Jumat, 04 Mei 2012

Kia Picanto Cosmo 2011

Merk: KIA
Model: Picanto Cosmo
Transmisi: Manual
Tahun pembuatan: 2011
Harga Baru (pada saat punya/tes): 116.5 jt
Harga Second (pada saat penulisan ulasan): 80-100jt (tergantung tahun dan tipe)

Spesifikasi Kendaraan:
I-4 SOHC 12 Valve 1086cc 63 ps 4 silinder

Ulasan:
Picanto termasuk salah satu icon city car di tanah air. Semenjak rilis sekitar tahun 2004, mobil mungil Korea ini menuai banyak respon positif dan mencatat angka penjualan yang cukup lumayan. Picanto cosmo hadir pada tahun 2010 sebagai facelift teranyar dari model sebelumnya.

Saya benar-benar jatuh cinta dengan tampilan eksterior Pica cosmo. Meski sedikit berlebihan, saya anggap cosmo adalah city car paling good looking yang ada di Indonesia. Fog lamps yang di desain seperti bulan sabit, balutan chrome di gril depan, bemper belakang yang mengotak dan model velg anyar membuat Pica Cosmo terlihat makin sporty. Jauh dari kesan "manis" dan "imut" seperti pendahulunya.

Masuk kedalam kabin kita akan disambut dengan dominasi warna krem. Pemilihan warna ini di satu sisi membuat interior tampil mewah dan elegan, tapi disisi lain rentan akan kotoran. Sebagai city car, Picanto tergolong lega terutama untuk baris depan. Baris kedua saya rasa hanya nyaman untuk ditempati 2 orang dewasa meskipun diisi 3 juga bisa. Tidak banyak gimmick yang bisa ditemukan di dalam interiornya (kemungkinan untuk memangkas harga). Pengaturan kaca spion hanya bisa dilakukan secara manual (engkol), pun demikian dengan kaca penumpang belakang yang belum mengadopsi sistem power window. Kualitas finishing interior saya rasa juga agak kurang. Untungnya masih ada audio bawaan merk Kenwood yang dilengkapi slot USB dengan kualitas yang cukup baik. Kemudinya bisa di atur ketinggiannya sesuai dengan keinginan.

Berbicara performa, untuk anda yang biasa membawa mobil 1500cc keatas mungkin akan merasa tarikan Pica agak lambat tapi saya rasa itu hal yang lumrah karena city car ditujukan untuk mengejar efisiensi alih-alih akselerasi. Satu hal yang menjadi keunggulan adalah dimensinya yang mungil sehingga anda tidak akan kesulitan meliuk-liuk ditengah kemacetan kota dan saat mencari tempat parkir. Tuas persenelingnya cukup enteng (malah saya rasa kelewat enteng). Konsumsi BBM juga menjadi salah satu keunggulan Picanto. Untuk dalam kota tercatat sekitar 14-15 kpl dengan rute kombinasi macet lancar (tergantung driving style).


Pros:
+ Eksterior sporty
+ Fog lamps
+ Ruang kabin depan lega
+ Audio bawaan Kenwood
+ Tilt steering
+ Interior terkesan mewah
+ Bagasi lapang
+ Irit BBM
+ Value for money
+ Harga jual kembali masih tinggi

Cons:
- Performa
- Baris kedua sempit
- Minim fitur (termasuk fitur safety)
- Kualitas interior
- Kualitas jaringan aftersales servis yang tidak merata

Ringkasan:
City car good looking dengan tampilan interior yang minimalis dan performa dalam kota yang cukup handal. Konsumsi BBMnya tergolong irit.

Ulasan pribadi (subjektif):
Sekali lagi saya tegaskan, saya benar-benar kagum dengan desain eksterior Picanto Cosmo. Tinggal ganti velg 15 dengan profil ban yang sedikit tebal dijamin akan semakin mantap meskipun mengorbankan sisi efisiensi. Harga yang ditawarkan juga sangat kompetitif, 116.5jt belum termasuk segambreng bonus (sempat ada penawaran paket bonus kaca film 3M) dan diskon bervariasi antara 500rb-2jt membuat Pica sangat value for money. Menariknya lagi, harga jual kembali mobil yang di Korea bernama Morning ini cukup tinggi. Saya sempat survei harga bekasnya masih di range 90 jutaan. Malah di salah satu dealer mobkas, Pica 2010 masih dihargai 100jtan.

0 komentar:

Posting Komentar