Minggu, 23 September 2012

Toyota Kijang LGX 2000

Merk: Toyota
Model: Kijang LGX 1.8 series (7K engine)
Transmisi: M/T 5 speed, A/T 4 speed with Electronic Controlled Transmission (ECT)
Tahun Pembuatan: 1997-2000 (kapsul gen I), 2000-2002 (kapsul EFI), 2002-2004 (kapsul EFI minor change)
Harga Baru: EFI 2004 terakhir gw beli th 161kt kena diskon 6 jt karena gw ngembat penghabisan stok sebelom generasi Innova, kalo kapsul gen I perusahaan oom gw beli tahun 1998 sekitar 125jt.
Harga Second (pada saat penulisan ulasan): 88-100jt (LGX kapsul Gen I), 100-125jt (LGX kapsul EFI), 125jt-135jt (LGX kapsul EFI minor change)

Spesifikasi Kendaraan: 1800cc carburated or fuel-injected, RWD, PS, PW
Power: 72HP (karbu), 80HP (EFI)
konsumsi BBM (premium) : 1:6.5-8 dalkot (kapsul gen I), 1:7-8.5 (kapsul EFI)
1:9-11 lukot (kapsul gen I), 1:10-13 (kapsul EFI)
sekolah kaki premium: 1:8.5-9 dalkot (kapsul EFI), 1:8-8.5 (kapsul karbu), 1:13-14 lukot (kapsul EFI), 1:12-13 lukot (kapsul akrbu)
akselerasi 0-100 kpj : 14 detik (kapsul karbu gw dulu uda maen mesin ), 15 detik (kapsul EFI setandar pabrikan)
top speed: kalo GW YANG BAWA, baik yang karbu ama yg EFI c 2-2nya uda gw mentokin spido.na around 160 kpj.

Ulasan:

Setelah sepuluh tahun bertahan dengan rancangan generasi ketiga, Kijang meluncurkan model berikutnya dengan perubahan pada eksterior dan interiornya yang lebih aerodinamis. Model ini akrab dipanggil "Kijang Kapsul".

Mulai generasi keempat kijang ini, dominasi Jepang semakin besar. Kalau sebelumnya Toyota Astra Motor memanfaatkan perakitan bodi mobil banyak menggunakan karoseri. Pada generasi ini sudah dikatakan menyiratkan mobil yang sesungguhnya. Desainnya membulat seperti kapsul dan lebih aerodinamis dan menjadi loncatan desain pada masanya. Pada kijang yang dikenal sebagai kijang baru ini, Toyota mengeluarkan dua tipe mesin yakni Mesin bensin 1800cc (tipe 7K) seperti generasi-generasi sebelumnya.

Pada Kijang versi tahun 1997-2000, mesin bensin menggunakan karburator, baru pada akhir tahun 2000 tersedia mesin bensin dengan sistem injeksi elektronik, Electronic Fuel Injection(EFI). Dan terakhir pada generasi ini muncul New Kijang dengan merubah desain lampu dan seatbelt (sabuk pengaman) pada jok penumpang bagian tengah. Selebihnya hampir sama dengan sebelumnya.

Positif:
-Harga seken tinggi BANGET
-Perawatan SANGAT gampang
-sparepart MURAH dan BANYAK, dari kelas AUTO 2000 ampe kelas ANGKOT.
-Tampang simple dan ga neko neko
-kabin besar dan CUKUP lega
-muat banyak
-ketangguhan kaki kaki
-torsi BADAK buat ngangkut beban berat n nanjak nanjak
-material body mantabs dan kokoh
-bantingan suspensi CUKUP empuk ketimbang mitsu kuda, meski kagak seempuk Panther

Negatif:
-ga bisa dibawa kenceng, 120 kpj uda ngeden ngeden mesinnya, di Jagorawi paling mentok 150 kpj, kondisi diisi full 8 penumpang plus barang
-rasio gigi RAPET BANGET, 100 kpj RPM da mao 4000
-Incaran maling
-kualitas interior
-material interior
-NO safety feature
-fitur MINIM
-ring seher lemah

Ringkasan:
semua orang uda tahu ketangguhan, kemudahan sparepart, jaringan service, kelegaan kabin, dan RESALE VALUE ni mobil. jadi gw ga perlu banyak bicara. gw tinggal mengutarakan pendapat subjektif gw.

