Sabtu, 01 Oktober 2011

Fiat Uno

Merk: Fiat
Model: Uno
Kode Bodi : Tipo Uno
Transmisi: MT 5 speed / 5 speed Selecta CVT
Tahun Pembuatan: 1988-1995
Harga Baru (1988): 30 jt-an
Harga Second : 15 - 50 jt

Fasilitas :
Radio/Tape Blaupunkt
Fog lamp belakang
Fog lamp depan (optional)
Keyless Entry
Power window
Central Door Lock
Folding Rear Seat
Momo Sport Package (Turbo Only)

Mesin :

Uno I :
Kode mesin : 138.B2.000
Tipe mesin : Inline 4 8-valve SOHC down-draft twin choke carburettor
Bore x Stroke : 86.4 mm x 55.5 mm
Kapasitas mesin : 1301 cc
Tenaga max : 65 hp @ 5600 rpm
Torsi max : 100 Nm @ 3000 rpm

Uno II :
Kode mesin : 146.C1.000
Tipe mesin : Inline 4 8-valve SOHC down-draft twin choke carburettor
Bore x Stroke : 80.5mm x 67.4mm
Kapasitas mesin : 1372 cc
Tenaga max : 72 hp @ 6000 rpm
Torsi max : 106 Nm @ 3000 rpm

Uno Selecta:
Kode mesin : 159.A2.000
Tipe mesin : Inline 4 8-valve SOHC Fuel Injected Robotised Engine
Bore x Stroke : 80.5mm x 67.4mm
Kapasitas mesin : 1372 cc
Tenaga max : 76 hp @ 6000 rpm
Torsi max : 108 Nm @ 2900 rpm

Uno Turbo :
Kode mesin : 146.A8.000
Tipe mesin : Inline 4 8-valve SOHC Bosch LH Jetronic
Turbo : Garett T2 Turbine
Bore x Stroke : 80.5mm x 67.4mm
Kapasitas mesin : 1372 cc
Tenaga max : 118 hp @ 5,750 rpm
Torsi max : 172 Nm @ 3,500 rpm

Dimensi (P x L x T) : 3689 mm x 1562 mm x 1,422 mm
Wheelbase : 2362 mm
Bobot : 910 kg

Ulasan :
Pertama kali diluncurkan pada 1988, Fiat Uno merupakan pesaing dari Toyota Starlet dan Daihatsu Charade. Mengandalkan bodi khas Italia, Fiat mencoba mencuri pasar di kelas ini. Uno menawarkan fitur yang tergolong lengkap di kelasnya, seperti electric window, central door lock, fog lamp belakang dan mekanisme pelipatan bangku belakang untuk memperluas kapasitas bagasi.

Sedangkan mesin, Fiat memang masih ketinggalan zaman untuk ukuran era akhir 80-an. Walau memiliki kapasitas mesin 1301 cc, Fiat belum menerapkan ruang bakar tipe crossflow sehingga saluran masuk dan buang berada di satu sisi. Hal ini membuat Fiat kurang efisien dalam hal konsumsi bbm. Namun tenaga di putaran bawahnya cukup handal sehingga kondisi stop and go dapat diatasi dengan mudah.

Performa mobil buatan Italia ini cukup menjanjikan. Dalam kondisi baru, Uno II (1372 cc) sanggup melaju hingga 170 km/h. Akselerasi 0-100 km/h dilibas dalam waktu kurang dari 11.4 detik.

Sayangnya ATPM Fiat undur diri pada 1995. Padahal kalau ditengok ke belakang, Fiat sudah menjelajahi Indonesia sejak 1910. Bahkan nama Fiat telah membumi di Indonesia lewat Fiat Sport Coupe Balilla. Tak kalah menarik adalah Fiat 1100 yang melegenda di era 60-an.

Time Line :

1988 :
Di era ini Fiat memperkenalkan Uno I. Cirinya terlihat pada gril berukuran besar dan headlamp berbentuk kotak. Di buritan, kaca belakang Uno I lebar dan motor wiper menempel di bodi.
Untuk mesin, Uno I memiliki kapasitas 1301 cc SOHC 8 katup. Masih mengandalkan pasokan bahan bakar karburator, namun sistem pengapian telah mengusung jenis CDI.
Pada interior, seluruh saklar lampu terletak di sisi kanan dan kiri panel instrumen di dashboard. Sedangkan saklar wiper dan sein tetap berada di kolom kemudi

1991 :
pada generasi Uno berikutnya di Indonesia, Fiat merilis tiga varian : Uno II, Selecta dan Turbo. Jika dibandingkan dengan Uno I, generasi kedua Fiat ini terlihat berbeda pada moncong bodi dan gril lebih tipis hingga terkesan lebih manis.
Ukuran kaca belakangnya lebih kesil dan motor wiper diletakkan di kaca. Pengatur lampu dan wiper pindah ke tiga tuas di kolom kemudi. Tombol defogger, Foglamp depan-belakang dan wiper belakang ada di kisi AC.
Mesin generasi kedua Fiat ini, kapasitasnya sedikit lebih besar yaitu 1372 cc. Untuk mesin Uno II masih mengandalkan karburator. Sedangkan tipe Selecta telah menggunakan pasokan bahan bakar injeksi dengan transmisi CVT. Fiat Uno Turbo telah dilengkapi cakram di keempat rodanya dan memiliki pernik interior sporty. Selain itu, Uno Turbo hanya dijual sebanyak 48 unit dan memiliki ciri 2 pintu. Lajunya cukup kencang jarena dalam kondisi standar saja sudah bertenaga di atas 100 hp

Positif :
- Lincah
- Sporty
- Desain Giorgetto Giugiaro's ItalDesign
- akselerasi mangstab (turbo)
- tenaga mesin besar (turbo)
- fitur lengkap
- Exclusive (3-door)

Negatif :
- Boros
- Kualitas Dashboard

Saran Pribadi (Subjektif) :
Klo menurut ane sih pilih aja yg Turbo soalnya tampilan luar starlet tapi tenaga Ferari terus unitnya terbatas alias very limted (hanya 48 unit di Indonesia). Terus perhatikan karat2 yang ada di bawah body bila tidak cepat diperbaiki bisa kena baut pegangan suspensi akibatnya mobil kurang stabil.

0 komentar:

Posting Komentar