Merk: Daihatsu
Model: Xenia Li 1000cc DeLuxe
Transmisi: M/T
Tahun Pembuatan: 2007-2009 (non minor change), 2009-2010 (minor change)
Harga Baru: 123.500.000
Harga Second (pada saat penulisan ulasan): 115-118jt
Spesifikasi Kendaraan: 1000cc, RWD, PS, PW
konsumsi BBM (premium) : 1:9-10 dalkot, 1:11-12 lukot
sekolah kaki premium: 1:10-11 dalkot, 1:12-13 lukot
akselerasi 0-100 kpj : 20 detik (video belom naek )
top speed: kalo GW YANG BAWA, 125 kpj, isi 3 orang n ga bawa barang bawaan. segitu aja uda NGEDEN BENER n uda 5000 rpm lebi.
Ulasan:
Pada akhir tahun 2006, diluncurkan New Avanza-Xenia dengan perubahan tampilan, aksesoris, peningkatan performa serta mesin baru berteknologi VVTi yang melengkapi semua versi.
Baik Toyota Avanza maupun Daihatsu Xenia, keduanya menggunakan basis chassis dan body yang sama dan diproduksi oleh Astra Daihatsu dibawah supervisi Toyota Astra Motor. Perbedaan keduanya terdapat pada kelengkapan tambahan, kualitas interior dan ragam asesoris. Toyota Avanza juga diekspor ke Malaysia dalam bentuk Completely Knock Down dan dirakit oleh pabrik Perodua Manufacturing Sdn. Bhd.
Daihatsu Xenia menggunakan 2 jenis mesin yang berkapasitas lebih rendah (3 silinder 1000 cc, dan 4 silinder 1300 cc).
Tambahan, buat Xenia minor change (2009-now), peredaman kabin telah ditingkatkan dan ada pembenahan lagi terhadap suspensinya.
Fitur dibawah ini adalah fitur dari Xenia Li DLX.
* 13" wheels
* Digital Clock
* Rear Parking Sensors
Positif:
-Harga seken tinggi BANGET
-Perawatan gampang
-BBM dalkot IRIT (kalo gw yang bawa )
-ketangguhan kaki kaki
Negatif:
-Suspensi acak adut, SANGAT acak adut.
-Gear ratio SANGAT tidak alus, 65 kpj gear 5 uda 3000 rpm
-Incaran maling
-kualitas pelat body
-material interior
-gak ada nyaman nyamannya
-no safety feature
-fitur SANGAT MISKIN
-tenaga SANGAT minim
-BBM lukot.na
-ada getaran saat dipaksa berakselerasi mendadak
-getarannya saat stasioner
Ringkasan:
Secara teknis mobil ini banyak kekurangannya :
Comfort kurang, tenaga kurang, safety kurang.
pokoknya SERBA KURANG.
Intinya, JANGAN BELI Xenia 1000cc untuk anda yang HOBI dengan mobil, atau anda yang suka menyetir.
Pendapat pribadi (subjective):
mobil yang gw bawa TENTUNYA bukan mobil gw.. ini mobil operasional perusahaan oom gw.
baru beli bulan 4 kemaren, sekarang uda 15rb kilometer, maklum maenannya jakarta-sentul tiap hari.
sebulan 2x jakarta-bandung.
secara POSISI MENGEMUDI ama secara BANTINGAN SUSPENSI, ini mobil feel.na sama bener kayak kaleng cenggo gw yang harganya 1.5 x lipatnya..
cuma yang berasa.. ini tweeter ama HU dobel din jadi lenyap..
defogger juga lenyap.. electric mirror lenyap.. stasioner rada bergetar khas mesin 3 silinder.. kopeling ENTENG BENER khas mesin cc kecil, feel kemudi RINGAN BENER karena pake ban 13", MELAYANG BENER diatas 90 kpj karena pake ban commercial dgn pelek kaleng 13", suara ban ampe merasuk ke kabin karena peredaman minim.. AC kurang dingin karena dobel blower ilang entah kemana.. sama yang paling gw merasa kehilangan, POWER.na bener" . raungan mesin 3 cylinder 1000cc.na c OK bener, cuma waktu uda meraung bener pas gigi 5, gw kayaknya SUSAH BENER nyalip Xenia 1.3.. gw liat spido uda 5000rpm ++ padahal itu uda gear 5, suara mesin uda meraung keras dan gw di jalur 3 tapi ga kunjung bs nyalip yang di jalur 2 waktu gw liat spido ternyata baru masuk 125 kpj n itu jarum bensin mulai lemes ke bawah
beberapa nilai + dari ini mobil:
- ada RPM, jadi gw bisa mantau shifting di rute dalem kota
- syukur kepada Tuhan, JAM DIGITAL, POWER WINDOW dan POWER STEERING kagak dipangkas
- trims buat ADM karena uda dikasi parking sensor meskipun cungkuo punya jd saia yang belom lancar bawa mobil bisa mengemudikan ni kaleng dengan baik..
- BBM dalkot, KALO KAKI SEKOLAH, Trully IRIT. cuma kecepatan maks ga boleh lebi dari 60 kpj di gear 5 dan itu KUDU HARUS MESTI dirunut gas.na.
jadi kalo lw orang butuh mobil CUMA BUAT KAKI dan ASAL JALAN ato ASAL MUAT 7 KEPALA, GA BUTUH performa, GA BUTUH GAYA GAYAAN, GA BUTUH fitur" tambahan, GA BUTUH handling bagus dan kenyamanan memadai, sing penting PS PW ama AC, go for this frat can. selalu jadi penunggu setia jalur 1 dan 2 di tol dan selalu berkendara secara ekonomis di rute dalam kota.
sangat cocok buat 1st entry buyer atopun mereka yang tipe kooperatif dan kagak suka kebut"an. juga cocok sekali buat kendaraan operasional.
kalo merasa sangat kurang dengan ini mobil, sekalian ambil versi tertingginya, Avanza 1.5S, karena IMHO 1.3G tanggung bener.
0 komentar:
Posting Komentar