Kamis, 06 September 2012

Suzuki Grand Vitara 2.4 2011

Merk : Suzuki
Model : Grand Vitara 2.4
Transmisi : 5MT & 4AT
Tahun Pembuatan : 2011
Harga Baru (Pada Saat punya / tes) : 327jt
Harga Second (pada saat penulisan ulasan) : +-250jt

Spesifikasi Kendaraan :
J24B DOHC VVT 166bhp 225Nm FR airbag ABS PS PW ABS

Ulasan :
Pada tahun 2009, Suzuki meluncurkan Grand Vitara bermesin 2400cc, untuk melengkapi jajaran line-up mereka, sekaligus menjadi lawan sepadan untuk Honda CRV 2400cc dan Nissan X-Trail 2500cc. Sebelumnya, Grand Vitara hanya tersedia dalam varian mesin 2000cc.

Perbedaan mencolok dari segi exterior terlihat dari desain pelek yang lebih modern dan berdiameter lebih besar, 18inch, selain itu, disematkan emblem 2.4VVT di atas fender.

Untuk interior dan kabinnya sendiri, nuansanya begitu modern, meter cluster juga terlihat modern dengan MID yang menampilkan konsumsi BBM dan informasi lainnya.

Sekarang, soal performanya. Jika anda terlanjur kecewa dengan varian mesin 2000cc yang kurang bertenaga dan haus bahan bakar, semua kekecewaan anda akan sirna seketika saat anda mencoba varian 2400cc. Tarikannya berasa mantap di setiap putaran mesin, tidak seperti kendaraan RWD pada umumnya yang berat. Ditambah, ada tombol "A/T POWER" di sebelah kiri tuas perseneling, berfungsi untuk mengatur perpindahan gigi di RPM yang lebih tinggi, cukup fungsional di tanjakan dan untuk anda yang memerlukan tenaga lebih saat beraktivitas di dalam kota. Namun jangan heran, tentu saja dampak buruknya pada konsumsi BBM yang lebih boros, karena perpindahan gigi berlangsung di RPM tinggi.

Handlingnya pun diluar dugaan, feelnya mirip dengan Honda CRV. Mantap, minim bodyroll, namun dampaknya pada kenyamanan, bantingannya terasa keras. Bodinya yang terbilang kompak pun cukup memadai untuk bermanuver di dalam kota.

Kabinnya pun cukup lapang, legroom pada baris kedua lebih luas dari Nissan X-Trail, namun tidak kaskusng Honda CRV. Sepertinya hal ini cukup menutupi kelemahannya soal bantingan yang keras.

Overall, ini adalah sebuah refinement suzuki pada Grand Vitara, mengobati kekecewaan para ex-pengguna GV 2.0 dengan mesin lebih besar dan bertenaga.

Positif :
+ Tenaga dan torsi cukup memadai untuk aktivitas di dalam kota maupun luar kota
+ kabin lapang dan ergonomis
+ Fitur lengkap
+ AC climate control
+ Bodi kompak
+ Tahan banting (RWD)

Negatif :
- Bantingan keras
- Konsumsi BBM boros
- Material interior

Ringkasan :
A counterattack to Honda & Nissan from Suzuki. Kalau sudah terlanjur kecewa dengan performa varian 2.0, tidak ada salahnya anda mencoba varian 2.4 ini.

Pendapat Pribadi (Subjective) :
Varian 2.4 ini tipe yang sangat worth to buy, kenapa? Karena ini bukti keseriusan suzuki dalam mengobati kekecewaan penggemar. Tentu butuh usaha lebih bagi suzuki untuk meningkatkan citra Grand Vitara agar kembali dilirik. Ditambah, GV adalah satu-satunya softroader 2400cc yang tersedia dalam varian bertransmisi manual (baik CRV,Xtrail,Captiva,Escape tidak ada manual untuk varian tertingginya). Jadi pilihan anda lebih variatif, dan mobil ini kembali mewakili jati diri suzuki sebagai pelopor pasar SUV di indonesia dengan VES(Vitara Escudo Sidekick) yang melegenda di jamannya.

0 komentar:

Posting Komentar