Sabtu, 22 September 2012

Toyota Kijang Kapsul 2000

Merk : Toyota
Model : Kijang (Kapsul) Diesel
Tahun pembuatan : 2000
Transmisi : 5MT
Harga Baru (pada saat punya/tes) : nggak tau
Harga Second (pada saat penulisan ulasan) : 110juta-an

Spesifikasi :
Diesel, 2400cc, ??? bhp, PW,PS (ngga begitu paham mesin kijang)

Ulasan :
Siapa tidak kenal Kijang? Mobil yang telah malang melintang selama lebih dari 30 tahun di bumi Indonesia ini begitu populer dengan jargon "memang tiada duanya". Dan memang, sepertinya hingga saat ini, menurut saya belum ada mobil apapun yang bisa menggantikan posisi Kijang sebagai transporter keluarga Indonesia, bahkan penerusnya, Innova pun harganya sudah tidak "merakyat" lagi, sedangkan Avanza yang dibawahnya, kualitasnya tidaklah lebih baik dari Kijang.

Serba simpel, mungkin itu kata yang tepat untuk menggambarkan bagaimana sebuah Kijang. Ya, desain yang tidak muluk - muluk, sederhana tapi bisa memuat 7 penumpang dengan nyaman, lalu mudahnya perawatan, dimana dari bengkel pinggir jalan sampe bengkel resmi pun semuanya bisa menangani Kijang, hingga performa dan konsumsi BBMnya yang juga apa adanya.

Jangan harap banyak pada performa mesin dieselnya, tarikannya berat, torsinya berasa ngepas. Untung saja, performa seperti ini masih cukup untuk beraktivitas dalam kota, termasuk konsumsi BBM yang terbilang cukup, sekitar 10 km/l dalam kota (belum pernah dites sampe keluar kota). Sementara untuk bantingan? Cukup nyaman meskipun masih agak keras. Namun, jangan mengharapkan handling yang bagus ketika mengemudikan sebuah Kijang. Hanya saja, ada 1 hal yang saya kagumi dari mesinnya, meskipun serba ngepas, tapi mesin ini terkenal cukup badak dan jarang ada masalah.

Akomodasi kabinnya pun terbilang baik, baris ketiga masih bisa diduduki 2 orang dewasa dengan nyaman, kaki tidak mentok baris ke-2. Namun masih kalah lega dengan Suzuki APV.

Positif :
- mesin badak
- perawatan mudah
- akomodasi kabin cukup baik
- konsumsi BBM
- resale value baik

Negatif :
- tenaga pas-pasan
- handling buruk
- getaran mesin diesel sangat terasa (maklum diesel jadul )
- minim fitur safety
- peredaman kurang baik

Ringkasan :

Mobil yang serba-gampang. Cocok untuk entry-buyer alias orang yang baru membeli mobil pertama.

Pendapat Pribadi (Subjective) :
Daripada membeli Avanza baru, Kijang jauh lebih worth to buy. Bisa muat 7 orang dengan lega, harga bekasnya jauh dibawah Avanza baru, ditambah mesin yang terkenal badak dan mudah perawatan. Faktor resale value yang bagus juga bisa jadi pertimbangan. Ditambah konsumsi BBM yang dijamin nggak bikin kantong jebol.

0 komentar:

Poskan Komentar