Kamis, 08 Maret 2012

VW Polo 2003

Merk: VW
Model: Polo 2 Pintu
Transmisi: Manual 5 percepatan
Tahun Pembuatan: 2003
Harga Baru: 200jt (2003)
Harga Second: 110-135jt

Spesifikasi Kendaraan:
1400cc, FWD, FF, ABS, EBD, PS, PW, four wheel disc brake.
75hp dan 126Nm

Ulasan:
VW Polo tahun 2003 dengan kode internal 9N adalah mobil city car yang menipu. Menipu dalam hal packaging yang sangat pintar dikemas, dimensi mobil luarnya boleh kecil, tetapi dalamnya sangat luas dan lega. Mobil ini saya pakai selama 2 tahun tanpa masalah berarti. Untuk city car, mesin yang dipakai walaupun tenaganya kecil dibanding saingannya (Renault Clio dan Honda Jazz) cukup responsif dan irit bahan bakar. Saya berhasil menempuh jarak Jakarta-Bandung melalui Cipularang dengan konsumsi rata-rata 1:12 dengan AC.

Kelengkapan mobil ini juga tidak bisa dibilang minim, bahkan dalam beberapa hal mengalahkan mobil-mobil premium dengan harga 2-3 kali lipat. Dalam kondisi standar Polo 9N mempunyai rain sensor, dual airbag, bahkan spion tengah yang otomatis menggelap jika kena sinar dari belakang.

Dari segi praktis, mobil ini mempunyai banyak sekali tempat penyimpanan, selain glovebox, ada under-dashboard tray, dan laci di bawah setiap kursi depan. Walaupun kapasitas bagasi tidak seluas Honda Jazz.

Positif:
- Dipenuhi dengan fitur-fitur canggih
- Kualitas pembuatan yang istimewa
- Handling yang mengesankan
- Irit bahan bakar.

Negatif:
- BBM minimal Pertamax
- mesin kurang tenaga
- Interior membosankan
- Harga baru mahal
- Tipe facelift jadi korban spec-down habis (rem belakang sudah tidak disc lagi)

Ringkasan:
Mobil ini dalam kondisi baru memang agak tidak kompetitif, namun sebagai mobil second hand patut dicoba. Selain irit, fitur-fiturnya dapat membuat pengalaman berkendara lebih gampang dan aman (plus bisa sombong sama mobil yang lebih mahal). Jika ingin ambil VW Polo saya saranin yang belum facelift (< 2006), selain masih pakai disc brake di keempat rodanya, harganya lebih murah.

Pendapat pribadi (subjective):
Versi 2 pintu lebih segar dilihat dari 4 pintu. Transmisi otomatis di VW Polo membuat mobilnya menderita polio, saya tidak saranin yang otomatis. Kalau mau yang versi ultimatenya ambil Polo GTI, mobilnya lebih kencang dari banyak mobil dijalanan sekarang ini karena pakai mesin 1800cc Turbo dari VW Golf Mk IV.

0 komentar:

Posting Komentar