Minggu, 04 Maret 2012

Suzuki APV Arena

- Merk: Suzuki
- Model: APV Type II (Arena, trim GL) ~ GC415V
- Opsi Transmisi: 5 speed M/T (GE, GL, GX, SGX, SGX+) & 4 speed A/T (GX, SGX, SGX+)
- Tahun Pembuatan: November 2007 (rilis resmi Type II bulan Desember 2007)
- Harga Baru (pada saat punya/tes): Rp. 115.000.000,- OTR JaBoDeTaBek
- Harga Second (pada saat penulisan ulasan): Rp. 125.000.000,-

Spesifikasi Kendaraan: http://suzuki.co.id/
domestik : GC415V ~ 1500cc EPI, MR, 7 & 8 passenger,
ekspor : GC416V ~ 1600cc EPI, MR, 7 & 8 passenger, dual-airbag, ABS

Ulasan:

pengembangan dari APV Type I, meliputi upgrade mesin, perubahan rasio transmisi, perubahan eksterior & interior.

Positif:
+ 8 passenger (GL, GX) & 7 passenger capacity (SGX, SGX+)

+ perubahan rasio transmisi merubah top speed yang dicapai,

+ perubahan per belakang menggunakan per keong, berimbas pada naiknya tingkat kenyamanan dalam kabin,

+ pengembangan mesin ber-efek pada konsumsi BBM yang lebih optimal,

+ penyegaran interior & eksterior, termasuk opsi captain seat untuk trim SGX,

+ mesin G15A yang badak & spare part yang melimpah (fast moving) dengan harga yang terjangkau,

+ image suzuki lebih punya daya tawar dibanding pesaing, terlebih di ekspor ke beberapa negara ASEAN, timur-tengah, Australia & beberapa negara di afrika.

Negatif:
- perubahan rasio transmisi membuat akselerasi lebih lambat,

- gardan belakang yang lebih bising dikarenakan ukuran rasio transmisi yang berubah

- untuk beberapa orang, penggunaan per keong di gardan belakang terlalu empuk

- perlu spooring ulang secepatnya ketika mobil masih baru, dikarenakan ban depan bagian dalam lebih cepat terkikis (camber minus),

- susah untuk perawatan blower AC belakang, (musti bongkar-pasang plafon)

- upgrade blower AC belakang belum banyak komponen universal (tim model GL),

- belum ada pintu geser.

- belum ada fitur keamanan pasif tambahan semisal dual airbag & ABS + EBD untuk model domestik

- karet steering column berisik (bahan pembuatan menggunakan karet yang keras)

Ringkasan:

dengan adanya sedikit perubahan eksterior - interior, minivan ini terkesan lebih segar terlebih adanya opsi trim baru yaitu SGX & SGX+ (Luxury) yang nilai jualnya ada pada captain seat di kursi baris ke-2 & opsi pelek 17" (SGX+).

di beberapa bagian masih ada kelemahan dari segi interior dan sisi teknis tapi tidak terlalu mengganggu, sayangnya fitur keamanan pasif tambahan belum ada pada produk domestik, berbeda dengan produk ekspor yang dilengkapi dual-airbag & ABS

Opini & Keterangan Tambahan :

* mobil ini masuk kelas minivan ~ bukan MPV, fungsi & tujuan utama kendaraan jenis ini sebagai people carrier (8 penumpang maksimal pada trim GL / GX) tapi untuk mengangkut barang juga bisa diandalkan.

* urusan performa mesin dirasa cukup tapi untuk lebih mengoptimalkan kinerja mesin dari setelan pabrikan juga mudah, cukup dengan mengganti busi, filter udara & oli (mesin + transmisi + gardan). selain itu konsumsi BBM & performa mesin terbaik didapat bila menggunakan BBM oktan 92 keatas.


* jikalau bujet berlebih untuk membeli APV Arena, lebih baik ambil trim GX dikarenakan kapasitas 8 penumpang & fasilitas mobil yang lengkap (AC dobel blower, seat-belt di 3 baris kursi, fog lamp, electric side mirror, HU 2DIN, pelek 15")

* bujet rada cekak, lebih baik hunting APV tipe 1 trim GX produksi 2006-2007, kisaran harga Rp 110 - 125 juta. lebih baik lagi kalo ketemu tipe I GX A/T dengan kondisi mulus & terawat, karena kualitas buatan lebih baik dibanding tipe I GX M/T tapi hunting Arena GX seken juga gak masalah asalkan isi dompet mendukung

* mau iseng ?! naik kapasitas mesin ke 1.6 atau tinggal hunting gardan depan bikin APV 4x4 atau pasang turbo-intercooler / supercharger buat drag race atau.... engine swap make mesin 4G63 atau FIAT Multijet 1.6 DDiS Diesel (kalo ada yang jual)

bingung mau pilih APV trim GA*, GE*, GL, GX, SGX atau SGX+ ? tergantung selera & kebutuhan....
- mau pake captain seat doang pilih trim SGX,
- mau ada opsi pelek 17" & bodykit a'la alphard tinggal pilih trim SGX+,
- mau yang simpel, muat 8 penumpang & cukup dengan transmisi A/T tinggal pilih trim GX.
- mau lebih simpel lagi karena cuma buat angkut penumpang tapi masih nyaman buat ukuran mobil armada kantor tinggal pilih trim GL
- mau lebih simpel lagi kerena cuma buat angkut barang, pilih trim GA atau GE

*note : model trim GA & GE masih dijual dengan basis bodi APV type I juga masih menggunakan per daun untuk roda belakang.

0 komentar:

Poskan Komentar