Kamis, 29 September 2011

BMW E30 318i (M10 & M40)

Merk: BMW
Model: E30 318i (M40)
Transmisi: Otomatis 5 Percepatan
Tahun Pembuatan: 1982-1988 (M10), 1988-1991 (M40)
Harga Baru: 56.000.000 (1989)
Harga Second: 33-41jt

Spesifikasi Kendaraan:
PW, PS (tergantung tahun), RWD, Independent Suspension
Mesin M10: 105hp & 140Nm
Mesin M40: 115hp & 165Nm

Ulasan:
BMW E30 adalah salah satu model terawet dari pabrikan Bavaria. Di Indonesia mobil ini dibekali mesin 1800cc dengan sistem Injeksi L Jetronic (M10) dan Motronic (M40). Jika dibandingkan dengan mobil sekelasnya, BMW E30 adalah mobil yang menakjubkan walaupun kelengkapan yang diberikannya tergolong minim dan ruang interior belakang bisa dibilang pas-pasan.

Walaupun begitu, desain E30 tetap kekal sepanjang masa, dan dari angle manapun mobil ini berjiwa muda. Dari sektor tenaga, mobil ini tidak perlu diragukan lagi, dalam keadaan standar mobil ini sanggup dibawa hingga 192kmh, dan handlingnya pun tidak bisa dibilang jelek. Justru mobil ini terkenal di bagian handlingya yang selalu bisa membuat senyum siapapun pengendaranya.

Dilihat dari desain interiornya, mobil ini memang dikhususkan untuk pengemudinya, bisa dibilang dalam sektor ini mobil ini egois seperti anak kecil yang tidak mau memberikan permen ke orang lain. Mulai dari desain dashboard yang membengkok ke pengemudi sampai lobang ac yang dalam keadaan normal mengarah ke pengemudi. Mobil ini memang dibuat untuk dikendarai. Inilah hasil awal dari semboyan BMW yang paling terkenal “The Ultimate Driving Machine”.

Positif:
- Mesin yang selalu ingin berteriak
- Posisi mengemudi yang menakjubkan
- Handling yang spektakular
- Irit BBM
- Sparepart SANGAT murah

Negatif:
- Interior belakang sempit
- Kelengkapan minim
- Rem standar kurang untuk tenaga mesin yang ada
- Jarak antara mesin dan tanah dekat

Ringkasan:
Ini salah satu mobil terseru BMW untuk dimiliki, karena spare part yang murah dan banyak dan irit di ongkos jalan (ini BMW terakhir yang masih disaranin Premium sama bukunya). Terlebih lagi, styling yang tidak bikin bosan dan banyak sekali aftermarket parts kalau mau modifikasi retro.

Pendapat pribadi (subjective):
Cari yang doortrimnya masih ori karena itu mahal sekali nilainya. Jok nggak terlalu masalah karena mobil ini joknya memang cepat rusak yang orinya (beludru).

0 komentar:

Posting Komentar