Selasa, 05 Juni 2012

Chevrolet Spark 2010

Merk: Chevrolet
Model: All-New Spark (a.k.a. Daewoo Matiz / Chevy Beat / All-Spark~nickname)
Transmisi: Transformatic (semi otomatis)
Tahun Pembuatan: 2010
Harga Baru (pada saat punya/tes): RP 147.500.000,- OTR JaBoDeTaBek
Harga Second (pada saat penulisan ulasan): n/a

Spesifikasi Kendaraan:

K-Car class, 1.2 liter engine LS-Tech II DOHC, 5 seater, M/T & Semi Auto Transmission (transformatic), max output 82 PS @6.400 RPM, max torque 108 Nm @4.800 rpm (sumber : http://otomotif.kompas.com/read/2010...interior.Maksi)

Ulasan:

produk baru dari GMDAT untuk pasar Indonesia menggantikan Spark/Matiz generasi sebelumnya, lebih kental nuansa desain eropanya juga dari segi fisik lebih besar dari Spark/Matiz sebelumnya.

dalam kelas K-Car, Chevy Spark/Beat langsung berhadapan dengan Suzuki Splash, Suzuki New-Karimun Estilo, Hyundai i10, Proton Savvy & Cherry QQ

Positif:

- bodi lebih besar dari generasi sebelumnya berefek menambah kelapangan kabin & bagasi
- mesin baru 1200cc lebih bertenaga & gak terkesan pas-pasan
- harga kompetitif, Rp 139 jt untuk transmisi manual & Rp 147 jt untuk transmisi semi otomatis
- familiar bagi penggemar film Transformer
- dasbor & panel instrumen atraktif

Negatif:

- dasbor panjang, terkesan seperti menyetir mobil era 70-80 dengan bonnet yang panjang (lebih kaya nyetir kapal)
- ukuran lingkar roda 14 inci kurang memberi feedback handling yang mantap
- imej Chevrolet masih kurang bagus
- jaringan dealer & bengkel resmi belum banyak dibanding kompetitor
- switch panel power window pada door trim depan kurang ergonomis karena bentuknya yang turun melandai & mungil.

Ringkasan:

Jawaban GMAWI selaku ATPM Chevrolet di Indonesia atas dirilisnya Suzuki Splash, secara umum desain keduanya sama-sama unik dengan ukuran yang bisa disebut bantet namun hasil desain tersebut menambah kelapangan kabin.

Pendapat pribadi (subjective):

untuk keseluruhan mobil ini nggak mengecewakan kecuali pada segi ukuran roda yang kurang "menggigit" aspal karena tapak ban yang sempit, tapi hal itu bisa diakali dengan mengganti ukuran yang lebih besar ~ lingkar roda 15 inci dengan tapak ban lebar dirasa cukup.

karakter mesin & FC juga beda tipis dibanding Suzuki Splash, berkisar antara 1:14 untuk rute kombinasi dengan BBM RON92.

karakter transmisi manual untuk gigi 1 - 2 lebih lemot dibanding Splash tapi karakter gigi 3 - 4 - 5 sama persis, untuk opsi transmisi semi-otomatisnya cukup bisa diandalkan untuk penggunaan dalam kota tapi sayang karakter akleserasi juga lemot kaya transmisi manual.

urusan jarak bodi ke tanah (Ground Clearance / GC) juga kalah tinggi dibanding Splash tapi klo keluar sedikit dana untuk ngoprek kaki-kaki untuk mengganti per dan / atau shock-abs. tentunya akan lebih memuaskan lagi.

3 komentar:

nice share. nice post. semoga bermanfaat bagi kita semua :)
keep update!
teknologi mobil


Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
keep update!Harga Yamaha YZF



Jangan berhenti untuk terus berkarya, semoga kesuksesan senantiasa menyertai kita semua.
keep update!Harga Yamaha YZF


Posting Komentar