Selasa, 04 Oktober 2011

Hyundai Accent 1st Gen

Merk:
Hyundai Accent / Cakra (1st gen)

Model:
sedan 4 pintu

Transmisi:
manual 5 speed (tersedia juga AT)

Tahun Pembuatan:
1996

Harga Baru (pada saat punya/tes): -

Harga Second (pada saat penulisan ulasan):
35jt - 40jt

Spesifikasi Kendaraan:
1500cc 4 cyl in-line, 12 valve SOHC 85hp
FWD, CL, EM, PW

Ulasan:
mobil ini merupakan generasi pertama keluarga accent, pada awal masuk ke Indonesia, sedan bernama Accent ini berubah namanya menjadi cakra, akan tetapi, seiring dengan facelift yg dilakukan pada 97-98, namanya kembali menjadi Accent.

dapur pacunya yang cukup sederhana masih digunakan sampai sekarang dengan adanya sedikit modifikasi. tenaganya terbilang kecil untuk ukuran sedan 1500cc, tetapi dengan bobotnya yang tidak berat membuat pengendaraan sedan ini cukup lincah dan hemat bahan bakar. mesinnya sendiri menyerupai/mirip dengan mesin2 yang digunakan oleh Mitsubishi, dengan rasio kompresi yang cukup tinggi membuatnya rawan ngelitik ketika diisi Premium biasa.

untuk fitur yang diusungnya, sedan ini memiliki sederetan fitur yang cukup komplit di era-nya, mulai dari adanya power steerig, power window, central lock, electric mirror, antena elektrik, dll.

Positif:
- model masih oke
- perawatan mudah dan murah
- mesin bandel
- sparepart banyak tersedia dan harganya masuk akal
- fitur lumayan komplet
- kenyamanan oke

Negatif:
- image taxi
- mesin rawan ngelitik jika diisi Premium (tapi selama saya pakai, isi premium dan tidak bermasalah)
- umur sudah lebih dari 10 thn

Ringkasan:
sebuah simple car yang menawarkan kemudahan perawatan dan kenyamanan.
hal positif yang bisa kita ambil daripada digunakannya accent untuk armada taxi adalah bahwa armada taxi selalu menggunakan mobil yang mesinnya 'badak', dengan perawatan mudah & murah, serta irit.

Pendapat pribadi (subjective):
kalo menurut saya pribadi, mobil ini sangat layak untuk dimiliki dengan dana yang minim. Apabila mendapat unit dengan kondisi baik, berarti kita mendapatkan mobil nyaman dengan perawatan mudah dan murah.
Selama pemakaian, service yang saya lakukan tergolong minim, akan tetapi mobil masih oke dan tidak ngerongrong. bahkan masih mudah dipacu sampai lebih dari 140kpj dengan kapasitas full.
Akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu mengingat umurnya yang sudah tidak muda, perlu lebih diperhatikan kondisi mesin, interior, exterior, dan kaki2..
Dibandingkan dengan kompetitornya (Timor), kualitas interior mobil ini lebih baik dan kaki2 juga lebih awet, mengingat Timor memiliki bobot kendaraan yang berat..

0 komentar:

Posting Komentar