Jumat, 20 Juli 2012

Daihatsu Xenia Xi 2011 AT

Merk: Daihatsu
Model: Xenia Xi Automatic
Transmisi: 4AT
Tahun Pembuatan: 2011
Harga Baru (pada saat punya/tes): 144-149juta
Harga Second (pada saat penulisan ulasan): 130juta

Spesifikasi Kendaraan:
K3-VE DOHC VVT-i 1.300cc, 92bhp, FR, PW, PS

Ulasan:
Pada tahun 2009 Daihatsu merilis varian terbaru dari small-MPV nya, yaitu tipe Xi Automatic, berbarengan dengan kemunculan varian terbaru dari saudaranya, Avanza 1.3G Automatic. Jika sebelumnya baik xenia maupun avanza 1300cc hanya tersedia varian manual, kini pilihan pun makin beragam, terutama bagi konsumen yang menginginkan mobil matic dengan harga bersahabat.

Dari eksterior, mobil ini terlihat kompak, dan desainnya pun terkesan seadanya. Sementara interiornya juga seadanya dengan material yang bisa dibilang cukup untuk mobil dengan harga segini.

Respon transmisinya lumayan responsif untuk ukuran 1300cc dan RWD, tarikan bawah cukup baik seperti rata-rata mobil perkotaan, tidak terasa seperti membawa mobil RWD.

Untuk handlingnya sendiri, jangan berharap banyak. Handlingnya tidak bisa dibilang baik untuk ukurannya, body-roll benar-benar terasa waktu bermanuver. Bantingannya pun keras, tipikal mobil pekerja.

Poin plus mobil ini ada di kepraktisannya, kabin cukup luas dan bagasi yang cukup besar. Cocok untuk membawa banyak barang.

Positif:
- Kepraktisan
- Tarikan bawah cukup responsif
- Tahan banting
- Banyak kesamaan parts dengan Toyota Avanza 1.3
- Jaringan aftersales

Negatif:
- Bodi tipis
- Handling buruk
- Posisi mengemudi kurang ergonomis
- Posisi kaki kiri kurang nyaman karena mentok di konsol tengah.
- Fitur safety minim
- Terbilang agak boros untuk ukuran 1300cc.

Ringkasan:
Mobil ini cocok untuk anda yang menginginkan MPV murah bertransmisi matic dengan harga terjangkau. Cocok juga untuk anda yang ingin membelikan mobil untuk istri anda yang hobi berbelanja.

Pendapat pribadi (subjective):
Xenia tipe Xi Automatic merupakan top of the line xenia saat ini. Jujur saja mobil ini terbilang "serba pas-pasan", namun jika kantong tipis, sementara anda sering mengangkut banyak orang dan barang bawaan, mobil ini cukup recommended.

0 komentar:

Posting Komentar