Merk: Peugeot 505
Model: 4-door sedan & 5-door station wagon
Transmisi: MT 5-speed / AT 4-speed
Tahun Pembuatan: 1979-1990 ( fyi: di negara2 timur tengah sampai sekarang masih di produksi )
Harga Baru (pada saat punya/tes): th 1985 tipe GR M/T Rp. 39.000.000 (harga faktur)
Harga Second (pada saat penulisan ulasan): untuk th 1985 tipe GR M/T Rp. 10-40 juta (terantung kondisi)
Spesifikasi Kendaraan: Peugeot 505 pertama kali diluncurkan di Indonesia pada tahun 1980, menggantikan keberadaan kakaknya yg lebih dahulu keluar, yaitu Peugeot 504. Peugeot 505 pertama kali mengeluarkan tipe GR dengan transmisi Manual 4-speed dan masih memakai mesin bertipe 1971 cc 4-cylinder "XN1/XN1A" pushrod engine had 96 hp (71 kW), then 100 (75 kW) by 1985 and finally 108 (79 kW) by 1991. Top speed: 175 km/h (109 mph). Setelah melakukan berbagai pengembangan akhirnya pada tahun 1984-1985 keluar lah varian 505 GR yg sudah facelift, dilengkapi dengan transmisi M/T 5-speed dan A/T 4-speed dengan tipe mesin 1995 cc 4-cylinder ZEJK "Douvrin" engine (OHC, Bosch K-Jetronic fuel injection) had 110 hp (81 kW) . Pada tahun ini keluar lg 505 GR tapi banyak orang menyebutnya "Paus" atau "Bemper Panjang" ini membuktikan bahwa masa transisi dari tipe 505 GR ke GTi. Pada tahun 1987 akhir sampai 1989 generasi 505 terakhir yg diluncurkan di Indonesia adalah 505 bertipe 505 GTi dengan spek mesin 2165 cc 4-cylinder ZDJL "Douvrin" engine (OHC, Bosch L-Jetronic fuel injection, Compression ratio: (9.8:1) ) with 130 hp (96 kW) was used on 505 GTI models. Top speed: 185 km/h (115 mph) disini mesin 505 sudah menggunakan injection dan dilengakapi ECU tidak seperti varian sebelumnya yg masih memakai Carburator. Kelengkapan2 yg ada pada 505 (yang masuk di Indonesia) adalah : untuk tipe 505 GR sudah dilengkapi deffoger kaca belakang, wiper yg sudah intermitten, ada fitur econoscope yg berguna untuk mengetahui konsumsi BBM (boros/tidaknya) velg msh memakai kaleng dan dop, a/c, blm p/w untuk thn 1981-1985. Untuk tipe 505 GTi hampir sama dengan 505 GR tapi bentuk dashboard yg lebih modern, bentuk body yg lebih enak dilihat dan velg sudah menggunakan velg racing, sudah p/w.
Ulasan:
Peugeot 505 adalah mobil kelas menengah atas yang diproduksi oleh pabrikan mobil Peugeot dari Perancis. Pertama kali diluncurkan di Eropa pada tahun 1979, mobil ini adalah salah satu produk Peugeot yang paling sukses. Peugeot 505 hadir dalam bentuk Sedan dan Station Wagon, dan bermesin bensin atau diesel. Kelebihan mobil ini adalah styling yang menarik pada jamannya, pengendalian yang mantap, serta nyaman. Di Perancis dan Indonesia, Peugeot 505 terakhir diproduksi pada tahun 1989, dan masih diproduksi di Argentina dan China sampai dekade 1990-an. Dijual secara resmi oleh PT Multi France Motor sejak tahun 1981 dengan model 505 GR Sedan bermesin 2000 cc. Tahun 1986 versi facelift dengan lampu belakang dan dashboard baru, serta bumper versi Amerika mulai dipasarkan. Setahun kemudian hadir model 505 GTi dengan mesin 2200 cc dengan injection.
Positif:
- Nyaman banget meski udh tahun tua
- Harga second yang terjangkau
- Cukup premium saja
- Sparepart masih terjamin sampai sekarang, saya ga pernah kesulitan dapetin
- Ga terlalu pasaran, modelnya juga ga usang2 bgt
Negatif:
- mesin kurang asik diputaran bawah, karena dia RWD jadi agak susah kalo mau nyentak2 atau nyelip2
- banyak yg ga ngerawat, banyak yg bilang gampang overheat lah (padahal tergantung perawatan)
- untuk GTi yg sering bermasalah adalah air intake flownya
- agak boros ga kira2? kalo saya pribadi dalkot 1:8 (premium ya) 1:11 (luar kota)
Ringkasan (agak subjective) :
Mobil tua yg bisa dibilang masih berjiwa muda.. Terus terang gue blm bisa beli mobil, gue msh 17thn, dan gue bisa nyetir mobil, ngerawat mobil, dan make mobil ya pake 505, turunan dari bokap, bokap ngasih gue mobil "tua" dan ga mau ngasih mobil baru karena supaya gue ga asal bisa make tuh mobil doang dan jadi ga kreatif nantinya.. setelah gue pikir2 bener bgt! jadi ga sedikit2 main ke bengkel, untuk benerin masalah2 sepele.. Mobil sedan ternyaman yg pernah gue pake (tanya aja sama id vtec-lover ), karena gue blm pernah ngerasain S-class atau sedan premium lainnya.. suspensi yg super empuk tapi ga limbung kalo buat nikung2 akselerasi yg terbilan lumayan, gue masih bisa nembus 170km/h di tol cipularang.. suspensi yg dipake 505 adalah suspensi yg masih dirancang sendiri oleh PSA-Peugeot di Perancis sono.. untuk masalah konsumsi bahan bakar, tergolong irit bagi gue, 1:8 masih terbilang "lumayan" krn mesin 2000cc dan karburator.. masalah sparepart? jgn ditanya deh, masih gampang bgt, dan say no to KW2an yah! masih banyak yg jual ori2 dan harga terjangkau.. paling mahal gue ganti itu dinamo starter, udh itu doang.. yg lain buat dandan jadi kalo lo mau ngerawat mobil, murah meriah, enak, cobain deh 505 driving pleasurenya jgn ditanya hehe.. okey thanks yah buat om dimas! great thread!!
3 komentar:
Benar 505 walau sedan tua sparepart gampang dan ori serta harga terjangkau sama aja dengan mobil jepang tahun muda.... jadi salah kalo anggapan peugeot sparepart mahal bila dibanding mobil premium lainnya.... yang seumur banyaknya KW dech.....:)
Nambah cerita, masalah berkendara benar2 makyus.... empuk saya pakai Bandung-Surabaya ga ada maslah BBM 1:12, di jln lurus atau banyak tikungan serta tanjakan trayek Bandung - Tasik lancar ga ada msalah. peugeot 505 saya tahun pembuatan 1982 lo.... 90% full Ori kecuali spion dan Velg dimodif
ane pengin mobil ini
Posting Komentar