Rabu, 05 September 2012

Suzuki Grand Escudo XL7 2004

Merk: Suzuki
Model: Grand Escudo XL7
Transmisi: Otomatis
Tahun Pembuatan: 2004
Harga Baru (pada saat punya/tes): Beli bekas di tahun 2009 seharga 112 jt
Harga Second (pada saat penulisan ulasan): Masih dipakai

Spesifikasi Kendaraan:
- Mesin bensin 2493 CC V6 6 silinder
- Tenaga maksimum 160 HP/6500 RPM
- Torsi maksimum 22,1 KGM/3500 RPM
- Transmisi otomatis 4 speed
- Kapasitas tangki BBM 66 liter

Ulasan:
Nama XL7 yang menggambarkan kapasitas 7 penumpang sebenarnya lebih mirip slogan belaka, karena sesungguhnya kursi baris terakhir hanya akan nyaman diduduki oleh anak kecil dan sama sekali tidak nyaman buat orang dewasa. Jadi idealnya mobil ini hanya untuk 5 orang saja. Tapi secara keseluruhan mobil ini menyenangkan, apalagi buat perjalanan jauh. Kapasitas bagasi besar apabila jok baris terakhir dilipat. Tersedia banyak tempat penyimpanan barang dan ada 3 soket 12V untuk kebutuhan listrik, 2 di depan dan 1 di bagasi, jadi mencharge HP atau perangkat lain tidak perlu rebutan. Mesinnya lamban di putaran bawah tapi bertenaga di putaran atas, akibatnya konsumsi BBM (pertamax) untuk jalur luar kota hanya bisa maksimal di angka 1:8,9. Di dalam kota berkisar 1:6. Tapi semua terbayar dengan kemampuan akselerasi yang baik, jadi sangat aman untuk menyalip kendaraan di depan. Sayang sekali untuk pasaran Indonesia tidak tersedia versi 4wd.

Positif:
Performa mesin bagus dan tanjakan tinggi sama sekali tidak menjadi masalah, interior terlihat cukup mewah, suspensi nyaman, transmisi otomatis responsif. AC double blower...duingiiinn!

Negatif:
Konsumsi BBM agak boros, harga onderdil lumayan mahal dan untuk yang sudah berumur rata-rata jok kulitnya sudah retak atau robek dan kain pada doortrim sering terangkat atau robek.

Ringkasan:
Sangat pas untuk dijadikan mobil keluarga ataupun untuk aktifitas sehari-hari, harga unit bekasnya yang terjangkau tapi sudah mendapatkan banyak fitur seperti Airbag dan ABS serta kenyamanan lebih ketimbang mobil baru dengan harga sama.

Pendapat pribadi (subjective):
Performa yang buat saya sangat luar biasa, ditambah kehandalannya buat perjalanan jauh membuat mobil ini jadi favorit di rumah, sempat ingin dijual tapi batal, karena untuk mobil baru dengan kemampuan sama harus merogoh kocek jauh lebih dalam.

0 komentar:

Posting Komentar