Selasa, 06 Maret 2012

Toyota Avanza

Merk: Toyota
Model: Avanza G (first generation)
Transmisi: MT
Tahun Pembuatan: 2004-2006
Harga Baru (pada saat punya/tes): 99.500.000
Harga Second (pada saat penulisan ulasan): 105.000.000

Spesifikasi Kendaraan: 1300cc, RWD, PS, PW

Ulasan:
Tahun 2004 Toyota & Daihatsu bikin kejutan dengan menciptakan Avanza, waktu itu banyak yang bilang ini "baby Kijang". Karena diposisikan untuk merebut pasar di bawah Kijang, ukurannya juga sedikit lebih kecil dari Kijang dan harganya yang murah (cuma sedikit lebih mahal dari citycar macam Karimun). Gak lama setelah launching penjualannya langsung membludak sampe sekarang.
Fitur boleh dibilang seadanya tapi cukup untuk mobil keluarga kelas entry level. Power steering, A/C, power window, wiper belakang, dan alarm sudah ada. Kapasitas 7 penumpang walaupun kalau mau dipaksain 10 orang juga masuk.
Penampilan menarik & modern cukup enak dilihat mata walaupun kualitas buatannya rendah terutama plat body yg tipis sehingga "dianugerahi" julukan kaleng sama Kaskuser FO. Kekurangan terbesar pada Avanza generasi pertama ini adalah suspensinya yang sangat tidak nyaman untuk perjalanan bumpy apalagi bila hanya diisi 1-2 orang.
Secara overall Avanza mobil yang cukup ekonomis sebagai people carrier di dalam kota karena konsumsi BBM cukup hemat & perawatan murah, apalagi sekarang sudah banyak spare parts untuknya di bengkel2 umum.

Positif:
-Harga baru murah (dulu)
-Harga seken tinggi
-Perawatan gampang
-Lumayan hemat BBM
-Tampang lumayan ganteng

Negatif:
-Suspensi acak adut
-Tenaga mesin pas2an
-Gear ratio kependekan (80km/h di gigi 5 suaranya udah gaenak)
-Incaran maling

Ringkasan:
Kalau melihat harga baru pada saat itu mobil ini sangat menggiurkan.
Apalagi kalo anda tipe orang yang sangat mementingkan resale value. Lihat aja harga baru 2004 dan harga bekas sekarang, harganya tinggian sekarang, padahal usia udah 6 tahun.
Secara teknis mobil ini banyak kekurangannya :
Comfort kurang, tenaga kurang, safety kurang.
Intinya Avanza bukan mobil untuk anda yang suka mobil, atau anda yang suka menyetir.

Pendapat pribadi (subjective):
Dulu pake nih mobil kebanyakan sendirian untuk pulang pergi sekolah & kuliah, gw personally kagak tahan sama bantingannya yg kagak enak kalo diisi sendiri doang..klo diisi orang di belakang jadi agak lumayan sih..
Made quality sih nggak jadi masalah buat gw, cuma karena mencari yg lebih nyaman akhirnya gw minta bokap tuker sama sedan lawas (next review)

1 komentar:

tidak pernah ada info ratio kompresi ya boss?

(http://www.penghematbbm.biz)

Poskan Komentar