Ford Mustang GT V8 2010

Mobil ini merupakan facelift dari model sebelumnya. Perubahan ada pada lampu depan yg lebih argesif, interior dan Stability Control yang kini menjadi kelengkapan standard. Karakter American Muscle sangat kentara ketika kita ajak berlari, sentakan torque yg besar membuat mobil ini sangat mudah untuk kick down, tenaga sudah terasa di putaran bawah sehingga enak untuk touring.

Opel Blazer 2002-2005

Blazer generasi ketiga(2002-2005), diproduksi pertama kali tahun 2002. Generasi Ketiga 2002-2005 Chevrolet Blazer,Montera and Brazilian/Samba Produsen General Motors Indonesia. Masa dalam produksi 2002-2005.

Peugeot 206

Peugeot 206 masuk ke Indonesia tahun 2001 dengan model XR yang CBU. Nah untuk lebih lengkapnya sejarah Peugeot 206 di Indonesia adalah sbb: ane ambil dari milis 206 di Yahoo.

Mitsubishi Colt L300

GL300 merupakan kendaraan pick up yang dikategorikan sebagai light commercial truck. sejak pertama kali di keluarkan mobil ini sudah beberapa kali melakukan facelift hingga product terakhirnya yang dilengkapi dengan power steering yang bikin mudah untuk bermanuver.

Mercedes-Benz C Class W202

Mercedes W202 sebenarnya mobil yang enak untuk dipakai harian, di dalam kota, dan bahkan keluar kota. Versi yang C180 sayangnya, lebih enak untuk dipakai dalam kota, karena dengan transmisi matik, mobil ini useless dipakai keluar kota, apalagi dengan terrain Indonesia yang berbukit. Versi C200 jauh lebih enak ketimbang C180 dalam semua aspek.

Rabu, 29 Februari 2012

Proton Savvy

Merk: proton
Model: savvy
Transmisi: tipronik
Tahun Pembuatan: 2008 kalo ga salah
Harga Baru (pada saat punya/tes): kalo ga salah 116
Harga Second (pada saat penulisan ulasan): 70jt

Spesifikasi Kendaraan: 1200cc 74 hp

Ulasan:Menyusul keputusan Proton untuk menghentikan Tiara Citroen AX berbasis pada tahun 2000, model pengganti yang diperlukan agar Proton untuk masuk kembali pasar supermini. Penggantian, kode nama dari Tiara Replacement Model (TRM), sebagian didesain in-house oleh Proton tetapi didukung oleh mesin D-Type oleh Renault.

Savvy diluncurkan Juni 2005 di Malaysia sebagai model transmisi manual-saja, diikuti dengan pengenalan Automated Manual Transmission (AMT) model pada bulan November 2005. Ekspor model Savvy diperkenalkan ke Inggris pada bulan September 2005. Savvy juga antara dua model (samping Proton Gen-2) MG Rover sekarang mati berusaha untuk rebadge ketika memasuki pembicaraan dengan induk perusahaan Proton di tahun 2005. Pada tanggal 19 Januari 2007, facelift photoshopped dirilis, olahraga perubahan kecil di depan dan belakang.

Pada tahun 2006, Proton memperkenalkan "Savvy Zerokit" varian dikembangkan bersama dengan divisi olahraga motor di Proton, R3 (Race Rally Research), yang mencakup bodykit semua-bulat dan spoiler belakang terbuat dari plastik fiber yang diperkuat, dan 15-inci (380 mm) 155 JRD roda. Opsi tambahan termasuk "titanium gelap" lampu, suspensi kinerja dan kinerja belakang knalpot knalpot yang meningkatkan output daya sampai dengan 4 hp (kW 3) sampai 78 hp (58 kW).

Savvy juga terkenal karena mobil Proton pertama yang menjalani ingat pernah mengumumkan publik pertama. Pada tanggal 1 April 2008, Proton Edar memerintahkan penarikan dari semua 34.000 Savvys di jalan Malaysia (yang tanggal produksi mereka sebelum 17 Desember 2007) untuk inspeksi dan (mungkin) penggantian bantalan roda belakang, berdasarkan cacat bagian ditemukan selama pemeriksaan acak. Pengumuman ini langkah pencegahan atas kemungkinan air masuk potensial dalam set bantalan belakang Savvy's roda mungkin menyebabkan kerusakan pada komponen tersebut.

