Rabu, 18 Juli 2012

Daihatsu Terios

Merk: Daihatsu
Model: Terios 1.5
Transmisi:5 percepatan manual, 4 percepatan otomatis
Tahun Pembuatan: 2006
Harga Baru (pada saat punya/tes): +/- 150 juta(M/T), 165 juta(A/T) CMIIW
Harga Second (pada saat penulisan ulasan): +/- 134 juta(M/T), 159 juta(A/T) CMIIW

Spesifikasi Kendaraan:
4 Silinder, 1495cc(+/-109bhp), 3SZ-VE DOHC VVT-i, Torsi: 145 nm pada 4.000 rpm.
Suspensi; depan: McPherson strut dengan Stabilizers, belakang: rigid axle with coil springs
Rem: ventilated disk brake dengan booster (rem depan) dan drum brake, leading, dan trailing (rem belakang)

Ulasan:

Daihatsu Terios Merupakan SUV yang diproduksi secara bersaman dengan Toyota Rush, mesin yang digunakan pun sama, perbedaan terletak pada sitem pengereman, Toyota Rush selangkah terdepan dengan antilock braking system (ABS) dan electronic brake-force distribution (EBD). Namun tidak perlu khawatir karena sistem pengeremannya cukup teruji dengan ventilated disk brake dengan booster (rem depan) dan drum brake, leading, dan trailing (rem belakang), cukup memberikan kesan yang aman bagi pengemudi.

Terios muncul sebagai SUV berpenumpang maksimal 7 orang, menjadikannya SUV yang berpenumpang cukup banyak dengan desain body yang mini. Namun desain kabin yang memuat hingga 7 penumpang harus mengorbankan penumpang pada jok baris ketiga karena space yang diberikan tergolong sempit.

Daihatsu Terios yang mengusung model SUV ini, tergolong mini dikalangannya dibanding dengan SUV lainnya yang mempunyai badan lebih gagah seperti layaknya Honda New CRV, Toyota Fortuner, Ford Everest maupun Nissan X-Trail.

Daihatsu Terios bertransmisi manual lebih murah sekitar 15 jutaan dibandingkan dengan Terios yang dibekali transmisi otomatis, namun dari segi harga SUV bertransmisi otomatis Daihatsu Terrios memang pilihan terdepan karena harganya yang dipatok "hanya" sekitar 165 jutaan menjadi pilhan yang tepat diantara segelintir SUV sejenis yang berharga >200 jutaan.

Gejala body roll yang cukup besar pada kecepatan >100km/h(CMIIW) menjadi kelemahan untuk varian SUV mini ini. Namun body roll yang terjadi masih dalam batas toleransi.

Jika anda ingin berbagi pengalaman menjelajahi daerah-daerah dengan kontur jalan yang tak menentu bersama keluarga(versi 7 seaternya), maka SUV yang satu ini yang tak lain Daihatsu Terios versi 7 seater menjawab kebutuhan anda akan pengalaman bersama keluarga, harganya yang tergolong murah untuk varian SUV merupakan nilai plus yang lainnya.

Positif:

- Ground Clearance yang tinggi
- Handling yang baik
- Sparepart banyak
- Harga yang murah untuk varian SUV

Negatif:

- Interior yang biasa
- Body roll yang cukup besar
- minus ABS dan EBD
- untuk Terios 7 seater, kabin belakang terasa sempit, terutama di jok penumpang garis ketiga.
- akselerasi yang buruk
- Bantingan Sedikit Keras

Ringkasan:

Overall Terios merupakan SUV yang bisa mengangkut keluarga tercinta anda untuk berpetualang dengan kontur jalan yang tak menentu di Indonesia. Ground clearance yang cukup tinggi menjadikan SUV ini mampu melibas jalan-jalan dengan kontur yang tidak jelas.

Sparepart yang tergolong murah dan tersebar di seluruh penjuru Indonesia menjadikannya pilihan yang tepat bagi seseorang yang mendambakan akan kepraktisan dalam segi maintenance/perawatannya.

Pendapat pribadi (subjective):

Gejala body roll yang cukup besar terasa dikala saya mencoba melaju dengan kecepatan 120km/jam, walau semua itu masih dalam batas toleransi.
Body roll yang cukup besar yang terasa pada Terios, terjadi karena suspensinya yang tergolong empuk. Jika anda menginginkan Terios yang lebih stabil maka anda cukup membekali suspensi Terios dengan pemasangan strut bar dan juga pergantian sok breaker tipe gas yang diyakini dapat memberikan kestabilan pada Terios anda, namun konsekuensi dari pergantian sok breaker tipe gas adalah bantingan terasa sedikit lebih keras dari bantingan yang sebelumnya sudah terasa sedikit keras.

Dari segi Upgrade performa mesin anda dapat "menanamkan" busi tipe irridium atau pengaplikasian filter aftermarket karena Terios memiliki hambatan udara yang cenderung lebih rendah dari filter bawaan pabrik. Kenaikan tenaga yang dicapai dengan pengaplikasian atau "penanaman" kedua parts tadi memberikan tenaga yang cukup signifikan.

Dari segi harga, Daihatsu Terios unggul untuk varian SUV yang lainnya , yang rata-rata harganya kisaran +/- >200jutaan ke atas. Daihatsu Terios muncul dengan harga yang cukup bersahabat tentunya untuk ukuran orang Indonesia yang "hanya" 150jutaan

SUV mini ini tetap menjanjikan walau banyak kekurangan yang muncul. Terios merupakan SUV mini yang bisa beradaptasi dengan kemacetan yang khas ala Indonesia.

Bagi yang suka meboyong keluarga tercinta saat bepergian jauh, saya sarankan anda mengambil Terios 7 seater, berkapasitas 7 penumpang orang dewasa.

Perbedaan Trim TX dan TS:
TS :
•exterior
-multi reflector headlamp
-steel wheel
-material colour outer mirror&door handle
•driving comfort
-power window (for driver side only)
-single AC



TX (MT):
•exterior
-projector headlamp
-foglamp
-chrome front grill
-chrome outside door handle
-roof rail
-side step
-spare wheel cover+chrome ornament
-alloy wheel
-window black out

•interior:
-fabric ornament door trim
-chrome inside door handle&lock knob
-sun glasses holder
-vanity mirror with lamp (passengger side)
-seat back pocket (driver+passenger side)
-higher grade fabric material
-new 2nd row seat: sliding+one touch tumble

•driving comfort:
-double blower AC
-integrated 2 din cd with 6speakers
-rear wiper
-electric mirror
-intermittent front wiper

•safety:
-high mount stop lamp
-2nd row seatbelt
-key remind&headlight warning

versi web daihatsu:
Komparasi Terios TX dan TS

CMIIW kalau ulasan kurang berkenan. PM or send Visitor message to me.

0 komentar:

Poskan Komentar