Minggu, 22 Juli 2012

Daihatsu Xenia Li VVT-i Deluxe 2010

Merk: Daihatsu
Model: Xenia Li VVT-I Deluxe+
Transmisi: Manual 5 speed
Tahun Pembuatan: 2010
Harga Baru (pada saat punya/tes): Rp 140,500,000 (OTR Samarinda)
Harga Second (pada saat penulisan ulasan): -

Spesifikasi Kendaraan:
- Engine 1000 cc 3 cyl DOHC VVT-I
- Manual transmission 5 speed
- Velg alluminium alloy 13"
- Ban Bridgestone 165/80-13

Ulasan:
Mobil ini saya beli bulan Juli 2010. Impresi pertama melihat tampilannya, cukup mewah untuk ukuran mobil 'murah'. Eksteriornya sudah terdapat fog lamp, velg racing 13", spion dengan sein, dan sensor parkir 4 titik. Interiornya cukup baik dengan warna khaki yang elegan. Sayang belum terdapat console box didepan. Bonus karpet model beludru, yang memberikan kesan mewah. Juga bonus sarung jok, dan kaca film.
Untuk performanya, engine 1000 cc 3 cyl DOHC VVT-I cukup baik. Akselerasinya cukup responsif. Power yang dihasilkan pun terasa cukup untuk penggunaan dalam kota maupun jarak jauh. Konsumsi BBM (saya menggunakan pertamax) cukup hemat. Meskipun untuk top speed saya rasa masih kurang, karena untuk mencapai 120 km/jam saja butuh waktu lumayan, mungkin memang harus menyadari kapasitas mesin yang kecil. Performa suspensi boleh dibilang cukup baik. Redaman di jalan keriting masih enak, mungkin kalau diameter velg dan ban sedikit diperbesar akan lebih enak lagi. Dalam bermanuver juga masih lumayan, meskipun tidak bisa diharap untuk bermanuver pada kecepatan tinggi. Saya rasa bisa ditingkatkan dengan penggunaan stabilizer maupun strut bar.

Positif:
- Bonus yang diberikan lumayan menarik (karpet dasar dan karpet beludru, kaca film, sarung jok)
- Velg sudah racing
- Sensor parkir
- Akselerasi cukup responsif

Negatif:
- Tidak ada console box didepan (antara jok pengemudi)
- Tidak ada spoiler (padahal ini poin penting yang mendongkrak tampilan, saya pasang spoiler sendiri)
- Diameter velg kecil

Ringkasan:
Dengan harga yang relatif terjangkau, Xenia Li 2010 memberikan nilai yang cukup sebanding. Untuk keluarga kecil maupun anak muda mobil ini cukup lah mewakili kenyamanan dan cukup trendy. Meskipun masih ada kekurangan-kekurangan saya rasa tidak masalah. Bagi saya, cukup puas dengan apa yang saya dapat di mobil ini. Jadi saya menyimpulkan,
- Harga --> 7
- Eksterior --> 7,5
- Interior --> 7
- Performa --> 7,5
- Konsumsi BBM --> 7,5

0 komentar:

Posting Komentar