Proton Saga generasi kedua, diluncurkan pada bulan Januari 2008, berdasarkan pada chassis bahwa dari Savvy, meskipun memanjang untuk mendukung bodywork sedan.

Positif: -harganya termasuk murah dibanding pesaingnya
-bentuknya keren
- bensinnya uirit puol hahaha
- katanya sasisnya dibuat lotus


Negatif:-bengkel resminya jarang ada
-transmisinya goyang dombret kalo lagi ganti gigi
-interiornya plastik banget
-kaga kuat nanjak
- resale valuenya
Ringkasan: mobil yang hanya cocok di dalam kota, tapi hati2 jika anda menemui tanjakan mobil ini kurang kuat menanjak (padahal parkiran mall doang tanjakannya )

Pendapat pribadi (subjective): mobil yang lumayan bagus, tetapi yang saya sayangkan hanya saat menanjak mobil ini sering drop bahkan turun jika melewati tanjakan yang sedikti curam, overall lumayan lah ni mobil. tapi usahain kalo mau nyari ni mobil mending beli second untung banyak soalnya harga jualnya terjun banget

Selasa, 28 Februari 2012

Porsche Boxter 2011

Merk: Porsche
Model: Boxster S
Transmisi: PDK 7 Speed
Tahun Pembuatan: 2011
Harga Baru: 2.196.000.000
Harga Second: ???

Spesifikasi Kendaraan:
3200cc Boxer (Flat) 6, Mid Engine Rear Wheel Drive, ABS, EBD, BA, Stability Control, Convertible, dual clutch gearbox, Satnav, MID, Mechanical Diff Lock,
269hp & 360Nm

Ulasan:
Secara Umum Boxster merupakan Porsche dengan mesin terkecil di line up nya, tapi mohon jangan menganggap remeh mobil ini. Meskipun memiliki mesin "hanya" 3200cc 6 silinder flat alias boxer, dengan bantuan transmisi otomatis 7 speed dual clutch nya akselerasi 0-100 bisa diselesaikan hanya 5 detik lebih sedikit. Saat diajak mengarungi tol jagorawi, kecepatan 200 km/jam dapat dengan mudah dicapai, diajak zig zag untuk menghindari mobil2 lain yang lebih pelan boxster terasa stabil tanpa sedikit pun terasa akan body roll maupun gejala2 negatif lainnya. Namun karena arus mudik yang mulai terasa, hanya mampu mencapai kecepatan 250 km/jam meskipun saat itu pedal gas belum menyentuh lantai. Lampu Bi-xenon turut membantu menjaga visibilitas kedepan tetap optimal meskipun di malam hari.

Selepas tol jagorawi, rute menuju sukabumi dipilih untuk mengetahui torsi nya di tanjakan2 panjang dan lurus. Ternyata butuh RPM yang cukup tinggi untuk merasakan torsinya dan mendahului truk2 besar dan bahkan truk gandeng kepunyaan salah satu air mineral. Dibantu kesigapan PDK untuk sihft down sekejap mata, mendahului beberapa truk sekaligus merupakan pekerjaan yang amat mudah untuk mobil ini.

selepas sukabumi dan cianjur, barulah memasuki rute yang sesungguh nya untuk menguji handling. Rute puncak - ciawi merupakan rute yang menantang, dengan banyak tikungan tajam dan jalur yang menurun. Disinilah terasa arti sebuah merk sports seperti Porsche. Melahap tikungan2 berbentuk tapal kuda, mobil ini menunjukkan pengendalian yang luar biasa. Tidak ada sedikitpun gejala limbung, ban terasa seperti di las ke aspal, seolah tikungan2 itu merupakan rel bagi roller coster beratap terbuka ini. Matikan Porsche stability management, dan tikungan2 tadi akan jadi mainan untuk anda. Dengan sedikit trik di pedal gas dan keahlian mengolah stir, anda bisa bergaya dan melakukan sedikit drifting. Tidak ada gejala oversteer berlebihan karena moncong mobil dapat dengan mudah dikoreksi.

