Senin, 16 Juli 2012

Daihatsu Taft 2002

Merk: Daihatsu
Model: Taft F73
Transmisi: Manual
Tahun Pembuatan: 2002
Harga Baru (pada saat punya/tes): Beli bekas di tahun 2009
Harga Second (pada saat penulisan ulasan): Tidak ada patokan pasti

Spesifikasi Kendaraan:
- Mesin diesel 2765 CC N/A indirect injection 4 silinder
- Tenaga maksimum 76 HP/3600 RPM
- Torsi maksimum 17 KGM/2200 RPM
- Transmisi manual 5 speed plus 4wd dengan rasio High/Low
- Kapasitas tangki BBM 60 liter

Ulasan:
Merupakan mobil yang sangat "alami dan jujur", karena walau tahunnya muda, dia lahir dengan kaca engkol dan sewaktu keluar dari pabrik hanya dapat central lock saja. Jadi AC dan Radio/Tape harus pasang sendiri. Untuk tipe F73 yang sudah memakai suspensi independen dengan batang torsi di depan dan rigid five link dengan per keong di belakang, kenyamanannya sedikit membaik ketimbang versi F70 nya yang masih memakai per daun. Saya katakan sedikit membaik karena masih bumpy khas mobil serbaguna. Yang jauh membaik adalah tingkat kestabilan saat melahap tikungan. Spesifikasi mesin di atas kertasnya memang terlihat kecil secara angka, tapi ketika digunakan di lapangan yang merupakan habitatnya, mobil ini cukup powerful, mampu menanjak dengan baik walau top speed nya tidak bisa tinggi. Kecepatan jelajah nyamannya adalah 80 km/h, maksimum speed yang masih ideal adalah 100 km/h, walau saya pernah memacunya hingga maksimum 135 km/h, tapi bentuk bodi kotak dan bibitnya sebagai kendaraan serbaguna sangat tidak pas untuk kecepatan ini, karena mesin sudah meraung-raung.

Positif:
Konsumsi BBM cukup hemat, bermain di rentang 1:8 untuk dalam kota dengan kemacetan hebat dan bisa meraih 1:13 untuk perjalanan luar kota. Mesin mudah dirawat dan mesin diesel primitifnya masih sanggup menelan solar kualitas rendah bahkan kualitas "busuk" sekalipun. Daya tahan mesinnya sangat tinggi sepanjang dirawat secara teratur sesuai jadwal periodik perawatannya. Didukung 4wd dengan rasio High dan Low, kemampuan jelajah semakin tinggi.

Negatif:
Mesin berisik, getaran tinggi, akselerasi lamban dan minim akomodasi kabin. Jok belakang masih face to face dan sempit untuk orang dewasa serta pastinya jadi tidak nyaman bagi penumpang belakang untuk perjalanan jauh.

Ringkasan:
Mobil yang cocok bagi mereka yang tinggal di daerah yang jalanannya kurang baik atau untuk pekerja proyek. Ideal karena perawatan rutin dan perbaikan ringan sangat bisa masuk kategori do it yourself.

Pendapat pribadi (subjective):
Saya cinta sekali dengan mobil ini karena kemudahan perawatannya dan tidak terlalu pilih-pilih kondisi jalan. Kemanapun saya pergi, jarang sekali sampai saya harus balik kanan grak. Dan yang paling penting tidak cengeng dan minim breakdown time selama dirawat dengan benar.

0 komentar:

Posting Komentar