Selasa, 07 Agustus 2012

Honda Jazz GE8 2008

Merk: Honda
Model: New Jazz RS
Transmisi: 5 M/T or 5 A/T
Tahun Pembuatan: 2008
Harga Baru (pada saat punya/tes): 187jt
Harga Second (pada saat penulisan ulasan): 190jt
Kode Bodi : GE

Spesifikasi Kendaraan:
Engine :4-inline, 1.497cc, SOHC i-VTEC + DBW + Torque Boost Resonator
Output : 120bhp @ 6.600RPM, 145Nm @4.800RPM
Comp. Ratio : 10,4 : 1
Suspension : McPherson Strut (Front) & H-Shaped Torsion Beam (Rear)
Brake System : Ventilated Disc + ABS + EBD + BA (Front) & Disc + ABS + EBD + BA (Rear)
Tire : 175/55/R15 (S), 185/55/R16(RS)
Audio : Double DIN AM/FM Single Disc MP3/WMA/AAC + USB + AUX Input
Seat Belts : 3-point ELR x2 (Front) 3-point ELR x2 & 2-point ELR x1(Rear)
Dual SRS airbags (RS only)
Ultra Seat
Paddleshift (RS A/T only)
Bodykit (RS only)

Ulasan:
Honda Jazz generasi kedua ini juga salah 1 mobil yang cukup unik buatan pabrikan berlogo "H" ini. Pertama, ia praktis, kabin lapang, tapi tidak mengorbankan kelegaan bagasinya, berbeda dengan salah 1 kompetitornya, yang memiliki legroom lebih lapang namun mengorbankan kapasitas bagasi. Kedua, tentu mesinnya yang SOHC namun memiliki output terbesar dibanding para rivalnya yang sudah DOHC menjadi pertanyaan besar. Ketiga, tentu gearbox 5AT, 1 1nya di kelasnya, dimana rival2nya masih menggunakan 4AT. Keempat, tentu paddleshift ala F1 (RS A/T). Kelima, kepraktisan baris keduanya yang bisa dilipat rata dengan lantai.

Berbeda dengan generasi pertama yang memiliki 2 pilihan mesin yaitu VTEC dan i-DSI, generasi kedua ini hanya memiliki 1 pilihan mesin, i-VTEC SOHC, yang tenaganya lebih besar 10 bhp dibanding jazz VTEC lama namun tetap efisien, meskipun tidak se efisien i-DSI. Dan, New Jazz(GE8) di Indonesia dipasarkan dalam 2 trim, S dan RS bertransmisi 5MT dan 5AT. Dimana tipe S merupakan base trim, sedangkan RS merupakan spek terlengkap dengan fitur melimpah seperti dual airbag, pelek 16", bodykit sporty, paddleshift di balik kemudi,dan fitur2 lainnya.

Akselerasinya memang dirasa kurang untuk stop-and-go dalam kota. Namun jangan ditanya performanya ketika sudah memasuki jalan bebas hambatan, 120 kph pun diraih dalam waktu singkat, ditambah konstruksi body yang rigid dan suspensi keras cukup menyumbang poin lebih dalam kestabilannya, meskipun berdampak pada kurang nyamannya bantingan di jalan bergelombang. Performanya pun tidak mengorbankan efisiensi, terbukti ketika melaju 80 kph secara konstan di jalan bebas hambatan, MID menunjukkan angka 19 kpl, sedangkan di dalam kota, 11 kpl.


Positif:
- Performa pada putaran atas
- Efisiensi
- Kepraktisan
- Handling
- Kelegaan kabin
- Desain eksterior

Negatif:
- Performa pada putaran bawah
- Bantingan keras
- Wajib RON92 keatas isi RON88 langsung tenaga drop


Ringkasan:

Mobil ini cukup baik untuk anda yang membutuhkan kendaraan untuk beraktivitas sehari - hari, new Jazz adalah pilihan tepat untuk anda yang membutuhkan kepraktisan, efisiensi, dan performa dalam 1 paket.

Pendapat pribadi (subjective):

Jika memungkinkan, ambillah trim RS, fitur lebih lengkap dan tampilan luar lebih sporty. Namun saran saya, jika memungkinkan, carilah unit bekasnya, sudah banyak gerai mobkas yang menawarkan new Jazz trim RS, dan tidak sedikit pula yang KM-nya masih rendah, karena menilik harga barunya sekarang (MY 2010) yang cukup tinggi, 212juta (RS M/T) dan 222juta (RS A/T).

Tambahan :

Honda Jazz merupakan mobil yang cukup mudah didandani, dengan sedikit sentuhan saja, tampilan mobil ini memikat setiap orang yang melihatnya.

Untuk kaki-kaki, saran saya gunakan pelek 17" dengan pilihan ban 205/45/R17 masih cukup nyaman untuk harian.

Tidak puas dengan mesinnya? Di pasaran sudah banyak parts pendongkrak performa, piggyback, exhaust manifold, header, air filter, dll dari berbagai merek.

Untuk anda yang kurang puas dengan tampilan luar standarnya, opsi bodykit pun sudah banyak. Tinggal sesuaikan selera anda, bodykit labelan mugen,modulo,Jsracing,spoon,noblesse,dll siap membuat new Jazz anda lebih eye-catchy di jalanan.

0 komentar:

Posting Komentar