Sedikit tambahan mengenai atap lipat nya, bukalah atapnya dan melajulah sampai 200 km/jam, maka pasangan wanita anda akan memasukkan tagihan salon nya untuk merapihkan hair style nya kedalam tagihan anda

Positif:
- Handling memukau
- Tenaga besar
- Suara mesin Boxer yang sporty
- Bodi rendah
- Stylish
- Bagasi ada 2 di depan dan di belakang
- Sports car 2 seat Porsche berharga paling "murah"

Negatif:
- Bagasi sempit
- Tidak praktis
- Ground clearance membuatnya alergi terhadap polisi tidur
- Atap kanvas nya rentan disobek kriminal

Ringkasan:
mobil yang tepat untuk anda yang ingin menikmati arti sebuah pengendalian daitas keempat roda nya dan tetap terlihat stylish

Pendapat pribadi (subjective):
Mobil nyusahin, cuma keliling jakarta cianjur aja bensin full tank cepet banget abis nya, mana bagasi nya sempit lagi

Tapi diluar semua itu, ini adalah mobil paling menyenangkan untuk diajak meliuk2 di jalanan, handling nya adalah terbaik dibandingkan dengan beberapa mobil lain yang ada di garasi seperti E250 CGi, Alphard, maupun Harrier. Belum lagi atap terbukanya membuat wanita manapun akan memohon untuk dapat naik kedalam mobil ini

Senin, 27 Februari 2012

Peugeot 206

Merk: Peugeot 206
Model: Hatchback (XR,XT, 1,8GTI, Coupe Cabriolet ), Sedan dan Station Wagon
Transmisi: Manual dan automatic (Triptonic)
Tahun Pembuatan: Pertama kali diproduksi tahun1998-2010
Harga Baru (pada saat punya/tes): Di faktur harga tahun 2003 (CBU): 190jt Onroad Makassar
Harga Second (pada saat penulisan ulasan): mulai dari 60jt-100jt

Spesifikasi Kendaraan: (Hasil Googling dan brosur)
Variant1.4 16v x-line 5-door
Dimensions :
Length 3,822 m
Height 1,433m
Width1,652-1,673

Engine and Gearbox
ENGINE (1.4 or 1.6)
Cylinders 4
Cubic capacity (cc) 1360 or 1587
Bore x Stroke (mm) 75 x 77 or 78.5 x 82
Number of valves 8 16
Maximum power kW @ rpm 55 @ 5500 or 80 @ 5800
Maximum torque Nm @ rpm 120 @ 2800 or 147 @ 4000
Induction

TRANSMISSION
5 speed manual
4 speed Tiptronic auto

WHEELS AND TYRES
Size 165/85/14, 175/65 R14, 195/55 R15
Wheel Type 14″ steel 15″ steel

FUEL TANK
Capacity (litres) 50

BRAKES
Solid front discs ..
Ventilated front discs ..
Rear discs ..
Rear drum ..
ABS with Electronic Brake Force Distributon (EBFD) .. ..
Emergency Brake Assist .. ..

STEERING
Power assistance .. ..
Speed sensitive power assistance
Turns lock to lock 3
Turning circle between kerbs (m) 9.85

PERFORMANCE
Maximum speed (km/h) 173 / 161 or 198 / 190
Acceleration 0-100 km/h (sec) 12.2 / 15.2 or 9.5 / 11.4
0-1000 m (sec) 34.1 / 36.4 or 31.0 / 32.8

Ulasan: Peugeot 206 masuk ke Indonesia tahun 2001 dengan model XR yang CBU. Nah untuk lebih lengkapnya sejarah Peugeot 206 di Indonesia adalah sbb:
ane ambil dari milis 206 di Yahoo

