Selasa, 13 Maret 2012

Hyundai Getz 2002

Merk: Hyundai
Model: Getz 5-door Hatchback GL 1.4 L
Transmisi: Otomatis 4 percepatan
Tahun Pembuatan: 2002
Harga Baru: N/A
Harga Second: 85 juta







Quote:
Spesifikasi Kendaraan:
1.4 L PS PW AC Petrol Engine DOHC Compression ratio 10.1 ABS EBD ESP Airbag
Bore x Stroke (75.5 x 78.1) mm Power 95 bhp Torque 117 Nm
Suspensi (Depan) MacPherson strut with oil shock absorber
Suspensi (Belakang) Coupled torsion beam axle with gas shock absorber
Rem (Depan) Disc
Rem (Belakang) Drum
Ulasan:
Hyundai Getz ialah mobil sport hatchback rilisan pabrikan korea Hyundai. Hyundai Getz dibekali mesin 1.4 L DOHC dengan kapasitas tangki sekitar +/- 45 Liter. Getz tersedia dalam dua transmisi baik manual 5-perceptana maupun otmomatis 4-percepatan. Desain eksterior bernuansa sporty menjadi daya tarik bagi calon pembelinya, tetapi begitu masuk ke interior/dalam kabin, bahan plastik ringan melekat pada interior Dashboard, terlihat sangat ringkih. Desain panel instrument sangat mudah untuk dikenali. Sparepart yang melimpah, tersebar dihampir seluruh dealer resmi Hyundai. Konsumsi BBM Hyundai Getz kisaran 10.5 KM/L sampai 13 km/ L. Dilengkapi dengan fitur ABS, EBD, ESP, Aribag serta seat belt pre-tensioners.

Positif:
- BBM irit
- BBM minimal Pertamax(Its Up To You)
- Gear Shift yang lembut
- AC dingin
- Cornering
- Responsif pada RPM bawah (0-40 kpj)
- Visibilitas

Negatif:
- Power
- Desain
- Torsi kurang memuaskan
- Akselerasi
- 2-row seat sempit

Ringkasan:
Sebuah Sport hatchback yang diciptakan untuk kebutuhan dalam kota. konsumsi BBM yang terbilang irit 1:11-12(penggunaan dalam kota), 1:14(penggunaan luar kota). Namun di sisi lain Hatchback sporty ini memiliki kualitas interior yang kurang memuaskan, kelapangan kabin belakang juga sangat terganggu. Getz sangat baik saat cornering, di lain sisi pada trek lurus akselerasi Getz terbilang kurang baik, 0-100 kpj Getz membutuhkan waktu setidaknya 14 detik untuk transmisi otomatis 4-percepatannya.

Pendapat pribadi (subjective):

Sport Hatchback yang sangat memenuhi kebutuhan perjalanan dalam kota, dengan body yang mungil, Getz bisa melewati celah2 gang yang sempit. Getz sangat irit menyoal konsumsi BBM, dengan rasio BBM:KM sebesar 1:11-12 untuk penggunaan dalam kota, rasanya Getz sangat Getz menjawab tuntutan akan pengiritan BBM, tapi sayangnya BBM yang mesti diisikan minimal BBM Pertamax(rasio kompresi 10,1), sudah pernah coba mengisi dengan premium, gas terasa kurang responsif, terasa belet. Getz kurang cocok untuk penggunaan luar kota, karena pertimbangan body mungil Getz yang ringan. Menyoal fitur keamanan Hyundai Getz dilengkapi dengan fitur-fitur keamanan sepeti ABS, EBD, ESP, Seat Belt Pre-tensioners serta dilengkapi juga dengan fitur Airbag. Getz sangat baik dalam hal coernering(melakukan manuver berkelok-kelok) mungkin karena body-nya yang mungil, tetapi menyoal trek lurus Getz kurang responsif, bayangkan saja akselerasi dari 0 sampai 100 kpj Getz setidaknya membutuhkan waktu hingga 14-15 detik untuk transmisi otomatis 4-percepatannya, pun gejala limbung sangat terasa ketika Getz mencapai 80kpj. Mengendarai Hyundai Getz seolah-olah mengendarai Karting dengan body lebih besar.

Dari sisi Interior, desainnya sangat membosankan, terlihat ringkih dengan bahan plastiknya, namun desain panel-panel instrument sangat mudah dikenali. Untuk posisi duduk pengendara serta penumpang kabin depan terasa cukup nyaman untuk penggunaan dalam kota dengan kemacetan lalu lintasnya visibiliatas pengendara sangat baik, namun untuk kabin belakang terasa sempit, kurang nyaman. AC cukup dingin meski hanya single blower. Dari segi audio saya rasa Getz butuh penyegaran(upgrading), Hyundai Getz bawaan pabrik hanya dibekali sebuah Radio Tape.

Dari sisi eksterior desain lampu depan terlihat soft, di lain sisi desain stop lampnya terlihar kurang atraktif, terlalu biasa. Desain lekuk body terbilang aerodinamis, namun terlalu ringkih, di sisi lain body mungilnya sangat membantu kita untuk meliuk-liuk melibas kemacetan lalu lintas.

0 komentar:

Posting Komentar