi fully loaded, spare part banyak melimpah, resale value oke, perawatan mudah dan murah kalo lw tau dimana ngerawatnya, tampang luar kagak jelek jelek amat, mudah ditingkatkan performanya, ketangguhan kaki kaki yang uda bener bener gw uji buat bawa beban berat n dipake melibas jalan rusak, plus bonus rem anti ngesot a.k.a ABS.

1 komentar:

Terima kasih artikelnya Brow..........krn Gue sedang cari mobil buat anak istri Gue biar tdk kepanasan dan kehujanan, GOODLUCK

Poskan Komentar