Kamis, 19 Juli 2012

Daihatsu Xenia Xi 2004

Merk: Daihatsu
Model: Xenia Xi (pra facelift)
Transmisi: Manual 5 Speed
Tahun Pembuatan: 2004
Harga Baru (pada saat punya/tes): 140 juta (model facelift)
Harga Second (pada saat penulisan ulasan): 80-90 juta (model pra-facelift)

Spesifikasi Kendaraan: 1300cc 4-silinder 86hp, mesin depan, RWD, PW, PS, AC

Ulasan:
Merupakan hasil kolaborasi toyota dan daihatsu, dan merupakan mobil yang kontroversial, dimana pada awal peluncurannya harganya dibawah Rp 100 juta, sangat menggiurkan mengingat mobil ini MPV berkapasitas 7 menumpang, makanya sampai sekarang sangat banyak penggunanya mulai dari mobil pribadi sampai mobil operasional kantor

Positif:
spare part murah
tampang nggak malu-maluin (lumayan lah, standar MPV)
posisi mengemudi lumayan (nggak pegel walaupun nyetir hingga berjam-jam, kalo jalanan mulus )
perawatan mudah, dari bengkel pinggir jalan sampai bengkel resmi pasti bisa benerin mobil ini
hemat BBM (dalkot 1:9-1:10, lukot unknown soalnya jarang ke tol)
tangguh
ground clearance tinggi (nggak bakal mentok deh di jalan rusak )
speaker standar cukup bagus (ganti head unit aja udah enak suaranya )

Negatif:
material bodi tipis, menjelaskan kenapa banyak avanza-xenia penyok-penyok di tempat yang kurang wajar
bantingan keras kalau penumpang sedikit
limbung di tol (140km/h udah berasa terbang)
no takometer
peredaman buruk (bunyi2an masuk semua)
inceran maling
no AC Double Blower

Pendapat pribadi (subjective):
mobil ini biasa gw pakai buat hangout sama temen-temen, karena irit, jadi ya patungan bensin nggak mahal
kekurangan mobil ini saat dipakai sendiri ditutupi oleh kelebihannya saat dipakai rame-rame, tenaga yang kurang saat dipake sendiri jadi cukup saat diisi banyak orang
bantingan yang keras saat dipakai sendiri jadi empuk saat diisi rame-rame
jadi ya, mobil ini emang bukan buat dinikmati sendiri, tapi buat dinikmati rame-rame

0 komentar:

Posting Komentar