Kamis, 30 Agustus 2012

Nissan X-Trail 2nd Gen 2009

Merk : Nissan
Model : X-Trail 2nd Gen (T31)
Transmisi : 6MT (2.0 std) & CVT (2.0CVT, 2.5St, 2.5Xt)
Tahun Pembuatan : 2009
Harga Baru (pada saat punya/tes) : 314jt (2.5St)
Harga Second (pada saat penulisan ulasan) : 290jt

Spesifikasi Kendaraan :
2.488cc QR25DE DOHC CVTC 168 bhp FF, PW, PS, ABS, EBD, BA

Ulasan :
Hanya dengan melihat sepintas saja, anda tidak akan menemukan banyak perbedaan antara X-Trail generasi pertama (T30) dan kedua (T31) ini. Namun jika ditelusuri lebih lanjut, X-Trail generasi kedua ini menerapkan sesuatu yang benar-benar baru, platform yang baru, mesin yang diprogram ulang(turun 10 bhp dari pendahulunya), gearbox CVT dengan mode tiptronik 6 tingkat percepatan, dan dimensinya pun semakin gambot dengan bagasi yang sangat lapang. Namun tidak begitu dengan legroom baris kedua yang sempit.

Gearbox CVT pintar yang tertanam pada X-Trail generasi kedua ini memiliki perpindahan gigi yang halus tanpa hentakan, tarikan yang merata dari atas hingga bawah, tenaga 170 bhp dari mesin QR25DE tersalur dengan sempurna, terutama pada saat anda melakukan kickdown pada pedal gas, akselerasi 0-100 kph pun cepat diraih, dan sekali lagi, SANGAT HALUS, raungan mesin nyaris tidak terdengar. Ditambah, kehalusan gearbox CVT ini berdampak pada konsumsi BBM yang cukup irit, 1 liter untuk 8,5 km rute dalam kota, dan 12 - 13 km untuk rute tol. Sebanding lah dengan tenaganya yang cukup besar.

Untuk kenyamanan, tidak perlu diragukan lagi, X-Trail adalah salah 1 SUV medium yang ternyaman. Bantingan terasa empuk ketika melewati jalanan bergelombang, dengan catatan pada kecepatan rendah, karena pada kecepatan tinggi, saya rasa bantingannya semakin keras, meskipun tidak sekeras beberapa kompetitornya seperti Honda CR-V dan Chevrolet Captiva. Namun ini juga berdampak pada handling dan kestabilan X-Trail yang tidak sebaik kedua rivalnya tersebut. Ditambah, baris kedua terasa sempit untuk anda yang memiliki postur tubuh tinggi >180cm dan berat >70kg.

Untuk ruang penyimpanan, anda tidak perlu khawatir. New X-Trail memiliki bagasi yang sangat luas, bahkan lebih luas daripada Chevrolet Captiva yang baris ketiganya sudah dilipat rata dengan lantai. Ia siap mengakomodir segala kebutuhan anda. Sementara untuk cup holdernya sendiri sudah dilengkapi pendingin.

Positif :
- Performa yang merata dari putaran bawah menengah hingga atas
- Efisiensi
- Kehalusan transmisi
- Fitur banyak, terutama varian 2.5Xt
- Bagasi lapang
- Nyaman
- Cup holder dilengkapi pendingin.
- Ada varian dress-up autech hanya pada varian 2.0 M/T, 2.0CVT, 2.5St.

Negatif :
- Agak limbung
- Baris kedua sempit
- Tidak tersedianya varian 4x4 seperti generasi terdahulu

Ringkasan :
You Got What You've Paid, varian manapun yang anda pilih, X-Trail adalah pilihan yang tepat & value for money untuk anda yang menginginkan transporter keluarga yang nyaman, bertenaga, sekaligus efisien. Cocok untuk anda yang sering bepergian keluar kota pada saat weekend, cocok pula untuk menemani aktivitas anda sehari-hari.

Pendapat Pribadi (Subjective) :
Untuk anda yang memiliki budget berlebih, sebaiknya ambillah varian bermesin 2.5 liter, meskipun kapasitasnya lebih besar, namun efisiensinya juga tidak kalah dengan varian bermesin 2.0 liter. Namun 2.0 liter bertransmisi CVT juga menjadi salah 1 pilihan yang reasonable jika anda hanya mengejar efisiensi.

Apabila tampilan bukan masalah bagi anda, saran saya urungkan niat untuk membeli varian dress-up autech, karena fiturnya pun sama saja dengan yang standar. Hanya terdapat tambahan aksesoris pada eksterior & jok kulit sebagai standar.

0 komentar:

Posting Komentar