Minggu, 03 Juni 2012

Toyota Corolla KE-20 1974

► Merk: Toyota
► Model: Corolla KE-20
► Transmisi: M/T
► Tahun Pembuatan: 1972-1974
► Harga Baru (pada saat punya/tes): N/A
► Harga Second (pada saat penulisan ulasan): 10-30jt tergantung kondisi
► Spesifikasi Kendaraan:
- 1166cc
- 4 silinder karburator
- 4 percepatan manual, 1 R
- RWD - Penggerak roda belakang
- AC - optional
- Non PS/PW


Ulasan
Merupakan generasi ke2 dari varian "Corolla" dengan mesin 4 silinder 1166cc karburator dengan kode KE-20. Termasuk dalam kategori small sedan, corolla KE-20 memiliki body yang ramping namun dengan plat body yang cukup tebal, khas mobil" jaman dahulu. Hadir dengan 2 varian, 4 door sedan & 2 door sedan, hanya saja yang masih banyak dijumpai dijalan adalah versi 4 door sedannya, sedang yang 2 door masuk dalam kategori mobil langka, bisa dihitung populasinya.

Mobil ini termasuk mobil yang luar biasa bandel, durability khas Toyota, dengan torsi yang termasuk badak untuk ukuran cc kecil. Berbicara soal handling, tidak bisa dibilang baik walau tidak jg termasuk dalam kategori buruk, karena mobil ini berpenggerak belakang jadi kurang lincah dalam melahap tikungan. Yang menyenangkan, walau kini berusia tua - 37 tahun, namun untuk urusan spareparts baik mesin maupun kaki" masih sangat mudah diperoleh, bahkan di kota" kecil sekalipun. Fitur, nope, dalam kondisi standar KE-20 bahkan tidak dilengkapi dengan AC, hanya blower yang tersedia untuk menyuguhkan angin sepoi" dalam kabin , AC (kalau tidak salah) dimasukkan dalam opsional pada waktu itu -1974. Top speed yang pernah saya capai dengan mobil ini - standart ting" berkisar 110km/jam. Bagi penggemar modifikasi, KE 20 merupakan "bahan" yang baik untuk dijadikan mobil drag/drift, banyak mesin yang bisa di swap tanpa perubahan berarti pada KE-20.


Positif
► Sparepart mudah & murah
► Perawatan super gampang
► Torsi tergolong badak walau cc kecil
► Kaki" yang tangguh, empuk

Negatif :
► Sudah termasuk dalam mobil tua, collector item
► Kabin tergolong sempit walau masih cukup nyaman untuk small sedan
► Kurang lincah di tikungan
► Fitur minim, iyalah 1974

Kesimpulan :

Toyota Corolla KE-20 merupakan mobil yang menyenangkan untuk dipelihara, terlebih bagi yang hobi dengan mobil" retro, atau bagi anda yang baru pertama kali memiliki mobil, mobil ini cocok sebagai bahan "coba coba" karena mesinnya yang simple, perawatan mudah, part murah, walau usianya sudah cukup "sepuh", 37 tahun. Nyaris tidak ada masalah berarti pada mobil ini, bagi anda yang suka modif, bolehlah dijadikan bahan untuk retroisme karena pada dasarnya mobil ini cukup cantik, menurut pendapat saya, dan jika dalam kondisi baik pasti menggoda setiap mata untuk meliriknya. Contohnya?Mobil saya sendiri yang sudah dimodif kecil"an , pamer dikit foto" si putih ah

0 komentar:

Posting Komentar