Pendapat pribadi (subjective):

nothin's special with this car. tenaga biasa aja. kenyamanan juga biasa aja, handling moderat, dan kesenyapan kabin pun seperti layaknya MPV pada jamannya. tapi ketangguhan ni mobil, kemudahan perawatan dan spare part.na yang tersebar sampai ke pelosok daerah dari kelas AUTO 2000 ampe KW5, dan torsi mesinnya saat menanjak sudah terkenal kemana mana, ALTHOUGH ni mobil sama sekali gak ada safety feature..

Kijang 7K lemah di ring seher. gw uda pelihara 3 generasi Kijang kapsul, 3-3nya kena di ring seher. masalah akan selesai jika ring seher.na diganti baru. padahal 3-3nya selalu dirawat di bengkel resmi, kalopun enggak, perawatannya akan sangat diperhatikan dan ganti oli ga perna telat. itupun olie.na pake Shell Helix HX5 15w-50. kalo gw tanya ke mekanik langganan gw dan kalo gw sharing ama temen" gw sesama pengguna Kijang 7K, rata" mobil mereka ngebul tipis dan makan oli setelah menempuh 150rb kilometer. dan hal itu juga terjadi di ToKi yang gw pake.

so far, worth c pelihara LGX, karena KEBOROSAN BBM.na yang SANGAT AMAT, terbayar ama kemudahan mendapat sparepart dan kemudahan service.na. kalopun uda bosen ato uda ga kuat ngempanin bensinnya tinggal dijual, paling lama 3 hari th mobil ngedon di rumah. asal buka harga.na bener aja yak.

buat yang mao pelihara Kijang 7K, saran aja, perhatikan RING SEHER.na. soal.na penyakit Kijang 7K sementara ini yang gw temukan setelah pake 3 generasi ni mobil dari 2002 ampe 2008 yaa cuma disitu aja.


tambahan dikit. kalo mao perawatan yang TOTALLY SIMPLE, ambil Kijang LGX yang angkatan 97-2000 awal. karena mesinnya masi pake karburator, jadi perawatannya sangat mudah dan murah, tapi kompensasinya yaa BBM.na yang SANGAT BOROS.

kalo mao kenyamanan dan tampilan elegant, ambil Kijang LGX yang minor change, a.k.a EFI Facelift. kalo bisa ambil yang warna gelap, such as Dark Blue Mica or Super Black, kalo enggak yaa Silver Grey pun okay karena basic.na uda dapet.
begitu ampe hum, langsung ganti velg yang cocok, coba pake 16" dengan ban 205/55 R16, masi nyaman dan ganteng diliat.
buat bagian depan, pasang grille Kijang Krista, berikut headlamp ESDEPO yg projector, pasangin HID 6000k buat headlamp dan foglamp. uda cukup eye-catching.
buat bagian belakang, copotin semua sticker.na, pasang muffler tip bawaan Avanza 1.5S berikut wiper belakangnya. lampu" belakangnya pake bawaan pabrik aja ga usa diubah ubah, uda keren abis.
buat bagian samping, kalo nemu body list yang khusus dibuat untuk Kijang LGX, akan lebi keren keliatannya.buat talang air, pake yang warna hitam polos aja, jangan pake yang norak yg disepuh tulisan "Kijang" yg dasarnya putih, NORAK ABIS.
jangan lupa kasi akca film, depan 20% cukup, samping" 60% okelah.
terus pendekin sedikit body.na, depan belakang turun rata sekitar 3-4cm uda cakep abis diliatnya.

kenapa gw saranin ambil LGX minor change gen akhir buat maen elegan? basic tone di kabin.na uda dapet banget. tinggal kasi peredam kabin, coverin seat, door trim, setir, dan shift knob.na pake MB Tech, setir.na pake punya New Avanza yang 4-spoke, pasang lampu kabin LED, pasang tweeter di atas dashboard, uda keren dan elegan abis dalemannya. karpet bawaan.na pun uda bludru, jadi ga usa diganti" lagi.

0 komentar:

Posting Komentar