Selasa, 04 Oktober 2011

Honda Accord Maestro

Merk: Honda
Model: Accord
Kode Bodi : CB
Transmisi: MT 5 speed / AT 4 Speed
Tahun Pembuatan: 1990-1993
Harga Baru : N/A
Harga Second : 50 jtan

Mesin :
Karburator :
Kode mesin : F20Z
Tipe mesin : 4 in-line SOHC 16 Valve
Karburator : Carbureted 2bbl Keihin
Kapasitas : 1997 cc
Bore x Stroke : 85.0 × 88.0 mm
Kompresi : 9.5:1
Tenaga Maksimum : 110 hp @ 6000 rpm
Torsi Maksimum : 16.1 kg m @ 3800 rpm

Injection :
Kode Mesin : F20A8
Tipe mesin : 16-Valve 4-inline SOHC PGM-FI
Kapasitas : 1997 cc
Bore x stroke : 85.0 × 88.0 mm
Kompresi : 9.5:1
Tenaga Maksimum : 145 hp @ 5900 rpm
Torsi Maksimum : 138 ft/lb @ 4400 rpm

Dimensi (P x L x T) : 4694 mm x 1725 mm x 1389 mm
Wheelbase : 2720 mm
Bobot : 1 237 kg

Fasilitas unggulan :

Electric Folding mirror
4 wheel Steering
Digital Climate Control AC
Headlamp with Diamond cut Reflector
Body-kit
2-way Power Driver Seat

Ulasan :

Honda Accord Maestro merupakan model yang meneruskan kesuksesan Accord di tanah air setelah Prestige. Dalam 4 tahun peredaran nya di Indonesia, Maestro memiliki 3 varian dengan bentuk bodi dan kapasitas mesin sama : karburator, Injection dan 4-WS injection.

Sejak kehadiran pertamanya, Maestro mampu mempertahankan impresi yang disuguhkan pendahulunya. Malahan bentuknya yang elegan membuat meningkatnya peminat sedan 2000 cc ini. Desain yang elegan dan kokoh, serta tak lekang termakan waktu membuat Maestro tetap menjadi salah satu favorit di kategori mobil bekas. Hal ini terbukti dari harga jualnya yang tetap bagus walau sudah berumur hampir 20 tahun.

Timeline :

1990 :
Honda secara resmi melansir Accord Maestro ke pasar Indonesia. Bentuk luar dan interior sangat berbeda dengan pendahulunya, Prestige. Selain itu Accord generasi keempat ini mengalami perubahan dimensi bodi, kapasitas mesin dan tenaga.
Tampilan depannya terlihat lebih menukik. Terlihat dari bentuk sepasang lampu depan yang sipit, menyambung dengan gril hitam dengan lis krom. Maestro merupakan pelopor penggunaan lampu depan diamond cut reflector di tanah air. Paling mencolok pada Accord Maestro adalah bodi rendah dengan seluruh kaca ukuran besar. Begitu pula ukuran pilar makin ramping untuk menimialkan blind spot.
Dimensi Maestro lebih panjang dibanding pendahulunya. Wheelbase nya mengalami penambahan 127 mm, menjadi 2720 mm. Hali ini membuat ruang dalamnya semakin lapang, begitu pula ukuran bagasi.
Unit-unit pertama yang dipasarkan masih menggunakan sistem pemasok bahan bakar karburator. Meski mesin 4 silinder 1997 cc nya sudah memakai teknologi 16 valve.

1991 :
Setelah versi pertama membuka jalur pemasaran, Accord Maestro mengalami facelift dengan penggunaan desain pelek baru dan pilihan warna lebih banyak. Saat ini pula Honda memasarkan Maestro limited edition yang memboyong teknologi kemudi 4 roda atau 4 wheel steering (4-WS). Sistem ini memudahkan manuver karena roda belakang turut belok dengan sudut yang berlawanan dengan roda depan. Namun hanya pada kecepatan rendah. sedang pada kecepatan tinggi pergerakkannya tidak banyak. selain itu, Maestro 4WS juga dipersenjatai mesin injeksi bertenaga 145 hp.

1992 :
Dirilis Maestro bermesin injeksi dengan nama PGM-FI dengan tipe SM-4GM yang sama seperti versi 4WS. secara fisik tampilannya hanya mengalami sedikit perubahan tapi cukup nyata.
Lampu kecil di sisi headlamp tak lagi menyatu dengan sein samping yang pindah ke sepakbor. Perbedaan juga terlihat pada sein depan yang berwana orange. bentuk bumper pun mengalami perubahan. Desain lampu belakang juga baru. Sein dan lampu mundur sekarang berada di bawah lampu belakang dan rem.

1993 :
Merupakan versi facelift terakhir. Perbedaan dari luar hanya spion sewarna bodi. Tapi di dalam makin banyak perangkat elektrik yang digunakan. Sistem pengatur AC otomatis dihadirkan di dasbor dengan penunjuk suhu dalam dan luar kabin. Pengatur AC juga menggunakan model tombol dengan kontrol kecepatan blower dan arah hembusan AC diletakkan tersembunyi.
Selain dilengkapi penyetelan elektrik, spion juga bisa dilipat secara elektrik. Ubahan lainnya yakni pengaturan jok pengemudi untuk naik-turun dioperasikan secara elektrik lewat tombol di sisi jok.

Positif :
- Bagasi luas
- Fitur elektrik banyak
- Karakter mesin khas Honda
- Daya Pandang luas
- Perawatan mudah dan murah

Negatif :
- Rentan karat
- Engine mounting lemah
- Engine Packing lemah
- Agak ceper => spoiler depan sering nyangkut polisi tidur

Pendapat Pribadi (Subjektif) :
Maestro enak untuk dikendarai. Apalagi bila sering lewat jalan tol. Fitur2 nya pun pada zaman nya cukup maju.

0 komentar:

Poskan Komentar