Selasa, 10 Juli 2012

BMW E34 M5 1991

Merk: BMW
Model: M5
Body type : E34 (ECE/GB) Stir kanan
Engine type : S38B36
Transmisi: Manual 5 percepatan
Tahun Pembuatan: 1991
Harga Baru: ?? (Belinya second, ex Kedutaan)
Harga Second: Rp 100-125jt

Spesifikasi Kendaraan:
BMW M Power S38B36 Engine 3535cc, 311BHP@6900RPM/360NM@4750RPM, Multi-throttle valve intake, PW, PS, ABS, 2 airbag, sport-self-leveling suspension.

Ulasan:
BMW M-Series 5 (M=Motorsport)E34 S38B36 didesain khusus bagi penggila pacu adrenalin pada jamannya(diproduksi hanya sekitar 580 unit stir kiri dan kurang dari 160 unit stir kanan). Untuk memuaskan pemiliknya mesin M5 ini dikembangkan sebagai penyempurnaan design mesin BMW M1 (M88-6Cyl) yang kesohor menjadi S38-6Cyl yang menjadi cikal bakal Mesin2 6Cyl Motorsport berikutnya(M3 E36~E46). BMW Motorsport Division GMBH sengaja mendisain M5 dengan sensasi Mobil Sport namun mewah bagi pengendaranya. Suara dan getaran mesin bertenaga besar ini sengaja dibiarkan merasuki kabin, kopling dengan sensasi balap(quick-engaging); kemudi yang tidak terlalu ringan namun presisi dan responsive serta hentakan tenaga mesin diatas 2500 RPM akan memanjakan penggila adrenalin kelas atas yang mau tampil elegan.

Handling dan steering respons yang presisi dan tanpa kompromi layaknya mobil balap. Mobil ini memberikan suspensi yang terbilang nyaman seperti mobil mewah namun akan menyiksa penumpang jika melalui Bump(polisi tidur) karena ground-clearance yang sangat rendah. Rem piringan besar dengan Caliper berdiameter besar +ABS merupakan inovasi besar pasa masanya, memberikan pengereman yang memadai untuk mengimbangi tenaga mesinnya.


Tenaga yang dimiliki nggak tanggung2, akselerasinya berani diadu dengan mesin V8 lain berkapasitas s/d 5L, momen puntir yang dahsyat memberikan sensasi tersendiri bagi pengemudi/penumpang yang terbenam ke-jok saat berakselerasi, 0~100Km/jam dicapai hanya dalam 6,5detik. Top speed sesuai limiter aslinya 250km/jam(pernah di-test di-Jagorawi) dengan uprade ECU kini menjadi 270+KM/jam(belum berani nyoba). Konsumsi BBM Oktan 91+ relatif bersahabat 1L:9Km untuk luar kota tapi untuk stop-n-go dalam kota akan anjlok jadi 1:6 atau kalau macet lebih parah lagi.



Interior(jok sampai plafond) dibalut kulit asli dengan satu opsi warna(hitam) bernuansa gahar namun nyaman. Penerapan Onboard-Computer; Electric-Seat-adjustment dengan 3 memori setting bagi pengemudi berbeda, Power-side-mirror/window/ sunroof dan rear A/C port bagi penumpang belakang memberikan kemewahan diatas semua BMW 5-Series(E34) atau setara dengan kelas BMW 740~750(E38). Sayangnya bangku belakang M5 ini hanya dapat diduduki oleh 2 penumpang karena ditengahnya sengaja diisi console box pada jok dan Cooler-box pada sandarannya.

Dengan karakter sport namun mewah (Sport-Premium) yang menyajikan tenaga ekstrim dan handling tanpa kompromi menjadikan M5 sebagai mobil dengan kelas tersendiri yang menjadi benchmark bagi pengila adrenalin berkantung tebal era 90-an yang sulit ditandingi Mobil Sport-Premium merek apapun.

Aspek positif:
- Mewah namun Low-Profile(tampak hamper sama dgn seri 5 E34 lain)
- Handling yang akurat
- Tenaga mesin Dahsyat
- Kualitas Premium ala BMW
- Body trim dan panel eksterior mudah didapat( sama dgn E34 lain)
- Memberi sensasi Sport sejati serta sangat eksklusif (di-Indonesia cuma ada belasan unit)

Aspek Negatif:
- Perawatan Mesin dan Suspensi njelimet
- Spareparts tertentu harus inden karena jarang yang order
- Tidak cocok dikemudikan supir
- Tidak didesign untuk stop-n-go traffic(bensin jadi boros)
- Sayang untuk dipakai sebagai mobil harian dalam kota (Cuma jadi mobil koleksi)

Opini Pribadi :
Mobil Luar-biasa ini bukan untuk orang yang sekedar bisa membelinya, pemahaman teknis dan karakter yang dimiliki mobil ini akan jadi pendukung yang menyatukan Kendaraan dan Pengendaranya dalam segala situasi terutama pada kecepatan diatas rata-rata atau saat jarum RPM menyentuh red-line dan menikmatinya sebagai suatu sensasi yang lain dari sekedar mengemudikan mobil biasa, semuanya dibalut dalam teknologi yang presisi dan kemewahan yang juga tanpa kompromi. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

0 komentar:

Posting Komentar