Selasa, 09 Oktober 2012

Toyota Yaris J 2009

 
Merk: Toyota
Model: Yaris Tipe J (facelift terakhir)
Transmisi: Matic
Tahun Pembuatan:2009
Harga Baru (pada saat punya/tes): +- 191jt an (november 2010 jakarta)
Harga Second (pada saat penulisan ulasan): +- 150jt an

Spesifikasi Kendaraan:

>Mesin
1497cc, DOHC, VVTi, segaris 4 silinder, 16 Valves, 1NZ-FE
tenaga 109hp @6000rpm, torsi 14.4kgm@4200rpm
injeksi elektronik
bore x stroke : 75.0 x 84.7 (over stroke)
kompresi 10.5:1
bahan bakar tanpa timbal RON 92

>Fuel Consumption
rute kombinasi > up to 1:11an
(ane g sempet nguji, ambil data dari trid yaris)

>Kapasitas tangki
42 Liter

>Lokasi lubang pengisian BBM
Di sebelah Kiri belakang

>Panjang x Lebar x Tinggi
3,750 x 1,695 x 1,520 m

>Jarak Sumbu Roda
2,460 m

>Berat Kosong
1055 kg

>Kapasitas penumpang
4 orang, 5 kalo mau maksa

>Transmisi
Otomatis 4 tingkat Kecepatan, Super ECT
Gate Box Tipe Shift Gear
Shift Lock to N

>Drivetrain
FF

>Suspensi
Depan > MacPherson Struts dengan Pegas Koil & Stabilizer
Belakang > Torsion Beam with Coil Spring

>Rem
Cakram Berventilasi (Depan), Drum Brake (Belakang)

>Ban
185/60-R15


Ulasan:

Tipe J merupakan tipe yang paling bawah (baca: murah) dalam yaris series, g pake ABS, EBD, Air Bag, yang kalah ama avanza 1500cc tipe paling atas , sempurna bagi yang pengen compact hatchback matic yang dipake buat harian..

Desain, Bodynya udah pake tipe GOA yang katanya safe dari toyota, Keliatannya sih desain nya jepang banget ( y iya lah boil jepang gtu ), satu poin penting yaitu pilar A deket pengemudi yang membentuk dua sudut, sehingga menciptakan pandangan untuk pengemudi yang lebih luas (yang paling parah Swift, mau belok kanan pandangan kehalang pilar )

Interiornya Plastik semua ...
untuk pengemudi depan klo masih awal g tau kenapa pasti agak kaku duduknya, tapi setelah beberapa kali tes akan terbiasa dan adaptasi. Penumpang belakang bisa diakomodasi dengan baik, dari foto bisa diliat legroomnya kan ? menurut ane (tinggi 168cm, berat 55kg) udah nyaman posisi kakinya, cukup, g luas, g sempit...
bagasi belakang terlihat tinggi, soalnya bawahnya ada ban cadangan, ditutupi cover plastik dengan sistem lock pengunci knop puter, bagasinya keliatan kecil.. Untuk peredaman dalam kabin termasuk yang terbaik, kabinnya g bising dan tergolong sunyi kok (menurut ane paling parah jazz dan swift [yang CKD only] peredaman kabinnya) ...

BTW, jangan meremehkan yaris matic, walaupun g pake Torque Boost Resonator kaya ANJ, gabungan mesin overstroke dan super ECT matic nya memberikan respon yang ok klo keadaan lagi padat merayap, stop n go. Menurut saya untuk 0-60km/h yaris ini responsive banget kok. tapi akan jadi masalah ketika nyentuh >100km/h, kayaknya akselerasinya kurang banget untuk bisa nyampe top speednya (g tau topspeednya, g pernah nyoba kenceng2 sih , paling banter juga 140km/h)

Handling, liat yaris sering menang di slalom ? Yup, yaris emang asik handlingnya, gejala bodyroll bisa diminimalisir dengan bagus, suspensi tergolong lembut tapi tetep ok klo dibawa ngebut. Standarnya boil ini ngegrip dengan baik, dan bahkan bodyrollnya lebih minim dari ANJ dan Swift, Handlingnya asik dan Presisi .

Daily use n Fitur, boil ini nawarin kemudahan klo nyimpen barang2 kecil, glove box dan kotak penyimpanannya berlimpah dibagian depan , jok belakang bisa di tidurkan, sehingga mampu nambah kapasitas, standar bagasinya sih terbilang cukup kecil menurut saya (jazz paling gede sampe sepeda ade gue yang 5 taun aja muat masuk ), kemudahan dalam pemarkiran juga enteng, radius putar juga termasuk kecil. Maticnya udah pake tipe gate box dan shift lock to N, jadi g mungkin miss shifting (misal mau dari N ke D malah jadi N ke 3, tapi y g ngaruh juga sih ya) bisa trjadi, ini kerap terjadi pada boil matic non gate box, semisal ANJ tipe S A/T. Dengan adanya shift lock, jadi klo mau dari P ke N (saat mobil mati) tinggal teken aja tombolnya n pindahin gear nya.

Positif:
+ G usah pusing, ambil dah matic nya untuk daily use
+ Handling Asik dan Presisi
+ Matic + mesin over stroke nya responsive untuk macet / kecepatan 0-60km/h
+ Kotak penyimpanan banyak
+ Model Facelift
+ Easy to Drive
+ Modifan udah banyak
+ Pandangan pengemudi ke depan lebih luas dari kompetitor lain
+ Peredaman kabin bagus


Negatif:
- Lelet untuk kecepatan > 100km/h
- Tanpa fitur ABS, EBD, Air Bag padahal harga baru 190jt an banget
- Menurut gue harga barunya mahal amir
- Bagasi kecil
- G ada MID
- Kualitas audio biasa banget
- Speedo + Tacho ada di tengah, jadi aneh dan menurut ane malah jadi kurang fokus ke nyetirnya


Pendapat pribadi (subjective):
Nyari matic buat harian ?
yup, yaris ini cocok, apalagi yang demen Toyota dan nyari hatchback toyota termurah dan matic , versi ini yang paling murah (190jt murah ?), tanpa ABS, EBD, Air Bag, cocok buat yang g ambil pusing ma ni boil..
Take it and Use it, slogan ini cocok buat YARIS Tipe J A/T, g usah pusing mikirin fitur.. kenyamanan boleh dibilang top, suspensi lembut tapi body roll minim, setir presisi dan mesin + matic yang responsive di stop n go adalah kebutuhan dasar untuk prekotaan..
Klo punya duit lebih, ambil tipe E / S aja lah, lebih safe... kecuali emang niatnya dijual / dipake g jauh2...

Rating>
Yaris Tipe J A/T
performa: **1/2 (2.5)
handling: **** (4)
kenyamanan: **** (4)
value for money: *** (3)
pemakaian sehari2: *** (4)
perawatan: **** (4)
safety: **1/2 (2.5)
total= 20

note:
rating diberikan dengan perbandingan standar dengan mobil lain (FreeForAll), bukan dibandingkan dengan mobil sekelas, jadi bisa dibandingkan secara head to head dengan ulasan 350Z/Lancer yang pernah saya buat...

Ulasan dibuat dengan: data berdasarkan PT TAM dan untuk konsumsi BBM ambil di Tridnya Yaris.. untuk ulasan dan review murni opini saya..
CMIIW
semua orang bebas komen dan memperbaiki kesalahan dalam opini yang saya buat klo itu memang benar2 fakta... 

0 komentar:

Poskan Komentar