Sabtu, 05 Mei 2012

Lexus RX350 2011

Merk: Lexus
Model: RX 350
Transmisi: 6 AT
Tahun Pembuatan: 2011
Harga Baru (pada saat punya/tes): 1,152 M
Harga Second (pada saat penulisan ulasan): -

Spesifikasi Kendaraan:
2GR-FE 3.456cc 275hp 348Nm 10 Airbag, ABS, EBD, BA, VDIM, MMI with Remote touch controller, cruise control, integrated MID & Head Unit,15 speaker mark levinson, electric seats, etc.

Ulasan:
RX 350 adalah model paling "terbaru" dari keluarga RX di pabrikan lexus. Pada generasi ke 3 Lexus RX 350 sudah tidak memiliki kembaran versi "hemat".Di indonesia Lexus RX ditawarkan dalam dua trim yaitu 270 dan 350. kedua nya dibedakan atas kelengkapan dan kapasitas mesin yang digunakan. sebagai line up "termurah" yang ditawarkan oleh lexus indonesia. RX series merupakan lexus terlaris di indonesia. Meluncur pertama kali tahun 2009 di indonesia. terdapat perbedaan signifikan antara RX yang dipasarkan tahun 2009-2010 dengan 2011- sekarang. pada RX 350 produksi 2011 keatas telah dilengkapi dengan MMI with Remote controller yang dilengkapi dengan GPS yang sudah meliputi peta untuk seluruh negara ASEAN. terdapat selisih yang cukup signifikan yaitu 52 juta antara rx 350 yang sudah dilengkapi fitur ini dan yang belum.

Exterior RX 350 cukup menunjukkan bahwa ia adalah mobil "mewah". terdapat moonroof di atapnya, lampu model projector, stoplamp LED dengan mika bening, dan rear spoiler hitam, ditambah bodi yang lebar dan memanjang, dihiasi pelek 19" berwarna gunmetal. besar nya body dapat disamarkan dengan baik oleh desainer Lexus sehingga mobil ini tampak "compact"

Masuk ke interiornya, material yang digunakan "cukup" mewah dan dari desain juga kualitas bahan yang digunakan dapat disejajarkan dengan rival nya yang berasal dari eropa. Finishing interiornya rapi, doortrim dihias bahan kulit. penggunaan "soft touch" pada interior menciptakan aura mewah. untuk warna interior terdapat 3 pilihan warna yaitu "black" "grey" "beige". Pengoperasian fitur-fiturnya terasa mudah, hanya dengan remote controller kita dapat mengakses GPS, AC, MID, HU, Bluetooth, etc.

Menggunakan dapur pacu serupa dengan toyota camry 3.5Q . respon mesin sudah lebih cukup untuk membopong SUV yang memiliki berat sekitar 2 ton melaju 0-100km/h dalam 8 detik* .didukung transmisi automatic 6 speed yang dilengkapi dengan mode manual. untuk handling, dukungan independent Macpherson di depan dan independent Double wishbone dibelakang memberikan handling yang sangat baik untuk sebuah SUV.

Soal kenyamanan RX 350 boleh diadu dengan rival nya asal eropa. Kabin yang senyap dan bantingan yang cukup baik ( tidak terlalu keras dan tidak terlalu empuk).

Sayangnya bagasi mobil ini sangat kecil, bahkan lebih kecil dari toyota harrier/ lexus RX 300 pada generasi sebelum nya. padahal secara dimesi terdapat pertambahan besar yang cukup terlihat. hal ini sedikit dapat dimaklumi karena lantai dek yang tinggi akibat penggunaan Spare tyre berukuran 19 inch.

Positif:
- Kenyamanan dan kesenyapan kabin
- Fitur cukup lengkap dan "user friendly"
- Build Quality
- Harga cukup masuk akal mengingat harga dari rival nya yang "cukup tinggi"
- Ground clearance cukup tinggi
- Respon mesin yang sangat baik
- Handling yang baik sehingga tidak seperti mengendarai sebuah SUV
- kabin yang lapang ( akibat bagasi yang kecil )

Negatif:
- Bagasi yang kecil
- Konsol tengah yang besar sehingga sering terbentur kaki
- "pasaran"

Pendapat pribadi (subjective):
Menurut saya apabila anda ingin memiliki sebuah Lexus RX lebih baik anda memilih RX 350 dibandingkan RX 270. selisih harga yang tidak terlalu jauh dibandingkan dengan fitur yang didapat. kemudian faktor Power to weight Ratio merupakan alasan saya menyarankan RX 350. lalu ada baik nya anda membeli RX series melalui ATPM nya dibandingkan dengan IU. karena dengan membeli di ATPM anda akan mendapatkan Free service dan spareparts selama 5 tahun tanpa batasan Kilometer. lalu anda akan mendapatkan GPS yang sudah builtin dengan MMI pada RX anda, karena beberapa teman saya yang membeli RX di IU tidak mendapatkan MMI with Remote controller. kalaupun ada GPS nya tidak dapat digunakan di Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar