► Merk: Honda
► Model: Civic 5th Genio
► Transmisi: 5MT & 4AT
► Tahun Pembuatan: 1992-1995
► Harga Baru (pada saat punya/tes): N/A
► Harga Second (pada saat penulisan ulasan): 60-80jt tergantung kondisi
► Spesifikasi Kendaraan:
- 1590cc, 4 silinder segaris SOHC Non V-TEC
- PGM-FI [ Programmed Fuel Injection ]
- Kompresi mesin 9.1 : 1
- 120HP@6000rpm, 14,3Nm@5500rpm
- Kode mesin 92-93 NC16 ; 94-95 F16
- FWD - Front Wheel Drive
- AC/PS/PW/Electric Mirror
- Suspensi independen, double wishbone
- Kapasitas tangki bahan bakar : 45 liter
- Dimensi body P x L x T : 4395cm x 1695cm x 1375cm
- Jarak sumbu roda : 2.62M
- Radius putar : 5M
Ulasan
"Genio" merupakan naming lokal dari Honda untuk pasar Indonesia, membedakannya dari "Estillo" varian hatchback 2 pintunya. Kata "genio" sendiri dalam bahasa jepang berarti "jenius", mungkin pada masanya mobil ini diarahkan untuk segmen pasar menengah, dengan sasaran kaum muda /keluarga muda yang dinamis, karena design genio yang manis dan dimensinya yang sedang, mid size sedan. Hadir di Indonesia dengan 2 varian, 5MT dan 4AT, namun yang saya review disini adalah versi 5MT nya.
Feature, bisa dibilang lumayan lengkap untuk mobil pada jaman itu, ac ps pw, rem cakram pada keempat rodanya dan suspensi double wishbone! ini yang menjadikan handling genio sangat baik, traksi ban terhadap aspal sangat menggigit, membuatnya stabil dalam kecepatan tinggi atau melahap tikungan" tajam. Genio generasi awal di Indonesia,92/93, hanya dilengkapi dengan radiator 1ply, membuatnya rentan overheat, kekurangan ini diperbaiki oleh Honda di genio produksi 94/95 dengan radiator 2ply. AFAIK yang membedakan lagi antara tahun 92/93 dan 94/95 adalah ketersediaan seatbelt pd jok belakang.
Bagi anda yg mencari sebuah mid size sedan, nyaman, irit, mudah perawatan dan resale value yang worth it, genio bisa dijadikan pilihan. Kabinnya pun masih terasa lapang untuk 5 orang dewasa berpostur sedang, tenaganya cukup untuk menemani anda dalam aktifitas sehari" atau untuk memacu adrenalin sesekali waktu, dalam keadaan standart dan sehat walafiat 180kpj bukanlah hal yang sulit dicapai bagi Genio.
► Positif
- Bentuk eksterior yang "timeless", tidak membosankan meski sudah cukup berumur
- Interior simple namun manis dengan feature yang cukup
- Perawatan mudah, sparepart gampang diperoleh dan harganya masih masuk akal - murah
- Gear ratio oke punya, 3 dan 4 nya cukup panjang, enak diajak narik diatas 3000rpm
- FC bersahabat, berkisar 1:10 dalkot, 1:12 lukot, bisa lebih irit lagi dengan gaya mengemudi yang sopan
- Kabin cukup senyap dan lapang, saya -172cm masih dapat menyetir dengan posisi yang nyaman tanpa pegal" bahkan dalam perjalanan luar kota sekalipun
- Handling mantap khas Honda, lincah
- Suspensi cukup empuk, nyaman
- Mesin nyaris tanpa masalah, ganti oli, service rutin, aman
► Negatif
- Karena bentuknya yg "ABG banget", Genio banyak diminati oleh kaum muda hingga hari ini, jadilah genio bahan modifikasi baik untuk sekedar ceper"an atau untuk turun ke race event. Jadi bagi anda yang menginginkan genio standart, harus hati" dalam memilih, pastikan mesin belum pernah diutak atik, ECU belum diremap, kaki" belum diganti dsb
- Untuk tahun 92/93 masalah radiator 1 ply menjadikannya rentan overheat. solusinya ganti dengan radiator bawaan 94/95 yang sudah 2ply, banyak tersedia di pasar limbah ex singapore
- Kaki", suspensi double wishbone memang nyaman, namun perlu penanganan ekstra saat terjadi kerusakan. Susah" gampang, carilah bengkel spesialis Honda. Pengalaman saya, kaki" belakang pernah bunyi, bengkel kaki" biasa nyaris frustasi bongkar pasang ngga ketemu masalahnya, hahahah
Kesimpulan
Overall, Honda Civic Genio merupakan mobil yg cukup recomended dengan budget 60-70jtan. Tampang manis, mesin oke, nyaman iya, irit hooh. Rival terberat genio pada masanya adalah Toyota Great Corolla yang sama" tangguh dan kenceng. The choice is up to you, for me, Viva La Genio!
Semoga bermanfaat,
1 komentar:
Thx banget sangat membantu dalam ambil keputusan membeli geni ini
Posting Komentar