Sabtu, 02 Juni 2012

Suzuki Escudo 2.0 2001

Merk:
Suzuki Escudo 2.0

Model:
medium SUV 2WD

Transmisi:
manual 5 speed dan AT 4 speed

Tahun Pembuatan:
2001 - 2006
Harga Baru (pada saat punya/tes): 230-an kalo ga salah

Harga Second (pada saat penulisan ulasan):
100jt - 135jt

Spesifikasi Kendaraan:

2.0L 4 cyl in-line, 16 valve DOHC 128hp RWD

Ulasan:
Escudo 2.0 merupakan generasi ke-2 dari keluarga Suzuki Escudo/Vitara. Sejak 1992 Suzuki mengeluarkan SUV-nya berupa Vitara-Escudo-Sidekick, baru pada tahun 2001 pihak Suzuki mengeluarkan SUV yang benar2 baru (tidak sekedar minor change / facelift) dengan desain modern dan membulat.

Kini kabinnya lebih nyaman dan lebih luas dibanding model terdahulunya, ditambah dengan adanya mesin yang bertenaga besar plus exteriornya yang terlihat jauh lebih modern membuat SUV Suzuki ini sangat menjanjikan..
produk ini diposisikan sebagai medium SUV 4x2 di tanah air yang saat itu masih sedikit pemainnya.. pada awal beredarnya, SUV ini praktis hanya memiliki CRV dan Santa Fe sebagai lawan mainnya yang membuat penjualanannya lumayan baik. Akan tetapi, peluncuran CRV generasi ke-2, dan berdatangannya para kompeitor mulai dari X-Trail, Escape, Tribute membuat penjualanannya menjadi berkurang, dan produknya juga mulai dinilai ketinggalan dibanding para rival..

Mesin yang diusungnya-pun cukup bertenaga, tahan lama dengan perawatan yang mudah.. Sayang, transmisi otomatisnya masih ketinggalan zaman, membuat perpindahan gigi dan penyaluran tenaga mesin ke roda menjadi kurang efektif. Selain itu, konsumsi BBM-nya juga tergolong boros..

Ada beberapa perubahan yang dilakukan pihak Suzuki selama beredarnya Escudo generasi ini.. tahun 2002 Suzuki memperlengkapi produknya ini dengan ABS.. di tahun 2003, Suzuki melakukan perubahan di area interior dan kaki2 Escudo yang membuatnya semakin nyaman dan modern.. Untuk mnandingi para rivalnya, pihak Suzuki akhirnya mengganti Escudo ini menjadi Grand Vitara pada tahun 2006..

Positif:
- model oke
- mesin bandel
- tarikan lumayan oke
- perawatan murah dan mudah khas Suzuki
- jaringan bengkel tersebar luas
- posisi mengemudi enak
- kaki2 kuat

Negatif:
- lumayan boros (tapi saya dapat 1:10 di jalur kombinasi)
- bantingan keras di generasi awal

Ringkasan:
SUV tepat bagi anda yang memiliki budget 100jt-130jt.. Memiliki mesin yang tangguh dan mudah perawatannya dengan model eksterior yang keren.

Pendapat pribadi (subjective):
kalo menurut pendapat pribadi, SUV ini sangat worthed dibanding dengan harganya.. Perawatannya mudah dan mesinnya tangguh..
Untuk konsumsi BBM yang dibilang orang cukup boros, itu lebih tergantung kepada gaya mengemudinya saja.. rute tol- luar kota-dalam kota-macet-muatan barang full+5 orang penumpang, saya bisa dapat 1:10 dengan menggunakan premium dan transmisi manual...
kenyamanannya juga cukup memadai baik untuk luar kota maupun dalam kota dengan posisi nyetir yang menurut saya hampir 'sempurna'..

0 komentar:

Posting Komentar