Sabtu, 11 Agustus 2012

Kia Rio 2011

Merk: KIA
Model: Rio AT
Transmisi: 4-speed AT
Tahun Pembuatan: 2011
Harga Baru (pada saat punya/tes): 181,5juta (OTR semarang)
Harga Second (pada saat penulisan ulasan): N/A

Spesifikasi Kendaraan:
1.396cc Gamma CVVT DOHC 107hp, ABS, single SRS Airbag.

Ulasan:
Tanggal 1 Desember 2011 Kia Mobil Indonesia secara resmi meluncurkan produk hatchback terbarunya All New Rio. All-new Rio diposisikan untuk menggantikan hatchback Kia Pride yang sudah cukup berumur.

Desain Kia Rio menganut model Tiger Nose, seperti produk produk kia lain yang juga dipasarkan Picanto dan Sportage. Dari segi model terlihat seperti Sportage kecil. Mobil ini juga didesain oleh Peter Schreyer, Chief Design Officer Kia yang juga mantan desainer di VW audi.

Jantung pacu Gamma CVVT 1.396cc DOHC dengan output 107hp, yang hanya 2hp lebih kecil dari Toyota Yaris dan Nissan Livina yang 1500cc, dipadu dengan transmisi 4-speed dengan fitur triptonic, hasilnya adalah akselerasi halus dan responsif, menyenangkan dibawa berlari pelan maupun kencang.

Handling mobil ini cukup baik, meski tidak bisa dibilang superb. Poin tambah disini adalah setir yang otomatis menjadi berat pada kecepatan tinggi, sehingga mantap dikemudikan.

Di sisi lain, mobil ini cukup nyaman dan cukup kedap untuk mobil seharga dibawah 200juta. Gejala road noise masih terasa di kabin meskipun boleh dibilang lebih baik daripada Honda Jazz. Ditambah ruang kabin yang cukup luas dan bagasi yang boleh dibilang cukup untuk mendukung aktivitas.

Kekurangan mobil ini yang meski tidak terlalu penting untuk diperdebatkan adalah kualitas material interior yang kurang baik dan fitur fitur terbilang standar.

Positif:
- Powerful & akselerasi halus
- Nyaman
- Setir sangat akomodatif untuk parkir maupun ngebut.
- Value for money
- Safety (ABS + single airbag)
- Desain eye-catchy
- Kabin luas & posisi duduk nyaman

Negatif:
- Kualitas interior
- Fitur standar
- Aftersales (bengkel sedikit)

Ringkasan:
Patut dipertimbangkan bagi anda yang sering beraktivitas di dalam kota. Kecil, murah meriah, nyaman.

Pendapat pribadi (subjective):
Produk Korea sudah tidak bisa dipandang sebelah mata. Jujur salah satu fitur yang membuat saya terkesan "norak" dalam membahas adalah : setirnya! Saya suka setirnya. Nyaman ditekuk tekuk saat akan parkir, namun mantap di kecepatan tinggi. Jarang ada mobil dibawah 200juta yang punya fitur ini, meskipun fitur fitur lainnya terbilang standar. Dasbor tidak dihiasi tombol tombol aneh yang membuat anda bingung, hanya tape dan AC saja. Harganya cukup bersahabat, dan hanya terbagi 2 tipe : manual dan automatic.

0 komentar:

Poskan Komentar