Senin, 27 Agustus 2012

Nissan March XS 2010

Merk: Nissan
Model: All-New March (K13) tipe XS
Transmisi: 5MT / 4AT
Tahun Pembuatan: 2010
Harga Baru (pada saat punya/tes): 138,8jt - 158,8jt (OTR JKT)
Harga Second (pada saat penulisan ulasan): Not Available

Spesifikasi Kendaraan:
HR12DE 3-Cyl DOHC, 80bhp, 106Nm, Digital AC*, ABS*, Single Airbag*, Nismo Muffler**, Nismo Shock & Spring kit**
* = tipe XS A/T
** = tipe NISMO Special Edition

Ulasan:
City Car terbaru keluaran Nissan ini mengusung tagline "Makes City Life Easier", bagaimana mobil yang punya nama lain "Micra" di belahan dunia lain membuat "city life easier"? Mari kita ulas.

Sekilas bentuknya terkesan lucu dengan aksen membulat di beberapa bagian. Sama sekali tidak terkesan agresif seperti rival-rivalnya, Splash/Spark. Bahkan, tampilannya sekilas mirip Toyota Yaris yang desainnya "dikalemkan" sedikit.

Interiornya terkesan biasa saja, yang terlihat modern hanya tombol AC digital, dan aksen warna silver di setirnya (tipe XS) memberi kesan elegan sekaligus sporty. Kabinnya sendiri lapang, posisi duduk cukup nyaman, joknya empuk. Bagasi besar, bahkan lebih besar dari Toyota Yaris / Suzuki Swift.

Menjajal performa mesinnya, ia biasa-biasa saja. FYI, unit tes yang saya test adalah tipe XS A/T. Tidak terlalu galak di putaran bawah, bahkan untuk mencapai 60 kph saja agak berat. Yah, apa boleh dikata, namanya mesin 3-silinder, 1200cc, jangan berharap banyak pada performanya. Sementara itu, kekurangan di sektor performa mampu diimbangi dengan konsumsi BBM yang cukup irit.

Kenyamanannya tidak diragukan lagi. Sangat nyaman untuk mobil dengan harga <150juta. Jok empuk, bantingan lembut, hanya konsekuensinya di handling yang sedikit acakadut, meski boleh dibilang cukup baik. Mungkin faktor jalanan yang licin, karena saat pengetesan sedang hujan. Hanya saja, kekurangannya di akustik kabin yang cukup mengganggu.

Value for money? SANGAT. Dengan harga 138,8juta, tepatnya lebih murah dibanding Splash dan Spark. Top of the line dihargai 158,8juta, dengan kelengkapan AC digital, rem ABS, dan kelengkapan keamanan standar seperti single airbag. Sementara itu, ada edisi khusus NISMO, untuk para penggila kecepatan.

Singkatnya, March memberi anda segala sesuatu yang melebihi harganya dan ekspektasi anda. Benar-benar "Makes City Life Easier", bahkan dimensi kompak membuat anda tidak perlu adu mulut dengan tukang parkir yang menjengkelkan.

Positif:
+ Nyaman
+ Kabin lapang
+ Irit
+ Dimensi kompak
+ Bagasi besar
+ Value for money
+ Fitur canggih di kelasnya (tipe XS)
+ Ada varian A/T (rival-rivalnya hanya punya varian M/T)
+ Kemudi ringan
+ Sudah dilengkapi tailgate spoiler & 3rd stoplamp sebagai standar

Negatif:
- Performa mesin
- Letak tuas transmisi terlalu kebawah, kurang nyaman untuk pengemudi dengan tinggi >170cm.
- Akustik kabin
- Desain bukan selera kebanyakan
- Agak limbung
- Finishing interior agak kasar

Ringkasan:
March cukup baik untuk digunakan beraktivitas di jalanan kota yang padat. Konsumsi BBM yang irit, hembusan AC yang dingin, jok yang nyaman, semuanya melebihi setiap rupiah yang keluar dari dompet anda. Saya rasa mobil ini lebih cocok untuk kaum hawa, yang cenderung kalem dalam mengemudi.

Pendapat pribadi (subjective):
Jika budget berlebih, March tipe XS A/T menjadi pilihan yang cukup tepat, karena fitur-fiturnya cukup canggih, dan sudah dilengkapi perangkat keamanan pasif. Sementara untuk anda pecinta kecepatan tapi tidak mengesampingkan efisiensi, March M/T NISMO sangatlah cocok untuk anda.

0 komentar:

Posting Komentar