Sejarah Pug 206
Peugeot 206
*th 2001-2002-> all CBU
terbagi non-sporty & sporty
non-sporty
- setir palang 2
- jok kain
- mid (multi information display) hanya tunjukin jam
- tombol klakson terletak ujung di tuas lampu&sein
- jendela belakang dibuka-tutup dengan engkol (bukan power window)
- spion masih engkol (non-elektrik)
- bukaan jok belakang tidak terbagi-bagi (satu bagian utuh senderan, satu bagian utuh dudukan)
- setrip bemper depan-belakang, body moulding (setrip body samping) kiri-kanan warna hitam plastik (tanpa dicat)
- ecu magneti marelli
- sistem elektrikal belum multiplex
- bentuk throttle body cenderung agak gepeng gak bulet
- oxygen sensor 'nangkring' di pipa exhaust (bukan di header-nya)
- di lubang ventilasi (yg keliatan di kap mesin), pengarah angin-nya ngikut di kap mesin
- torsion bar (salah satu bagian dari suspensi belakang) masih keras (besi-nya terlalu liat)
- lampu depan non crystal, pake dop h4
- lampu belakang clusternya lurus/menyabit, tidak membulat
- velg kaleng, plus wheeldop, ban michelin 185/65/14

sporty (mulai akhir 2001 - Q3 2002)
- setir palang 3
- jok kulit
- mid (multi information display) tunjukin jam, tanggal, dan status terbuka-tutupnya pintu
- tombol klakson terletak di setir
- jendela belakang dibuka-tutup dengan power window, tombolnya di panel pintu
- spion masih engkol (non-elektrik)
- bukaan jok belakang tidak terbagi-bagi (satu bagian utuh senderan, satu bagian utuh dudukan)
- setrip bemper depan-belakang, body moulding (setrip body samping) kiri-kanan warna sesuai bodi
- ecu sagem s2000 (kode k6c, k6d dsb)
- sistem elektrikal mulai semi multiplex (sekring-nya ada yg gede, ada yg kecil)
- bentuk throttle body cenderung membulat
- oxygen sensor 'nangkring' di header-nya (exhaust manifold)
- di lubang ventilasi (yg keliatan di kap mesin), tidak ada pengarah angin-nya, hanya ada mangkok pelapis nangkring di bodi (bukan kap mesin)
- torsion bar (salah satu bagian dari suspensi belakang) masih keras (besi-nya terlalu liat)
- lampu depan crystal, lampu besar&lampu dim sendiri2 pake dop h7 55w
- lampu belakang clusternya lurus/menyabit, tidak membulat
- headunit pake merk sanyo, bisa play kaset, cd audio, dan radio
- velg kaleng, plus wheeldop, ban michelin 185/65/14

*th 2002-2007->CKD (mulai Q4 2002)
ada jg yg sporty mulai 2003-an

- setir palang 3
- jok kain
- mid (multi information display) tunjukin jam, tanggal, dan status terbuka-tutupnya pintu, juga tampilkan status head unit
- tombol klakson terletak di setir
- ada airbag pengemudi di setir
- jendela belakang dibuka-tutup dengan power window, tombolnya di konsol tengah
- spion sudah elektrik
- bukaan jok belakang terbagi-bagi 1/3+2/3
- setrip bemper depan-belakang, body moulding (setrip body samping) kiri-kanan warna hitam plastik
- ecu sagem s2000 (kode kfx, kfw, dsb)
- sistem elektrikal sudah multiplex (sekring-nya kecil2)
- bentuk throttle body cenderung membulat
- oxygen sensor 'nangkring' di header-nya (exhaust manifold) & ada satu lagi di pipa exhaust (lupa dimana tepatnya)
- di lubang ventilasi (yg keliatan di kap mesin), tidak ada pengarah angin-nya, hanya ada mangkok pelapis nangkring di bodi (bukan kap mesin)
- torsion bar (salah satu bagian dari suspensi belakang) sudah lebih empuk
- lampu depan crystal, lampu besar&lampu dim sendiri2 pake dop h7 55w
- lampu belakang clusternya cenderung membulat
- list pintu belakang di atas plat nomor tidak ada logo singa, diganti logo singa yg besar di atas-nya (nempel di bodi pintu bagasi)
- velg racing, ban turanza 185/65/14
- ada tombol non-aktifkan power window
- ada tombol non-aktifkan airbag

