Kamis, 26 Juli 2012

Honda City Type Z 2001


Merk: Honda
Model: SX-8 (Type Z)
Transmisi: Manual
Tahun Pembuatan: 2001
Harga Baru (pada saat punya/tes): 155 jt
Harga Second (pada saat penulisan ulasan): 85 jt

Spesifikasi Kendaraan:
Kompresi 9,5:1
Isi silinder 1493 cc
Diameter x Langkah 75 x 84,5
Daya maksimum (hp/rpm) 115/6800
Torsi maksimum (kgm/rpm) 14,2/4600

Gear ratio
1 3,230
2 1,909
3 1,250
4 0,937
5 0,771
R 3,153
Final 4,058

Rem
Depan Cakram berventilasi
Belakang Cakram

Suspensi
Depan Independent Mcpherson strut + stabilizer
Belakang Independent Mcpherson strut + stabilizer

Panjang lebar tinggi (mm) 4270 x 1690 x 1385
Jarak sumbu roda (mm) 2500
Berat kosong (kg) 980 (mt) 1000 (at)
Radius putar (m) 4,8
Ukuran ban 185/60 R14
Kapasitas tanki (ltr) 45


Ulasan: Pada masanya, mobil ini termasuk muahual dan ga masuk akal (istilah populernya sekarang: over price).. tahun 2003, harganya mencapai 175 jt tanpa bonus apapun, sedangkan di saat yang sama, New City i-Dsi keluar dengan harga 150 jt saja+bonus segambreng

Karena bentuknya yang relatif manis, pada awalnya, kebanyakan yang make malah Ibu-ibu. Seiring dengan waktu, ketika si Ibu naik kelas, si anak lelaki yang dapet gusuran mobil ini... dannnnnn... yes, it is rock!!!

Mobil ini bener-bener serigala berbulu domba. Tampangnya kalem cenderung sopan, diajak irit bisa, diajak ngacir juga bisa. dalam keadaan standard 180 km/jam bukan hal yang sulit dicapai, tapi di saat berbeda, dengan gaya mengemudi kalem, 1:12 dalam kota bisa juga kita peroleh dengan mudah. Satu2nya yg ga bisa dikerjain mobil ini adlaah irit dan kenceng di waktu bersamaan..

Positif:
Handling enak
fun to drive
mesin bandel
harga terjangkau bgt (sekarang)
spare part gampang diperoleh
kenceng bisa, irit bisa, terserah driver mau yg mana

Negatif:
Driving impression kaya sedan tahun 1990 an...
kaki-kaki sering bunyi (kenyamanan)
akuistk mobil agak kurang ok
tersendat-sendat di RPM rendah

Ringkasan: Menyesuikan dengan keganasan mesinnya, suspensi emang dibuat agak keras. So, wajar-wajar aja kerasnya

Tersendat-sendat di RPM rendah, meskipun doi VTEC, tapi SOHC. Orang-orang yang mengeluhkan ini, biasanya memiliki mobil DOHC sebelumnya, yang cenderung bertenaga dari RPM bawah. Tapiii, menangnya SOHC adalah enteng mencapai RPM tinggi, apalagi klo VTEC sudah bekerja di atas 4000an... siap2 merasakan tenaga yang ga habis2...

kaki2 berisik? kesalahan umum adalah berkutat di karet-karet stablizer, begitu ga mempan juga, shock breaker ganti.. dannn tetep bunyi... Ampe titik ini, teknisi yg ga mau pusing, tinggal ngomong "emang ini kelemahan City", peduli amat, yg penting karet+shock da laku kejual...

Sebenarnya solusinya mudah saja, check kaliper rem belakang. Ingat, rem belakang menggunakan cakram. Lakukan pengencangan, tips2nya banyak di tabloid dan web2 otomotif. Jgn coba2 cari City Z, ga bakal nemu, cari soal kaliper rem depan bunyi klotak-klotak... itu solusinya...

Pendapat pribadi (subjective): Ini mobil yang ga sengaja dibuat bagus. awalnya diproyeksi sebagai mobil murah Asia Tenggara, sebuah kecelakaan kecil di manufacture membuat mobil ini menjadi serigala berbulu domba... diajak arisan ayo, diajak terbang rendah ayo juga...

it is up to you bro... this car always gives its best to you... 

0 komentar:

Poskan Komentar