Kamis, 27 Oktober 2011

Mazda 2 2010

Merk : Mazda
Model : 2 / Demio
Transmisi : 5MT/4AT
Tahun Pembuatan : 2011
Harga Baru (Pada saat punya/tes) : 184jt - 216jt
Harga Second (Pada saat penulisan ulasan) : n/a

Spesifikasi Kendaraan :
MZR 1.5L, 109bhp, Airbags, ABS, audio steering switch

Ulasan :
Mazda2 diluncurkan di Indonesia sebagai senjata andalan mazda menghadapi ketatnya persaingan di segmen small hatchback. Mobil ini juga salah satu hasil kerjasama dari ford-mazda, ia berbagi platform dengan ford fiesta, dan dirakit dalam 1 pabrik di Rayong, Thailand.

Mazda2 terbagi dalam 2 tipe S dan R, seperti layaknya Honda Jazz yang memiliki trim S dan RS, pembedanya ada pada bodykit dan pelek yang lebih sporty pada varian R, serta dual airbags pada varian R.

Interiornya memiliki warna dominan hitam, dan speedometer berwarna putih, namun interiornya terkesan terlalu sederhana dan dasbornya pun terkesan murahan. Jok belakangnya agak sempit, bagasinya tidak terlalu lapang, namun bagasinya tidak sekecil Toyota Yaris, dan baris keduanya lebih lega dari Suzuki Swift.

Bicara performa mesin, mobil ini memiliki respon yang cukup sigap, ketika anda menyentuh pedal gas mobil ini langsung merespon dengan baik, karakternya cocok untuk perkotaan, perpindahan gigi pun cukup responsif.

Karakter handlingnya, mobil yang saya tes adalah tipe R, sudah dilengkapi pelek 16 dengan ban profil 45, karena profil tipis tentu saja memberi cengkraman yang baik di aspal, minim bodyroll dan lincah, bodinya yang kecil pun cukup membantu untuk bermanuver di jalan yang penuh kemacetan.

Jangan berharap kenyamanan jika anda mengemudikan mobil ini, apalagi tipe R. Ban profil 45 cukup berisik, dan bantingannya lebih keras dibanding Jazz.

Dengan positioning harga yang cukup kompetitif, desain menawan, performa, dan kepraktisan yang ditawarkan, rasanya harga 216juta sudah lebih dari cukup. Ditambah, setiap pembelian mazda2 diganjar bonus 1 unit audio kit.

Positif :
- Performa
- Handling mantap
- Desain (trim R)
- Audio Steering Switch cukup fungsional
- Bonus audio kit
- Irit BBM
- Kepraktisan

Negatif :
- Bantingan keras
- Bagasi kecil
- Road noise cukup mengganggu.
- Dasbor terkesan murah
- Resale value belum teruji

Kesimpulan :
Mobil ini patut dipertimbangkan jika anda membutuhkan kendaraan yang praktis dan lincah bermanuver di dalam kota.

Pendapat pribadi (Subjective) :
Untuk mazda2, saya lebih merekomendasi trim R, karena karakternya jelas, pure sporty. Berbeda dengan trim S yang terkesan "nanggung", maupun saudaranya, Fiesta, yang juga terkesan "nanggung & terlalu mahal". Ditambah bonus free audio kit + diskon, tentu memberi value lebih. Mobil ini pun mudah dimodifikasi ringan semisal ganti pelek dengan ukuran lebih besar, dan sedikit sentuhan ringan pada mesin, untuk meningkatkan peak powernya.

0 komentar:

Posting Komentar