Positif:
-. Nyaman, walau Peugeot 206 bantingannya masih agak keras (karena memang diperuntukkan utk rally). Dari yang ane pernah coba 307SW kabinnya luar biasa keren, kayak dalam kokpit pesawat, namun dari sisi kenyamanan 406 emang gak ada duanya…sangat-sangat nyaman.
-.Lincah untuk perkotaan
-. Untuk mobil dengan tahun yang sama, harga second-nya relative murah
-. Spare Parts sudah banyak yang KW (aftermarket), produksi Perancis, Thailand atau China.
-. Modelnya gak mudah usang
-. Coating Cat body sangat bagus sehingga gak mudah gores dan pudar.
-. Body dan kaca juga lebih tebal sehingga kabin kedap
-. Biarpun kecil lari 130Kpj-180Kpj masih sangat stabil.
-. Irit bbm walaupun minimum RON92. (ane punya 1:12 dalkot, ada yang pernah report sampai 1:15-1:18). Teman kantor ada yang pake Premium hanya masalah di performa mesin aja yang agak ngelitik.
-. System elektriknya dan kelengkapan cukup advance jika dilihat mobil sekelas dizamannya.
(Immobilizer, anti-reflection mirror, electric correction headlamp, Multi-Instrument Display, service, oil and dipstick error Indicator display, auto-headlight dan auto-wiper/intermittent---varian tertentu, Parking sensor---type sporty )
-. Safety di semua hal, mulai dari rapid exit door, seatbelt dengan pre-tensioner sampai masalah baut2 dan klip2 pengaman disetiap parts yang penting.
-. Manual Repair, Haynes book dan parts catalog banyak bertebaran di internet.


Negatif:
-. Kaki2nya merupakan Jiwa mobil2 produksi Peugeot, namun karena kenyamannya kadang yang bawa maen sikat aja klo ada lobang, jadinya balljoint dkk sering aus.
-. Kopling untuk M/T cukup keras, tapi bisa diganti dengan merk after market yang katannya bisa lebih lembut.
-. BBM minimal RON92
-. Susah cari aksesoris

Ringkasan:
Kata orang Peugeot 206 adalah Peugeot sejuta umat, karena semenjak menjadi jawara di ajang WRC penjualan Peugeot 206 bak kacang goreng.
Perawatan yang katanya sulit ternyata tidak juga semenjak era informasi khususnya internet dan khususnya lagi Kaskus.us membuat semua informasi soal mobil ini menjadi mudah. Web dan forum juga banyak bertebaran di dunia maya. Web khusus yang membahas 206 diluar Perancis sendiri cukup banyak sebut saja www.206info.co.uk dan www.206gti.net merupakan web yang sangat detil membahas masalah 206, dan tentunya tidak kalah hebatnya dengan KPUT http://www.kaskus.us/showthread.php?t=4288465

Pendapat pribadi (subjective):
Mobil impian yang emang sudah lama didambakan, beruntung karena harga second-nya yang relative murah.
Perawatan tidak sulit, bahkan dengan panduan dari Haynes book terkadang ane ngoprek sendiri. Untuk pemesanan spare part tinggal telp. ke Jakarta sebutin parts number (dari software parts Peugeot…yang sekarang juga udah ada yang on-line) 2 hari barang sampai Makassar.
Komunitasnya juga banyak dan aktif sehingga klo ada masalah pastinya nanya dulu ke para sesepuh Peugeot untuk mencari solusi yang lebih efektif dan efisien.
Peugeot 206 sempat digantikan oleh Peugeot 207, tapi kayaknya permintaan pasar maunya yang model 206 akhirnya di produksi kembali dengan nama Peugeot 206+ selain Peugeot 207 Facelift. (CMIIW)