Sabtu, 17 Maret 2012

Mazda 323 Interplay 1990

Merk : Mazda
Type : 323 Interplay
Transmisi : Manual
Th Pembuatan : 1990
Harga second : 30-35 juta rupiah
(local domestic market)

Seri Mazda 323 adalah seri yang di keluarkan oleh pabrikan mazda untuk segmen small sedan. yang mengutamakan kenyamanan dan kemewahan teratas di banding dengan merk lain selain mazda yang berada di segmen ini pada jamannya. Mazda 323 di indonesia di produksi akhir tahun 1989 hingga tahun 1994. setelah tahun 1994 mazda interplay hanya di jual utk perusahaan taksi.

Dengan bermesin type B6 1600cc sohc inline, dengan 16 katup (bahasa inggris nya :valve), Karburator. Mazda 323 Interplay adalah sedan dengan kelengkapan termewah dan tercanggih pada jamannya bahkan jika di bandingkan dengan sedan2 pada level di atasnya. Sudah mengadopsi panel instrumen dashboard Full Digital, baik speedometer, penunjuk RPM, suhu mesin, bensin (Fuel meter), trip meter dan jg odometer yang semuanya sudah digital, dimana sedan2 mewah buatan eropa pun pada jamannya belum menggunakan teknologi seperti itu.

Dari sisi driving atau riding, mazda 323 interplay bisa di bilang cukup baik di kelasnya (waktu itu memang bukan yang nomer 1 tapi nomer 2 setelah honda grand civic, hal ini berdasarkan pilihan para QC supervisor di indomobil), saya sendiri sebagai penulis sewaktu mobil ini di lansir pernah ikut mencoba dengan perbandingan semua jenis sedan small di kelas nya pada pabrik perakitan mazda yang dulu masih berada di bawah naungan PT. Indomobil Indonesia. Pengendalian yang cukup stabil, suspensi yang sangat baik terhadap semua jenis medan, dan yang paling penting adalah sisi pengeremannya, dimana mazda interplay sudah mengadopsi rem cakram pada keempat rodanya, yang pada semua jenis sedan small di kelasnya bahkan belum sempat berpikir ke arah sana. Kendaraan ini juga dapat dengan baik ber manuver yang cukup ekstrim pada waktu itu, tentunya jika sekarang maka perlu diperhatikan sisi safety dan fit atau tidaknya kendaraan ini karena mengingat umur kendaraan yang sudah tidak muda lagi.

Dari sisi mesin, mazda 323 interplay mampu menyembur kan 86 hp menurut data statistiknya. dengan mesin seperti ini belum bisa di bilang memiliki power mesin yang bertenaga. Untuk konsumsi BBM, bisa di bilang irit, bisa 1:12,5 dalam kota, dan 1:14 utk luar kota (dengan kondisi mesin yang fit), untuk pendinginan mesin cukup baik selama kondisi mesin fit, utk pendingin ruangan kabin (AC) mazda Interplay bsa di bilang cukup baik, sangat dingin. cocok untuk jakarta dan indonesia pada umumnya.

Interior,

untuk mazda interplay bisa di bilang cukup mewah, bangku supir yg bisa di setel ketinggiannya, semua kaca jendela dengan power window, electric miror utk spionnya. Bentuk door trim dan dashboard yang cukup mewah dan berkelas pada jamannya. juga kabin yg spacy atau luas utk ukuran sedan small, ketika duduk di keempat posisi nya tidak berkurang kenyamanan kita.

Positif :
1. Mobil ini cukup layak utk dimiliki dengan rentang budget 30 - 45 juta rupiah
2. Spare part mesin dan suspensi cukup banyak
3. Fun to drive, sudut pandang cukup baik.
4. Interior cukup luas
5. Pengereman yang sangat baik
Negatif :
1. Perlu sedikit modifikasi untuk menambah power mesinnya
2. Body part dan interior sudah sulit utk di dapat apabila ingin melakukan penggantian
3. Karena banyaknya instrumen yg menggunakan digital maka di karenakan mobil yg sudah berumur akan membutuhkan perhatian khusus.
4. Harga purna jual terbilang rendah di banding kendaraan sekelas.

Pendapat Pribadi :
Very Nice car to owned...the best value in Indonesia...

Demikian sedikit ulasan dari saya, mohon maaf karena tulisan ini sy buat jam 8 pagi di kantor dengan sedikit terburu-buru(mao briefing pagi) dengan tambahan dukungan moral dan materi dr rekan saya ridhadhiutama, semoga tulisan sy dapat menjadi manfaat bagi semua orang yang membacanya.

6 komentar:

bagus mas, izin nyadur yaa tulisannya...look back yaa....

http://ceritanugros.blogspot.com/

setuju banget, sy sampe sekarang jg masih pake mazda 323 interay'90, hanya saja susah dibalikpapan cari karet-karet kaca/jendela/pintu soalnya tu karet udah pada KO tp yg terpenting anak-anakku ga ada yg mabok kalo naik yg satu ini.

instrumen digitalnya
1.apakah kalo rusak mempengaruhi yang lain?mesin dll
2.apakah bisa diperbaiki?
3.kalo diganti baru,mahal dan sulitkah?
4.apakah bisa diganti yg analog?

onderdil banyak di pasaran , harga nya pun terjangkau.
kunjungi komunitas mazda interplay indonesia
klik disini https://www.facebook.com/groups/238656756199921/484747284924199/?ref=notif&notif_t=group_activity

Jadi pengen beli mazda 323 intplay

saya pemakai mazda iply 95 slma 5 tahun
slma pemakaian tdk ada masalah berarti
utk menaikkan performa mesin yaitu mengganti kabel busi dgn punyanya mitsubishi L-300 dgn sdkt memotong agar nilai hambatannya kecil dan pengapian jd besar
hasilnya tarikan jadi ringan maknyuus dan otomatis bensin jd irit dan yg bikin surprise lg suara mesin jd halus nyaris tak terdengar
tp saat ini sy sdh bosen mau ganti baru
bagi agan2 yg mau beli silakan kontak
081325857092 pin BB by request
nanti saya kirim gmbr2nya

Posting Komentar