Senin, 10 September 2012

Suzuki Swift 2nd Gen

Merk : Suzuki
Model : Swift (CKD)
Tahun Pembuatan : 2008
Transmisi : 5MT or 4AT
Harga Baru (pada saat punya/tes) : 150juta-an(tipe ST, kalo ngga salah sih )
Harga Second (pada saat penulisan ulasan) : 130juta-an

Spesifikasi Kendaraan :
M15A VVT 100 bhp FF PS PW

Ulasan :
Compact Hatchback keluaran Suzuki ini sebelumnya dipasarkan di Indonesia dengan cara impor secara utuh / CBU pada tahun 2005-2006. Namun, agar harganya bisa lebih terjangkau, maka pada tahun 2007, Swift pun dirakit secara lokal / CKD. Pada model CKD, banyak dilakukan spec-down/penurunan spek untuk memangkas harga. Fitur keselamatan aktif maupun pasif banyak yang dipangkas, seperti ABS, airbag, dll. Pada awal peluncurannya, harganya sangatlah terjangkau, hanya 120juta-an. Namun seiring berjalannya waktu, harganya semakin meroket, dan sekarang bertengger di angka 180 juta-an. Harga yang cukup mahal mengingat speknya yang minim dan kualitas yang jauh dibawah versi CBUnya.

Soal mesinnya, saya beri banyak jempol untuk respon gas pada putaran bawah. Di dalam kota ia terasa sangat ringan dan lincah, ditambah handlingnya yang mantap, meskipun tidak semantap rivalnya, Honda Jazz (GE8), lantaran bantingan suspensi yang moderat, tidak keras namun juga tidak terlalu lembut. Tentu berkat ini pula konsumsi BBM dalam kotanya menjadi lebih efisien dibanding Jazz, 12 kpl. Namun tidak pada putaran atas, tenaganya seakan menjadi loyo, dan anda harus memberikan bejekan lebih. Akibatnya, konsumsi BBM tol pun tidak se-efisien rival-rivalnya, hanya 17 kpl.

Yang sangat mengecewakan adalah ergonomika kabinnya. Baik legroom maupun headroom pada baris kedua tidaklah seluas kedua rivalnya, Toyota Yaris maupun Honda Jazz. Legroom sangat sempit, dan dihuni 2 orang berpostur tubuh : tinggi >170 cm dan bobot >60 kg saja sudah sesak. Kalah lapang dibanding adiknya sendiri, Splash. Ditambah bagasinya juga sangat kecil. 1 buah speaker saja bagasi sudah terasa sesak.

Positif :
- tenaga pada putaran bawah
- efisiensi
- handling mantap

Negatif :
- tenaga pada putaran atas
- kualitas interior
- ergonomika kabin
- bagasi kecil
- minim fitur
- harga baru tinggi

Ringkasan :

Mobil yang bagus untuk anda yang belum berkeluarga dan sering beraktivitas di dalam kota. Jangan berharap banyak pada kualitasnya, namanya juga spec-down (habis-habisan).... . Juga cocok buat anda yang mikir "beli mobil bukan buat ditabrakin....."

Pendapat Pribadi (Subjective) :

Apabila safety bukan pertimbangan anda dalam membeli mobil, belilah trim ST. Mengapa? Karena trim atasnya, GTS, hanya ketambahan beberapa aksesori, fitur keselamatan tetap kosongan. Namun apabila anda tertarik, tapi safety jadi pertimbangan anda? Carilah Swift GL second tahun 2005-2006 (CBU), jauh lebih worth it daripada membelinya dalam kondisi baru, yang sudah kena spec-down habis-habisan. 180juta-an? Buat mobil kosongan gini? Plis deh.....

0 komentar:

Posting Komentar