Minggu, 12 Agustus 2012

Kia Carnival/Sedona

Merk: Kia Carnival/Sedona
Model: Multi Purpose Vehicle (Kendaraan Multi-Guna)
Transmisi: Automatic 4 speed/ Manual 5 speed
Tahun Pembuatan: 1998-2001 (Generasi Pertama)
Harga Baru (pada saat punya/tes):
discontinued utk pasar Indonesia, utk pasar Australia, Eropa dan Amerika AUD$52,000 (Versi Termewah Platinum LWB)
Harga Second (pada saat penulisan ulasan):
utk pasaran indonesia --> 75-89jt (Diesel) dan 60-75jt (Bensin)
ane dapet ngebungkus 87jt

Spesifikasi Kendaraan: (KHUSUS Model Produksi tahun 2000)
MESIN
BENSIN-> KV6, DOHC 2500cc V6, 162 HP, 222 Nm, FWD
DIESEL-> J3, DOHC 3000cc 4 silinder segaris, Turbo konvensional+Intercooler, 125HP, 338Nm, FWD

STANDAR EMISI: BENSIN-> EURO 2, DIESEL-> EURO 2

DIMENSI-> Panjang 4.89m, lebar 1.9m, tinggi 1.73m, wheelbase 2.905m
KAPASITAS TANKI-> 75 liter
RADIUS PUTAR-> 13 meter

BERAT KERING: BENSIN-> 1761Kg, DIESEL-> 1890 Kg

KONSUMSI BBM (km/liter):
(Klaim Pabrik)
BENSIN-> 6.5 (Dalam Kota), 11.2 (Extra Urban), 8.8 (kombinasi)
DIESEL-> 8.1 (Dalam Kota), 13.9 (Extra Urban), 11 (kombinasi)
(Uji Simulasi Profesional)
BENSIN-> 9-11 (extra-urban), 6-8 (dalam kota), 9-11 (jalan tol bebas hambatan), 8.5(rata-rata kombinasi)
DIESEL-> 14-17 (extra-urban), 8-10 (dalam kota), 13-16 (jalan tol bebas hambatan), 11.9 (rata-rata kombinasi)

AKSELERASI 0-100km/jam:
(Klaim Pabrik)
BENSIN-> 13.8 detik
DIESEL-> 19 detik
(Uji Simulasi Profesional)
BENSIN-> 11 detik
DIESEL-> 14 detik

TOP SPEED km/jam:
(Klaim Pabrik)
BENSIN-> 185 km/jam
DIESEL-> 167km/jam
(Uji Simulasi Profesional)
BENSIN-> 188 km/jam
DIESEL-> 170km/jam

Beban Derek Maksimum: 2000 Kg

FITUR:
ABS, 2xSRS Air Bag, Sliding Door, Sunroof dan jendela belakang yg diatur secara elektris, Captain Seat, Kursi Supir Eletric
6(model 7 seat)/8(model 8 seat) dudukan botol minum, Double Din head unit dgn kontrol stir, Auto Cruise Control, Jok Kulit
Wood dashboard trim, kaca Spion elektrik, Stir kemudi adjustable (bisa diatur tinggi rendahnya), Central Lock, Power Window,
Child Lock Door safety, Auto Lock Seat beat with pretensioner, Velg Alloy 15", Ban Semi Radial/Dueller,
Cornering Lamp (lampu utk menerangi sudut ketika sen dinyalakan), Anti Fog utk jendela dan Spion, Penghangat Kursi,
Dual Zone Climate Control, adjustable wiper timing, 8 AC blower (4 depan+2 tengah+2 belakang)

Note*: beberapa fitur diatas mungkin saja tidak terdapat pada tipe versi manual dan beberapa tipe versi automatis.

Ulasan:
Mobil ini di desain dengan visi kendaraan keluarga serba guna utk pelesiran dan jarak jauh dengan harga terjangkau. menjadi model terlaris di pasar Australia dan kanada.
Kabinnya yg lapang menjadi keunggulan yg dicintai oleh orang orang yg mengutamakan kenyamanan keluarga. benar benar mobil keluarga yg nyaman, kaya fitur, dan dengan harga terjangkau sehingga mobil ini kerap disebut sebagau the best value familiy car.

Positif:
-. Lega, edan lah, lega+mewah+ imej eksklusif+ kaya fitur + TERJANGKAU
-. Irit, jika dikompare dgn Kapasitas mesin dan beban badan(versi DIESEL) maka pencapaian FC-nya tergolong hemat
-. murah tapi GAK MURAHAN
-. AC-nya dingin mampus, 4 blower mati aja masih tetep dingin
-. sparepart alternatif dari mobil lain dan part kw udah mulai banyak
-. Torsi dahsyat (Diesel, RPM 2000 bisa dapet 100Km/jam asal bener ngurutnya)
-. copotin aja kursi tengah ama belakang, trus taroh air bed deh \
-. Mobil orang teguh hati, sekali maju pantang muter balik (habis mo muter balik ribet, radius putar gede) :
-. mobil orang beriman, karena selalu memilih jalan yg lurus (alias gak bisa belok patah, soale dia FWD) :
-. Banyak sedekah karena setiap perempatan/parkiran pasti rajin ngasih.
-. Sensitif dan dipastikan Indera ke-6 agan makin terasah, karena sering bawa mobil gede dan panjang

