Jumat, 17 Agustus 2012

Mercedes-Benz S-Class W220 2003

Merk: Mercedes Benz
Model: S-Class W220
Transmisi: Otomatis 5 percepetan
Tahun Pembuatan: 2003
Harga Baru: ???
Harga Second: 460-520 Juta

Spesifikasi Kendaraan:
S320: 3200cc V6, RWD, ABS, EBD, BA, Air Suspension, Stability Control, Traction Control, COMAND system, rain sensor, park sensor.
224HP & 315Nm

Ulasan:
Mercedes pada awal tahun 2000 menghadapi persaingan ketat untuk pasar luxury dari BMW dan Jaguar dengan seri 7 dan XJ nya. Disini Mercedes benar-benar menghimpun segala kekuatan kerajaan mobilnya untuk mendesain, membangun, dan memasarkan model teratasnya dengan satu tujuan: Menjadi yang terbaik.

Mercedes membuat desain yang dapat dibilang radikal dari model S-Class sebelumnya. Mercedes W220 ini mengadopsi desain yang lebih sporti dan progressif daripada XJ yang konservatif, tetapi masih kalah agresif dari seri 7. Hal ini menjadi kemenangan dari Mercedes, dari segi desain masih tetap bisa dibilang evolusi yang bagus dan pasti.

Dalam hal pengendaraan, mobil ini oke oke saja, tidak ada yang terlalu spesial. Mobil ini bisa belok dan jalan lurus dengan nyaman juga enak untuk disupiri. Karena pada dasarnya S-class memang untuk orang yang mempunyai supir dan pergi kemana-mana tanpa perlu menginjak pedal gas dan memutar kemudi. Fitur interior mobil ini bisa dibilang melimpah, kursi belakang maupun depan bisa memijat dan mengeluarkan angin panas atau dingin dari bawah pantat dan punggung anda.

Sayangnya kualitas material untuk dashboard masih belum bisa menyamai S class sebelumnya dan kompetitornya. Jaguar XJ masih bisa lebih bagus dari S Class tetapi Seri 7 masih tetap memegang predikat kualitas interior terbaik, bisa dilihat dari pilihan plastik dan penempatan tombol-tombol di S-Class yang seperti mesin ding dong.

Memakai dan mempunyai mobil ini merupakan pengalaman yang enak, anda tidak akan merasa bosan atau merasa seperti orang tertekan yang ingin diperhatikan. Untuk pasaran Indonesia, anda akan lebih tidak terlihat di dalam XJ dan mencolok dalam seri 7.

Positif:
- Image sangat teramat kuat
- Mesin halus
- Anda tidak akan merasa capek di dalamnya
- Fitur sangat banyak
- Praktis

Negatif:
- Tenaga S320 kurang
- Kualitas dashboard terkesan murah
- Handling biasa saja

Ringkasan:
Mobil ini merupakan technology showcase dari Mercedes-Benz pada awal 2000an, segala teknologi yang ada pada model setelahnya berasal dari S-Class ini.

Pendapat pribadi (subjective):
Saya mempunyai kesempatan untuk memiliki mobil ini pada tahun 2004. Sayangnya pada waktu itu mobil saya memiliki masalah pada ACnya yang selalu menyemburkan angin anget dan asma. Setelah hal ini benar, air suspensionnya rusak. Walaupun begitu, sampai detik ini saya masih mengakui Mercedes sebagai mobil Eropa paling reliable yang pernah saya pakai, diikuti dengan BMW. Saran saya minimal ambil yang S350, karena head-to-head S320 dengan 735iL E38 sangat tidak berpihak bagi Mercedes. BMW 735iL memiliki tenaga yang lebih besar, 2 silinder diatas S-Class, dan pengendaraan yang benar-benar spektakular. Namun jika fiturnya dibandingkan E38 masih menang S-Class W220.

0 komentar:

Posting Komentar