Sabtu, 31 Maret 2012

Chevrolet Optra Estate 2009

Merk : Chevrolet (atau Holden atau Daewoo atau Buick atau Suzuki)
Model : Estate (SW) & Optra (saloon)
Transmisi : 5 speed manual & 4 speed auto
Tahun pembuatan : 2009
Harga baru : 180-195 jt (m/t), 190-210 jt (a/t)
Harga bekas : 90jt - 150jt

Spesifikasi
Mesin :
*1.8 GM D-TEC 16 valve DOHC, 120bhp (Optra)
*1.6 GM E-TEC 16 valve DOHC VGiS, 110bho (Optra Magnum & Estate)
Fitur : ABS, SRS airbags, digital climate control (LT trim only), immobilizer, tilt steering, 2 power outlet, illumination adjuster, seat height adjuster, in-dash audio system, electric folding mirror, etc.

Review
Duo Chevrolet Optra-Estate sebetulnya masuk ke dalam kelas medium berdasarkan ukurannya, karena seiring dengan waktu, posisinya di kelas midsize digantikan oleh Daewoo Lacetti 2nd Gen (Chevy Cruze). Merupakan midsize saloon / SW yang punya value yang paling baik, dengan fitur yang lengkap pula, dengan build quality & safety yang sangat amat baik sesuai standar GM. Karakter mesin yang smooth memang jadi karakter mobil2 keluaran GM, dimana tenaga mesin akan muncul secara sempurna pada putaran menengah ke atas, tapi putaran bawah dirasa cukup untuk pemakaian sehari2... Konsumsi BBM pun terbilang baik, di mana angka 1:10 dalkot & 1:14 lukot dapat dicapai dengan mudah dengan RON92. Yang paling dapat diacungi jempol dari mobil ini adalah space kabin yang amat sangat luas, serta kapasitas bagasi yang sangat luas, dengan dilengkapu dengan cargo net & tonneau cover pada Estate, serta banyaknya ruang penyimpanan di sekitar kabin. Kenyamanan berkendara juga menjadi poin plus pada mobil ini dimana suspensi independen di keempat roda dapat meredam guncangan dengan baik, ditambah kualitas plat body & peredaman yang patut diacungi jempol.

Pros :
*value for money
*maintenance & spareparts terjangkau
*irit BBM
*sangat nyaman & hening
*handling mantab
*fitur banyak
*build quality
*ekslusif
*kabin ekstra luas
*dll

Cons :
*depresiasi
*RON88 sangat ngelitik terutama di mesin 1.6 + VGiS
*parts aftermarket sedikit
*belum ada MID
*sudah stop produksi, tinggal abisin stock.

Subjektif :
Pendapat pribadi, inilah pilihan yang paling masuk akal untuk sebuah family car, dimana value bertemu dengan build quality & kenyamanan + keselamatan yang top. Beli baru apabila memang tipe orang yang setia pada 1 mobil dalam waktu lama, tetapi kalo cuma jangka pendek, lebih baik ambil second, walaupun bisa dikatakan barangnya sangat amat langka karena orang sayang ngelepas setelah ngerasain gimana nikmatnya pake mobil ini

0 komentar:

Posting Komentar