Senin, 30 Juli 2012

Honda Grand Civic 1990

Merk: Honda
Model: Grand Civic
Transmisi: MT
Tahun Pembuatan: 1990
Harga Baru (pada saat punya/tes): Lupa
Harga Second (pada saat penulisan ulasan): 35-40 jt

Spesifikasi Kendaraan:
Model year Sep 1989 - Aug 1991
Drive type FF
Frame type Sedan
Engine volume 1493 CC
Fuel tank capacity 45 L

ENGINE
Carburetor
Max power 91 hp
Max power RPM 6000 rpm
Max torque 12.1 kgm
Max torque RPM 4000 rpm
Engine type water cooling 4 cylinder horizontal range SOHC

1st gear ratio 2.705
2nd gear ratio 1.5
3rd gear ratio 0.972
4th fear ratio 0.738
Rear gear ratio 1.954
Compression ratio 9
Bore 75 mm
Stroke 85 mm

SUSPENSION
Front brake Disk
Rear brake Leading trailing drum brake
Front suspension double wishbone
Rear suspension double wishbone
Front wheels 175/70R13 82S
Rear wheels 175/70R13 82S
Wheels 175 / 70R13 82S
Aluminium wheel Standart

Ulasan:
Pertama keluar dengan model LX, dilanjutkan dengan istilah Grand Civic dengan beberapa minor change. Termasuk mobil "golongan pelit" pada jamannya, karena super irit, padahal masih mengandalkan karburator sebagai supply bahan bakar.

Civic generasi kedua ini bentuknya cukup "abadi", alias ga lekang dimakan jaman. Paling yang bikin "culun" velg 13" dan ban profil 70 nya. alternatif paling murah meriah sih ganti aja ama velg Civic Vti-S, model velg yang tajam dan kotak, cocok untuk body civic yang cenderung kotak.

Dilengkapi dengan spion elektrik, power window, dan tilt steering.

Jangan lupa, mobil ini masih pakai karburator, jadi kalau pagi, tips yang dulu sering saya gunakan, injak pedal gas 2 kali (ga perlu dalam2, setengah saja), tarik choke 3/4, starter. jreng! langusng hidup. tunggu ampe mesin mau mati, kembalikan choke ke posisi semula secara perlahan

Positif:
Irit untuk ukuran mobil karburator 1500cc
Spare part murahhhh, padahal made in Japan!
Suspensi double wishbone!
Duduk di dalam serasa mobil ga punya pilar "A"
fun to drive

Negatif:
Sudut-sudut mobil gampang berkarat
Driving impression tahun 90an

Ringkasan:
Suspensi double wishbone, boleh deh jadi pertimbangan klo milih mobil ini. Handling mantap tanpa mengurangi kenyamanan. Klo ada masalah ma kaki2, mending bawa ke bengkel spesialis Honda, klo bengkel umum ga ngerti, bisa setengah budeg bongkar kaki2nya.. bener engga, rusak iya...

Sudut-sudut gampang berkarat juga bikin gw bingung, punya dari baru dan ga pernah kena air asin dan banjir, tetep aja karat keluar, terutama di sudut2 pintu dan list2 kaca.

Mesin? hampir ga ada masalah, servis rutin, aman.

Pendapat pribadi (subjective):
T.O.P.

Posisi duduk membuat seakan-akan kita berada di hidung kendaraan! Klo kaca kendaraan bening, serasa kita mengemudikan akuarium. blind spot minim sekali!

Suspensi double wishbone, ini satu2nya model suspensi yang memberikan kenyamanan sekaligus handling. jadi, klo lo nyetir mobil ini, meskipun sensasinya nyetir mobil 90an, lo bakal ngerasain kaya nyetir mobil di atas rel! mulus, bahkan saat bermanuver sekalipun, seakan-akan rodanya maunya nempel terus ma aspal. Coba liat harga mobil yang pake system double wishbone sekarang, berapa harganya? 300 juta? salah! 400 juta ke atas... :

Berbahagialan elu yang masih megang mobil ini. cuman modal ganti velg, Grand Civic bisa masuk ke zona tampilan 2000an...  

0 komentar:

Posting Komentar