Kamis, 29 Maret 2012

Volvo S90 1998

Merk: Volvo
Model: S90
Transmisi: Otomatis
Tahun Pembuatan: 1998
Harga Baru (pada saat punya/tes): Beli bekas di tahun 2008 seharga 72 jt
Harga Second (pada saat penulisan ulasan): Dijual 2010 seharga 65 jt

Spesifikasi Kendaraan:
- Mesin bensin 2922 CC 6 silinder
- Tenaga maksimum 204 HP/6000 RPM
- Torsi maksimum 27,2 KGM/4300 RPM
- Transmisi otomatis 4 speed
- Kapasitas tangki BBM 80 liter

Ulasan:
Volvo, sebuah merk yang identik dengan mobil menteri di masa orde baru dan lekat dengan kesan aman. Saya rasa bukan sebuah kesalahan untuk memilih mobil merk ini, terutama tipe S90 nya. Kenapa? Yang pasti jok nya ENAK dan NYAMAN! Hingga saat ini saya belum menemukan mobil lain yang punya jok senyaman Volvo. Balutan kulit aslinya yang lembut juga bikin punggung adem selama perjalanan. Untuk suspensi boleh saya katakan masuk kategori nyaman walau tidak empuk seperti Toyota Crown. Tingkat keheningan kabin sangat baik, suara mesin nyaris tidak terdengar, sekilas di kecepatan 120 km/h yang terdengar cuma suara ban dan sedikit suara angin. Audio bawaan mobil dengan 8 buah speaker kalau untuk kelas standar sudah sangat baik menurut saya. Konsumsi BBM (pertamax) untuk dalam kota ada di kisaran 1:5 - 1:6, sementara luar kota bisa tembus 1:9,8. Cukup bagus untuk mesin sebesar ini. Fitur keamanan seperti ABS dan Airbag serta Side Airbag sudah tersedia.

Positif:
Interior mewah, kabin hening, mesin bertenaga, posisi duduk SANGAT NYAMAN dan citra sebagai mobil mewah tidak luntur walau sudah berumur.

Negatif:
Onderdil genuine mahal, khususnya seperti selang-selang radiator, satunya bisa mencapai 600 rb. Tapi onderdil sangat mudah didapat, mulai dari bengkel resmi sampai ke sentra sentra onderdil. Rata-rata jok kulit sudah retak dan robek. Untuk parts detail interior sudah susah dicari, jadi pastikan cari unit yang masih lengkap dan baik.

Ringkasan:
Untuk yang ingin sedan eropa nyaman di kelas Mercedes Benz seri E dan BMW seri 5, mobil ini bisa jadi pilihan.

Pendapat pribadi (subjective):
Secara kebetulan, unit yang pernah saya miliki adalah eks petinggi Indomobil jadi kondisi mesin, interior dan eksterior masih mendekati sempurna. Untuk pemakaian selama 2 tahun tidak pernah ada kendala berarti, hanya sekali mogok karena fuel pump mati, itupun karena sudah uzur memang. Bahkan sudah 3 kali bolak balik Jakarta - Wonogiri - Jakarta.

0 komentar:

Posting Komentar