Kamis, 07 Juni 2012

Honda Accord Cielo

Merk: Honda
Model: Accord
Kode Bodi : CD
Transmisi: MT 5 speed / AT 4 Speed
Tahun Pembuatan: 1994-1999
Harga Baru (1994) : 93 jt
Harga Second : 60 - 70 jt-an

Fasilitas :
Radio/Tape Alpine Single DIN with CD Changer
Power Seat
Electric Folding Mirror
Front Spoiler Lip
Side Skirt
Rear Wing Spoiler (optional)
Rear Spoiler Lip
Dial-type Climate Control AC
Power steering
Power window
Master Door Lock


Mesin :

Kode mesin : F22A6
Tipe mesin : 4 in-line SOHC, 16 valves
Kapasitas : 2156 cc
Bore x Stroke : 85.0 × 95.0 mm
Kompresi : 8.8:1
Tenaga Maksimum : 140 hp @ 5600 rpm
Torsi Maksimum : 193 Nm @ 4500 rpm


Kode Mesin : F22B1
Tipe mesin : 4 in-line SOHC, 16 valves V-TEC
Kapasitas : 2156 cc
Bore x Stroke : 85.0 × 95.0 mm
Kompresi : 8.8:1
Tenaga Maksimum : 145 hp @ 5500 rpm
Torsi Maksimum : 199 Nm @ 4500 rpm

Dimensi (P x L x T) : 4714 mm x 1781 mm x 1400 mm
Wheelbase : 2715 mm
Bobot : 1295 kg
Ukuran Ban :
195/60 R15

Ulasan :
Setelah masa produksi Honda Accord Maestro berakhir pada 1993, maka PT Honda Prospect Motor (HPM) menggantinya dengan model yang berubah total. Generasi baru ini diluncurkan pada awal 1994.

Accord ini memiliki dimensi lebih besar dan desain lebih modern dari sebelumnya. Sehingga memberi ruang kabin lebih lapang dari sebelumnya dan tampilan yang menarik. selain itu, PT HPM pun mengubah nama Accord generasi kelima menjadi Cielo.

Ada beberapa kelengkapan baru yang hinggap di Cielo. Seperti Electric Folding Mirror, Audio dengan remote dan CD Changer. Tapi ada kelengkapan pada Maestro yang dihilangkan pada Cielo, seperti panel pengatur AC digital. Kabin Accord kini lebih senyap, mewah, serta banyak tempat penyimpanan.

Dengan bertambah besarnya dimensi, bobot Cielo baru juga bertambah. Untuk mengkompensasikan hal itu, mesin lamanya diupgrade pada ECU, intake manifold dan camshaft.

Dengan semua kelebihan yang dimilikinya, Cielo mampu menjadi salah satu pemain kuat di segmen medium sedan pada era 90-an

Timeline :
1994 : Accord Cielo pertama kali diluncurkan. Body lebih bongsor dan kokoh dibanding generasi Maestro. Memakai basis mesin yang sama seperti Maestro PGM-FI.
1996 : Terjadi perubahan terhadap eksterior Cielo. Pada bagian buritan, lampu belakang yang sebelumnya berbentuk segitiga, diganti dengan lampu yang berbentuk trapesium dengan desain putih-merah. Pada bagian wajah, Gril, yang sebelumnya berwarna sama dengan bodi, diubah menjadi chrome dengan 1 garis melintang. Lampu sein pada bumper pun turut diganti warnanya menjadi kuning, sebelum nya berwarna putih. Bumper depan-belakang pun turut direvisi menjadi lebih menonjol. Desain velg pun turut direvisi juga (dari palang 7 menjadi palang 5)

Ringkasan :
Kesan sporty lebih kental pada Accord generasi kelima ini. Apalagi basis bodinya juga digunakan untuk balap mobil turing di Jepang (JTCC). Tapi sayang, imagenya justru kurang kuat di pasaran (terutama yang pre-facelift). Di tahun ketiga produksinya di Indonesia (1996), Accord Cielo dilengkapi VTEC. Namun buat Anda yang mencari kenyamanan berkendara yang

mendekati kualitas Eropa, Accord ini adalah alternatif yang tepat

Positif :
- Lincah
- Sporty
- Desain long-lasting
- akselerasi mangstab
- tenaga mesin besar
- kualitas kabin bagus
- kabin luas
- jok nyaman
- fitur lengkap

Negatif :
- boros
- perawatan dan spare-part mahal

Saran Pribadi (Subjektif) :
Bagi anak muda dan yang berjiwa muda, Accord generasi ini adalah pilihan yang bijak. Menurut pengalaman saya memakai berbagai generasi mid-size sedan Honda ini, Cielo merupakan Accord yang terbaik yang dibuat oleh Honda.

1 komentar:

terima kasih atas informasinya..
semoga dapat bermanfaat bagi kita semua :) Jessica Iskandar

Posting Komentar