Minggu, 05 Agustus 2012

Honda Freed 2009

Merk : Honda
Model : Freed PSD A/T
Transmisi : 5AT
Tahun Pembuatan : 2009
Harga Baru (Pada saat punya/tes) : 251jt
Harga Second (pada saat penulisan ulasan ) : 210jt

Spesifikasi Kendaraan
L15A SOHC i-VTEC 118bhp PS PW PSD ABS EBD BA DualAirbags

Ulasan :
Honda Freed diluncurkan oleh PT. Honda Prospect Motors (HPM) pada pertengahan 2009. Pada awal peluncurannya sendiri, Freed membukukan angka penjualan yang cukup fantastis. Dipasarkan secara CKD oleh HPM, Indonesia menjadi basis produksi kedua Freed setelah Jepang.

Mengambil basis yang sama dengan saudaranya, Honda Jazz (GE8), sekilas tampilannya pun tidak jauh berbeda dengan ciri khas bonnet pendek. Ia tampak seperti Jazz yang ditinggikan dan dipanjangkan. Mesinnya pun sama, hanya saja jika Jazz memiliki output tenaga 120bhp dan torsi 145Nm, Freed memiliki output lebih kecil 2bhp, yakni 118bhp namun torsinya meningkat 1Nm menjadi 146Nm.

Honda memang identik dengan mobil - mobil dengan desain menarik dan atraktif. Freed sendiri mengusung konsep triangle+box, untuk menghadirkan desain menarik namun tidak mengorbankan fungsionalitas. Meski begitu, desain Freed dinilai cukup kontroversial oleh beberapa pihak, karena bukan selera kebanyakan orang.

Masuk ke dalam ruang kabin, Freed menerapkan dasbor dual-layer yang berbentuk seperti meja. Pada "meja" dasbor tersebut, terdapat tombol AC dan tuas transmisi. Tombol ACnya terkesan cukup kuno, karena berbentuk seperti tuas kompor gas. Namun pada model 2010, HPM telah melakukan minor change dengan mengganti model AC dari "kompor" menjadi digital. Pada baris kedua, ruang kabin terasa lapang dan mewah dengan tempat duduk model captain seat. Baris ketiganya memang agak sempit untuk orang berpostur tinggi >170cm dan berat >70kg. Namun untuk orang yang berukuran sedang, sepertinya terasa cukup lapang berkat headroom yang tinggi. Kepraktisan juga ditawarkan lewat Power Sliding Doors layaknya MPV mewah seperti Toyota Alphard.

Saat menjajal performa mesinnya, ia tak ubahnya Jazz yang kelebihan beban, namun ciri khas mesinnya tidak berbeda. Tarikan bawah yang agak bolot, namun bertenaga pada tarikan atas. Torsinya terasa cukup untuk meladeni lalu lintas stop-and-go. Ia pun cukup lincah meliuk-liuk di dalam kota, meski begitu bantingan suspensinya cukup nyaman meskipun agak keras di jalanan yang "bumpy". Setirnya ringan, namun mulai terasa berat pada kecepatan tinggi untuk menjaga kestabilan.

Saya rasa tagline "New Generation Family Car" bukan hanya sekedar kalimat, namun memang benar-benar ditujukan untuk keluarga modern yang cukup mapan.

Positif
+ tenaga putaran atas
+ bantingan cukup nyaman
+ kabin luas
+ headroom berlimpah
+ desain dasbor modern
+ AC digital (model 2010)
+ handling cukup baik untuk mobil sekelasnya
+ lincah
+ power sliding doors
+ fitur safety terlengkap di kelasnya
+ setir ringan

Negatif
- tenaga putaran bawah
- tombol AC "kompor" (model 2009)
- performa audio standar kurang baik
- belum double blower sehingga hembusan AC kurang merata
- konsumsi BBM yang agak boros (9 kpl dalkot, jazz 11 kpl)
- desain kontroversial
- bagasi agak sempit

Kesimpulan :
Pilihan yang cocok untuk keluarga modern yang menginginkan mobil keluarga yang lega namun dimensinya kompak. FYI, ia tidak sekecil kelihatannya.

Pendapat Pribadi (Subjective) :
Jika anda ingin membeli Freed, tipe PSD menjadi pilihan yang baik. Fitur keamanan yang ditawarkan seperti dual airbags, ABS EBD BA menjadi keunggulan utama, plus kepraktisan power sliding doors. Model 2010 yang sudah mengalami minor change cukup menarik untuk dibeli karena sudah ditambahkan fitur-fitur canggih seperti AC digital, rear upper spoiler modulo sebagai standar, sein spion, dll. Tawaran menarik lainnya yakni diskon yang cukup besar bisa mencapai >20jt. Jadi, pandai-pandailah menawar sebelum deal dengan sales.

0 komentar:

Posting Komentar