Negatif:
-. imej mobil boros, penyakitan, dan gendut (dulu pertama kali masuk ke Indonesia belum didukung dgn edukasi konsumen yg baik dan ketersediaan tenaga yg handal)
-. Versi bensin bermasalah dgn packing-nya, tetapi bisa di upgrade dgn packing Sedona.
-. Versi diesel rentan di timing belt-nya, tetapi dgn pemakaian dan perawatan yg telaten jarang bikin kasus.
-. versi bensin rada boros kalo kaki kanan gak disekolahin (ada rekor 1:3 carnival bensin rute jakarta - bandung via subang ciater tangkuban perahu, versi balap pantura gass poll)
-. Kudu telaten dan hati hati kalo nyari yg matic, soale kalo pemilik sebelumnya teledor, ya tau sendiri lah resikonya mobil matik.
-. Ngabisin duit gara gara keluarga nagih jalan jalan mulu tiap akhir pekan
-. kaki kaki depan cepet aus kalo asal makenya, karena dia penggerak roda depan sehingga beban yg diterima makin edan

Ringkasan:
Mobil utk yg sayang dan senang memanjakan keluarga. hanya orang yg teguh hati dan iman yg bisa ngerawat mobil ini, karena kalau gak pedulian (at least mau belajar ngerawat biarpun tadinya ogah ogahan) bisa cepet rusak apalagi kalo makenya disamain kayak make angkot. soale sekali rusak parah 25jt aja gak cukup buat benerin sektor mesin yg amburadul cuma gara gara teledor ngecek radiator ama gak tahu cara nambahin aer radiator (true story, tapi bukan ane lho)

Pendapat pribadi (subjective):
waktu pertama kali lihat ini mobil di showroom, kesannya mewah, eksklusif, dan nyaman. ketika kami test drive, emang bener bener dah aje gile nyamannya. lewat polisi tidur serasa pake air suspension. akhirnya segeralah ditebus dari showroom mobil seken tersebut. seminggu setelah ditebus, tes ajak jalan jalan keluarga weekend sabtu-minggu bekasi-cipularang-bandung-tangkuban perahu-wanayasa-purwakarta-cikampek-bekasi. hasilnnya keluarga puas, dan akhirnya selama sebulan pertama itu tiap minggu jalan ke luar kota abis deh duit jatah buat general check-up mobilnya

sekali itu ane pernah niatin buat uji konsumis bahan bakar, dan hasilnya adalah, eng ing engg., 1:13 ., padahal cuma pake BioSolar ajah. detailnya ada disini.
Test Konsumsi BBM Kia Carnival

alhamdulillah sudah hampir setengah tahun make ini mobil belum ada keluhan yg parah, dan belum keluar duit banyak selain buat betulin kompresor AC setelah 4 bulan pakai, habis 700rb

kebetulan ada komuniatas trit-nya jg di kaskus. Carnival Sedona Owener Club at KasKus
tapi yg paling aktif sih di milis., carnival-sedona-indonesia@yahoogroups.com

Sumber referensi spek carnival tahun 2000

NOTE: terkadang kita ambigu dgn nama Carnival/Sedona. manakah yg disebut CARNIVAL, manakah yg disebut SEDONA. sebenarnya itu hanya soal penamaan utk pangsa pasarnya. di beberapa wilayah eropa dan Asia model terbaru memakai nama Carnival, sedang di Amerika utara dan Australia menggunakan nama SEDONA.

model awal di Indonesia semua bernama Carnival, hingga masuk model transisi yg disebut Carnival II dgn ciri bagian depan yg mirip dgn SEDONA. sedang mulai tahun 2002 hingga pemasaran dihentikan (khusus Indonesia, tapi perakitan utk wilayah lain tetap ada), Carnival sudah tidak ada lagi, digantikan dgn merk SEDONA sbg strategi marketing utk menutupi image Carnival yg sudah kadung bermasalah diawal awal kiprahnya. SEDONA adalah versi perbaikan dari masalah masalah yg sering terjadi pada Carnival namun menjadi downgrade dgn tiadanya beberapa fitur dari carnival seperti sunroof. tetapi sudah memiliki rating keselamatan bintang 5

UPDATE: seri terbaru dari Carnival/Sedona sejak 2006 sudah dilengkapi dgn mesin bensin v6 2700cc, 3500cc dan 3800cc, serta diesel 3000cc Turbo VGT +intercooler+commonrail dimana sama sama memiliki torsi 434Nm namun versi bensin 3500cc keatas memiliki daya kuda 280 HP++ dan diesel 186 HP.
ditambah dengan 2 seri, sasis panjang dan sasis pendek serta fitur tambahan berupa pintu sliding dan pintu belakang yg digerakkan secara elektris.

Spoiler for Informasi WAJIB UTK yg berminat dgn Carnival / Sedona :

0 komentar:

Poskan Komentar