Kamis, 12 Juli 2012

BMW E23 728i

Merk: BMW
Model: 728i E23
Transmisi: Otomatis 3 Percepatan/ 4 Percepatan
Tahun Pembuatan: 1980
Harga Baru: Lupa
Harga Second: Mulai dari 22jt

Spesifikasi Kendaraan:
2800cc, RWD, ABS, PS, PW, Electric Seat, Sunroof, Self-Levelling Suspension (tergantung tahun), Vacuum Headlights.
184HP & 235Nm

Ulasan:
Pada awal tahun 1980an dominasi Mercedes di sektor mobil kelas atas tidak tergoyahkan. Pasaran luxury car pada saat itu sangat menguntungkan, dan BMW pun mencoba untuk mendobrak pasaran itu. Lahirlah BMW Seri 7.
Tidak tanggung-tanggung, BMW membuat mobil ini dengan semua teknologi yang mereka punyai, akhirnya mobil ini menjadi mobil termewah dan terkompleks yang BMW pernah bikin saat itu. Bahkan pada model 745i menggunakan Turbo dan untuk versi setir kanan mengambil mesin dari BMW M1.

Pada akhirnya Mercedes dan Jaguar menemukan lawan barunya yang ambisius. BMW seri 7 E23 cukup mengambil hati orang pada masa itu sebagai mobil ekslusif dari pabrikan mobil yang mengeluarkan mobil-mobil sporty, seri 7 ini pun bukan pengecualian, mesinnya yang bertenaga dan handling yang menakjubkan untuk mobil seberat dan sebesar itu membingungkan para pengendara pada masanya. Seri 7 pertama membuktikan bahwa mobil besar pun bisa kencang dan berbelok layaknya mobil yang lebih kecil.
Inilah awal dari seri 7, mobil tanpa kompromi dari pabrikan yang tidak pernah berkompromi.

Positif:
- Kelengkapan standar yang menakjubkan
- Tenaga mesin yang besar
- Interior yang luas
- Segala sesuatu serba elektris

Negatif:
- Tidak semua orang suka bentuk bodinya
- Image masih kalah dengan Mercedes ‘Eagle’
- Setir berat
- Suara angin sangat terdengar diatas kecepatan 120kmh

Ringkasan:
Mobil ini menunjukkan bahwa BMW bukan pabrikan yang main-main, dengan teknologi yang mutakhir (sistem rem tidak menggunakan booster, tetapi hidrolik) dan performa yang lebih dari cukup membuat seri 7 awal sebagai salah satu mobil terbaik di kelasnya.

Pendapat pribadi (subjective):
Dalam kondisi standar mesin seri 728i sudah cukup, namun menurut saya masih kurang pas karena bobot bodi yang berat. Cari yang 733i atau 735i. Jika ingin mencari mobil ini, perhatikan bahwa karat tidak ada, yang paling sering kena karat adalah bagian bawah pintu, dan turret (mounting) suspensi belakang dan depan.

Ini adalah salah satu mobil yang paling tidak bisa diam yang pernah saya bawa. Entah kenapa mobil ini baru benar-benar stabil dan terasa enak di kisaran 80-100kmh, dibawah itu agak menahan dan selalu ingin lari.
Mobil ini mempunyai masalah dengan suara angin, ini dikarenakan desain pilar A yang ada ‘open’ frame luarnya, gunanya frame ini hanya untuk estetika dan bisa diganti dengan yang ‘closed’.

0 komentar:

Posting Komentar