Merk: Nissan
Model: March / Micra
Transmisi: Manual
Tahun pembuatan: 2011
Harga Baru (pada saat punya/tes): 139jt
Harga Second (pada saat penulisan ulasan): N/A
Spesifikasi Kendaraan:
HR12DE DOHC 1198cc 3 cylinder CVTC, 76 PS/6000RPM, 5 speed MT, EPS, MID with FC information
Ulasan:
Akhir 2010 kemarin Nissan mencoba untuk bertarung di kelas kompak hatchback tanah air dengan merilis salah satu produk global mereka yaitu March. Saya sendiri kebetulan sedang mencari kendaraan dengan kriteria desain fresh, irit, lega dan nyaman. Pilihan jatuh kepada March dengan transmisi manual.
Eksteriornya terkesan fresh dan kalem dengan lampu membulat yang sepintas mirip dengan Picanto Cosmo. Lampu belakang di desain agak retro. Roof spoiler with 3rd stop lamps hadir sebagai kelengkapan standar di versi terendah ini. Sayangnya (disemua tipe) tidak disediakan fog lamps meski bisa di upgrade sendiri. Profil ban 175/60 R15 rada nanggung sehingga terkesan "cungkring".
Saat pertama masuk kedalam kabinnya saya terkesan dengan nuansa lapang dan lega. Terasa lebih luas dan nyaman dibanding dengan kompetitornya di kelas 1000-1200cc, mungkin dari segi kelegaan kabin bisa dibandingkan dengan kelas Yaris Jazz dkk karena dimensi March sebelas dua belas dengan Yaris (silahkan googling di situs nissan indonesia dan TAM untuk komparasinya). Tempat duduknya nyaman dan khusus untuk pengemudi bisa di adjust sesuai dengan kebutuhan. Yang menarik adalah adanya layar MID (hadir di semua tipe) yang menyajikan berbagai informasi termasuk konsumsi bahan bakar. Untuk audio sudah mendukung format mp3 dengan konektivitas AUX. Suara yang dihasilkannya terbilang cukup asalkan kita bisa menyetel equlaisernya dengan baik. Sisanya bisa dibilang standar saja. Kekurangan tetap ada. Kualitas finishing material yang plastic look membuat interior terkesan murahan. Laci di tempat duduk penumpang depan berukuran sangat kecil, hanya bisa diisi satu payung kecil dan kotak CD. Sebenarnya ada satu kotak yang di versi luar bisa difungsikan sebagai laci, ntah kenapa di Indonesia tidak digunakan. Handel pintu juga didesain rada aneh dan menurut saya ringkih. USB port pun absen di kelengkapan audio.
Bicara performa, March dengan transmisi manual sedikit lebih responsif dibandingkan transmisi otomatis. Sesuai dengan karakteristik mesin 3 silinder yang galak di putaran bawah, March sangat asik di ajak berakselerasi dengan hentakan tenaga di RPM 2500-3500 gigi 2 dan 3. Perseneling smooth dan kemudinya enteng berkat adanya teknologi EPS. Jangan terlalu banyak berharap pada handlingnya karena karakter suspensinya yang soft membuat March sedikit limbung saat diajak bermanuver. Kabinnya cukup hening di kecepatan rendah, tapi bila dipacu lebih dari 100 kpj suara ban sedikit masuk ke kabin meskipun tergantung juga kondisi jalannya. Solusinya bisa dengan menambah peredam 3rd party. Satu hal yang menyenangkan, sumbu putar mobil ini tergolong pendek. Anda tidak akan kesulitan apabila bermanuver di jalan sempit atau sekedar berputar arah di gang kecil. Konsumsi bahan bakar tercatat lumayan irit (tergantung driving style), saya sendiri mencatat 15 kpl dalam kondisi kombinasi macet jalan di Jakarta dan 24 kpl perjalanan lukot Jakarta-Puncak (di thread March Community bahkan ada yang tembus 30an kpl).
Pros:
+ Interior tergolong lega dikelasnya
+ Nyaman
+ Suspensi empuk
+ Peredam kabin cukup baik
+ Irit, baik untuk dalkot maupun lukot
+ Putaran bawah galak
+ Sumbu putar kecil
+ Kemudi enteng
+ MID
+ Fitur standar cukup lengkap
+ Ban 15
+ Harga cukup kompetitif
+ Tersedia banyak varian (mt & at standar, xs dan nismo)
+ Jaringan aftersales servis cukup banyak
Cons:
- Interior plastic look
- Laci penyimpanan kurang banyak
- Minus fog lamps
- Performa putaran atas agak lemot
- Audio minus USB port
- Handling
- Ban kurang lebar
- Fitur safety agak kurang
Ringkasan:
Salah satu pendatang baru di kelas kompak hatchback yang cukup menjanjikan karena menawarkan komparasi harga dan fitur yang sangat baik dan tersedia banyak pilihan tipe yang bisa disesuaikan dengan bujet dan kebutuhan.
Pendapat pribadi (subjektif):
Dengan harga 139.8jt (cashback 500rb) saya sudah mendapat hatchback yang memenuhi semua kriteria yang diinginkan. Desain sudah pasti fresh karena belum banyak March yang berkeliaran di jalan-jalan ibukota sekalipun. Kabin yang cukup lega dan nyaman juga bisa saya dapatkan. Oya jangan termakan mitos orang seputar mesin 3 silinder yang bilang "suara mesin berisik", "kabin bergetar" dan "performa lelet". Silahkan di coba, suara mesin sama sekali tidak terdengar didalam kabin, pun begitu dengan getaran, bisa dibilang cukup teredam dengan baik. Masalah performa lelet? Silahkan diadu sprint jarak pendek atau akselerasi 1-100kpj dengan yang sekelas atau bahkan yang kelasnya diatas (Yaris Jazz dkk). Tapi jangan adu top speed nya ya :P (saya sendiri cuma berani sampe 160 kpj doang di tol Cikampek). Yang terakhir tentu saja konsumsi bahan bakarnya yang sangat bersahabat dengan kantong.
Kekurangan tetap ada, tapi dengan harga yang ditawarkan membuat March termasuk mobil yang worth to buy
0 komentar:
Posting Komentar