Senin, 12 Maret 2012

Honda Accord VTI 2005

Merk: Honda
Model: Accord Vti
Transmisi: 5-Speed M/T
Tahun Pembuatan: 2005
Harga Baru : 305jt
Harga Second : 180 - 200jt

Spesifikasi Kendaraan:
Engine : 2400cc I4 DOHC I-Vtec (K24)
Power : 160 hp
Torque : 218 nm
Fitur : PS, PW, Dual Airbag, tilt, ABS+EBD+BA, independent suspension

Performance
Akselerasi 0 - 100 : 7.9 detik
Top speed : 220 kpj

Ulasan:
Mobil ini merupakan pengganti Accord generasi keenam yang bermesin 2300cc. Bisa dibilang perubahan dari generasi keenam ke generasi ketujuh ini merupakan salah satu yg paling revolusioner dalam sejarah Accord, karena hampir semua aspek mengalami peningkatan. mulai dari konsep desain, ukuran yg membesar, interior yang sangat ergonomis, penambahan fitur seperti Airbag, EBD, BA dll sampai penggunaan mesin yg ditengarai sbg salah satu mesin Honda terbaik sepanjang masa, K24 DOHC I-Vtec.

Dari segi pengendaraan, mobil ini sangat fun to drive, posisi mengemudi, letak tombol, steering dll sangat mudah bagi pengemudi, sehingga walaupun bodynya bongsor dan panjangnya hampir 4.9 meter, mengendarai mobil ini serasa mengendarai mobil yg lebih kecil.

Dari segi performa, mesin 4 silinder 2400cc DOHC I-Vtec tak usah diragukan kemampuannya. Figur akselerasi di angka 8 detik bisa dijadikan acuan. Memikul berat hampir 1.5 ton mobil ini mampu berakselerasi dengan baik, terbukti dari klaim beberapa majalah otomotif seperti Autobild (8.9 detik) dan Top Gear (8.04 detik). Seperti sedan2 Sport Honda, mesinnya berkarakter putaran atas, setelah jarum Rpm melewati 4500rpm dorongan tenaga sangat terasa disertai raungan merdu yg mulai terdengar.

Karakter suspensi mobil ini tergolong keras untuk ukuran mobil sekelas, jalanan sedikit bergelombang sangat terasa di mobil ini. Banyak keluhan dari eksekutif yg biasa duduk di bangku belakang akan hal ini, terutama mereka yg biasa duduk di bankgu rivalnya, Camry. Tapi kerasnya suspensi ini justru sangat berperan dalam kestabilan dan handling, di kecepatan 200kpj gejala melayang tidak terasa sama sekali dan masih bisa diajak bermanuver.

Positif:
- Eksterior sangat Agresif sekaligus berkelas
- Mesinnya sangat responsif di putaran tinggi
- Stabil di kecepatan tinggi, jauh lebih stabil dibandingkan rivalnya
- Interior sangat lapang
- Kualitas audio standar yg sangat baik
- Konsumsi BBM yg tergolong irit untuk mobil bermesin 2400cc dan berbobot hampir 1.5 ton. Dalkot = 1:8, Highway = 1:13
- Kualitas material interior sangat baik, lebih baik dari penerusnya, All New Accord 2008 (Fullsize).
- Kabin senyap

Negatif:
- Bantingan suspensi yg tergolong keras untuk sedan yg biasa dipakai kalangan eksekutif.
- Mesinnya kurang responsif di putaran bawah, itulah banyak yg bilang mobil ini kurang enak tarikannya (terutama para Driver)
- Slow moving parts mahal


Ringkasan:
Overall, mobil ini sangat baik dan worthed untuk dimiliki. Kombinasi pengendaraan, pengendalian, tenaga dan kesenyapan dan kelapangan kabin yang pas, membuat mobil ini bisa mengakomodir semua segmen, Eksekutif muda yg gamar menyetir sendiri dan Eksekutif mapan yg memakai jasa Driver. Tapi bila memiliki mobil ini, rasanya sayang klo tidak dibawa sendiri.


Pendapat pribadi (subjective):
Impression gwe, sangat puas memakai mobil ini. Tampilan tidak termakan usia walaupun sudah ada model penggantinya dan berkelas, sering bgt gw dikasih parkir khusus sama petugas parkir. Tenaganya besar untuk sekelasnya, putaran atasnya yahud, enak buat highspeed di Tol. Mobil ini sangat stabil untuk sekelasnya, pada saat top speedpun tidak melayang, dan masih bisa diajak sedikit manuver di kecepatan 200kpj (Lihat Real Test gwe dibawah). Kekurangannya cuma tarikan dibawah 4500Rpm terasa agak berat, yah itu kompensasi karakter mesinnya sih.


Real Test
Real test ini untuk membuktikan bahwa Riview gwe diatas bukan cuma bualan belaka. Video ini adalah asli rekaman gwe sendiri. Jadi anda bisa melihat sendiri klo mobil ini bisa berakselerasi 0-100 kpj dalam 7.9 detik dan masih mampu diajak manuver diatas 200 kpj, dengan kondisi satu tangan gw memegang camera.

0 komentar:

Poskan Komentar